Begini Lho Cara Bedakan STNK Mobil Palsu dan Asli
STNK Mobil

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Saat membeli mobil bekas, ada banyak hal yang perlu dicek. Selain kondisi fisik dan mesin. Kelengkapan dokumen seperti STNK mobil pun perlu diperhatikan agar tidak tertipu

Kelengkapan dan keabsahan dokumen jadi hal yang sangat penting diperhatikan saat membeli mobil bekas. Pasalnya, tidak sedikit orang yang tertipu saat membeli mobil namun dokumen seperti STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) yang palsu. Oleh sebab itu, Anda wajib mengetahui keaslian dokumen seperti STNK mobil yang dibeli asli dan palsu.

Cara mengecek keaslian dokumen kendaraan seperti STNK sebenarnya dapat dikatakan sulit, tapi dapat dikatakan juga tidak. Mengapa demikian? Karena kalau Anda teliti, ada beberapa hal yang secara kasat mata bisa terlihat. Kemampuan melihat perbedaan dokumen asli atau palsu ini yang kemudian akan menghindarkan Anda dari korban penipuan. Berikut ini Jualo coba berikan beberapa tips untuk Anda bagaimana cara membedakan STNK mobil palsu dan asli

1. Perbedaan Hologram

STNK Mobil- 2

Terdapat stiker hologram di bagian kanan STNK yang dibubuhkan dengan pemasangan yang halus. Hologram tersebut tidak akan berubah warna jika diterawang. Sebaliknya, apabila Anda menemukan hologram tersebut berubah warna saat diterawang, maka dapat dipastikan STNK tersebut palsu. Teknologi hologram sendiri hadir dengan fungsi untuk menandakan keaslian dari sebuah barang.

2. Terdapat Lubang Berbentuk Ejaan STNK

Lubang ini tidak bisa dilihat dari jauh, karena sangat kecil. Letaknya berada di bagian kanan STNK mobil. Terdapat 50 lubang kecil yang membentuk ejaan STNK apabila Anda memerhatikannya dengan teliti. Pada STNK palsu, lubang ini tidak ada alias polos. Nah, karena Anda sudah mengetahui bahwa ada lubang kecil tersebut, maka sebaiknya Anda perhatikan tanda ini saat akan membeli kendaraan bekas.

3. Jenis Kertas STNK

Jenis kertas STNK asli lebih tebal daripada STNK palsu. Apabila Anda meraba kertasnya akan terasa lebih kasar, karena terdapat pengamanan tertentu yang hanya dapat dirasakan pada STNK asli. Sementara, jenis kertas yang digunakan oknum saat membuat STNK palsu cenderung halus, mudah dilipat, dan mudah sobek. Kapan Anda Harus Waspada Akan STNK Palsu?

4. Cek Barcode STNK

STNK Mobil- 3

Terdapat barcode pada STNK yang apabila dilakukan scan akan muncul angka atau identitas pemilik kendaraan. Sementara, pada STNK palsu, barcode ini hanyalah hiasan. Apabila Anda melakukan scan pada barcode STNK palsu tidak akan muncul informasi apapun. Untuk melakukan scan barcode ini dapat Anda lakukan di kantor Samsat terdekat dan gratis.

–> INILAH PENYEBAB BLUETOOTH MOBIL SULIT TERDETEKSI

5. Cek STNK dengan Sinar UV

Untuk mendapatkan sinar UV ini, Anda dapat menggunakan alat pendeteksi uang palsu. Dalam hal ini, STNK dilengkapi dengan cairan khusus yang bersinar jika terkena pancaran sinar UV. Tujuannya tentu untuk membuktikan keaslian dari surat-surat penting. Juga, agar para oknum tidak dapat membuat STNK palsu dengan mudah.

6. Cek Menggunakan Aplikasi Bayar Pajak Online

STNK Mobil- 4

Selain mengecek keaslian STNK mobil secara fisik, Anda juga dapat menggunakan aplikasi bayar pajak online sesuai domisili. Cara mengeceknya sederhana, buka aplikasinya dan ikuti petunjuknya. Keuntungan mengecek keaslian STNK secara online yaitu mudah dan cepat asalkan memiliki koneksi internet yang bagus.

Itulah dia cara mendeteksi perbedaan STNK asli dan palsu yang dapat Anda lakukan sebelum melakukan pembelian kendaraan bekas. Untuk menghindari penipuan, sebaiknya Anda membeli kendaraan bekas di tempat tepercaya dan legal. Salah satunya CARRO Indonesia yang siap memfasilitasi Anda untuk mendapat mobil impian dengan aman dan nyaman. Ditambah, Anda usah kuatir soal kualitas, karena CARRO memberikan garansi mesin dan transmisi, serta seluruh mobil sudah dipastikan lolos 150 titik inspeksi.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles