Pentingnya Dashcam Mobil Sebagai Peranti Keamanan di Jalan
Dashcam Mobil

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Di era digital seperti sekarang, peran dashboard camera atau dashcam mobil sangat penting sebagai peranti keamanan selama di jalan raya

Era digital di mana sosial media berkembang sangat pesat membuat dashboard camera pada kendaraan pribadi jadi sangat penting perannya. Tak lagi sebagai pemanis, tapi dashcam mobil punya fungsi merekam segala aktivitas dan kejadian saat berkendara.

Dashcam Mobil-2

Fungsi Dashcam Mobil

Sesuai penjelasan singkat di atas, dashcam mobil punya peran sangat penting dalam merekam segala kejadian sepanjang perjalanan.

1. Bukti Kecelakaan

Seperti disinggung di atas, hadirnya dashcam punya fungsi penting seandainya ada kecelakaan lalu lintas yang melibatkan Anda. Rekaman dari dashcam bisa dijadikan alat bukti dalam kecelakaan tersebut. Atau bisa juga dijadikan bukti jika terjadi pemerasan terhadap Anda saat di jalan.

2. Klaim Asuransi

Berikutnya keberadaan dashcam bisa sangat membantu untuk melakukan klaim asuransi. Apabila terjadi pencurian yang merusak mobil. Selain itu, bakal membantu mengungkap pencuri tersebut ke pihak kepolisian.

Jika mobil Anda dilindungi oleh asuransi maka rekaman dari dashcam dapat membantu pihak asuransi menyelidiki penyebab kecelakaan. Dengan rekaman ini akan memperkuat temuan pihak asuransi terkait klaim apakah pemilik mobil berhak mendapat pertanggungan atas insiden yang terjadi atau tidak.

Dashcam Mobil-3

Jenis dan Cara Kerja Dashcam

Ada beberapa tipe dashcam yang tersedia di pasaran saat ini. Mulai dari yang menghadap ke depan, interior mobil, hingga yang punya dua channel yaitu depan dan belakang. Cara kerjanya sama seperti kamera CCTV yang selalu merekam selama masih menyala dan akan tersimpan ke dalam kartu memori.

Khusus di mobil, peranti dashcam ini menggunakan listrik dari colokan lighter yang menghasilkan daya 12V. Jadi selama mesin mobil menyala, maka dashcam ini akan terus merekam secara otomatis hingga mobil berhenti dan mesin dimatikan.

Dari berbagai jenis dan model dashboard camera ini, pasti punya fungsinya yang berbeda. Tentu yang paling umum digunakan adalah dashcam yang menghadap ke depan. Tapi jika ingin lebih aman, Anda dapat menggunakan tipe dua channel, di mana kamera menghadap depan dan belakang. Sehingga Anda bisa merekam kejadian baik di depan mobil dan juga di belakang mobil secara bersamaan.

Dashcam Mobil-3

Kemudian dashcam interior berfungsi sebagai pemantau kegiatan di dalam kabin. Biasanya digunakan oleh orang yang memakai sopir pribadi. Jadi bisa mengetahui kegiatan saat sopir sedang mengemudi, misalnya mengantar anak sekolah, cara mengemudi si sopir, penyalahgunaan mobil, dan lain-lain.

Memasang Dashcam di Tempat yang Tepat

Agar fungsi dashcam ini bisa maksimal, tentunya Anda harus mengetahui cara mengaplikasikannya di mobil. Selain agar tangkapan gambar maksimal, pemasangan yang baik juga membuat pengemudi lebih aman dan nyaman.

Dashcam mobil-5

–> 10 AKSESORIS MOBIL YANG WAJIB DIMILIKI DEMI MENUNJANG KENYAMANAN

Apabila dipasang pada bagian depan, sebaiknya kamera dashboard ini dipasang di belakang kaca spion tengah mobil. Dengan begitu, kamera bisa menangkap semua obyek dengan presisi antara sisi kanan dan kiri.

Peletakan yang tepat sangat penting karena pada umumnya perangkat ini mampu mengambil gambar hingga ke sudut selebar 150 derajat. Jangan lupa untuk menyembunyikan kabel chargernya ke bagian dalam dashboard mobil, agar tidak mengganggu pandangan pengemudi.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles