Mercedes-Benz Rayakan Sukses 50 Tahun di Segmen Kendaraan Niaga

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Mercedes-Benz baru saja merayakan 50 tahun keberadaannya di Indonesia pada segmen kendaraan niaga. Baru-baru ini, mereka  berbagi kisah perjalanan setengah abad yang spesial tersebut.

Eksistensi Mercedes-Benz di kendaraan niaga dimulai pada tahun 1970 melalui PT Stars Motor Indonesia, perusahaan joint venture antara Daimler-Benz AG dan PT Gading Mas, yang diresmikan sebagai agen tunggal pemegang merek produk Daimler-Benz di Tanah Air. Dalam kurun waktu setengah abad itu pula Mercedes-Benz memberikan kebutuhan para pelanggan lewat jajaran truk berperforma terbaik dunia, seperti Axor, Actros, dan Arocs.

“Dalam kesempatan kali ini, kami ingin berbagi dengan Anda perjalanan kami selama lima puluh tahun terakhir dan berkontribusi pada mobilitas di seluruh Indonesia. Kami tentu berharap dapat terus melayani Anda dengan inovasi teknologi terbaru kami, memberikan Anda solusi mobilitas terbaik untuk bisnis Anda – terutama saat kita memasuki era normal baru akibat pandemi COVID-19,” ujar Jung Woo Park, Presiden Direktur, Daimler Commercial Vehicles Indonesia.

–> Simak Promo Menarik Mitsubishi Sepanjang Oktober 2020

Sebelumnya, di awal tahun Mercedes-Benz telah menyelenggarakan kegiatan spesial sebagai bagian dari perayaan ulang tahunnya yang ke-50, dengan mendonasikan replika mobil pertama di dunia, Benz Patent-Motorwagen ke Museum Nasional Indonesia pada Februari 2020. Kendaraan bermotor pertama di Indonesia ini – Benz Victoria Phaeton, 1894 – dipajang sebagai pameran permanen di Museum Nasional.

Perjalanan Bersejarah Mercedes-Benz di Indonesia

Pada tahun 1971, truk tipe 911 menjadi truk pertama yang diproduksi secara masal dari pabrik Mercedes-Benz di Indonesia. Segera setelah itu, P.T. Star Motors Indonesia mengumumkan ketersediaan truk dan bus diesel Mercedes-Benz 4-5-6 ton berkapasitas hingga 50 kursi. Satu tahun setelah suksesnya perakitan dan peluncuran kendaraan niaga Mercedes-Benz, pada tahun 1973, lalu memperkenalkan bus O 321 H sebagai pelopor bus canggih di Indonesia.

–> Keluar Asap Putih di Knalpot Motor 4-Tak, Cek Komponen Berikut

Kemudian di tahun 1977, kantor purna jual Mercedes-Benz pindah ke Ciputat, Tangerang dan resmi berdiri pada tahun 1978. Fasilitas ini dilengkapi dengan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Vokasi. Mercedes-Benz menyediakan program pelatihan mekanik di 20 dealer Mercedes-Benz profesional di seluruh Indonesia sejak awal 1978. Dalam program pelatihan ini, calon mekanik Mercedes-Benz akan dilatih selama tiga tahun dengan kurikulum yang terdiri dari 20 persen teori dan 80 persen latihan praktek.

Untuk mengakomodasi pertumbuhan produksi mobil penumpang dan kendaraan niaga, Mercedes-Benz mulai beroperasi di fasilitas perakitan lokal baru di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat pada tahun 1982. Diikuti dengan peluncuran generasi kedua OF1113, bus bermesin depan pertama yang hadir di Indonesia pada tahun 1986. Bus ini menjadi sangat populer di kalangan perusahaan otobus di Indonesia karena kekuatan mesin yang mumpuni.

–> Tips Memilih Jasa Travel untuk Keluarga yang Aman dan Terpercaya

Saat ini, Mercedes-Benz memiliki pabrik di Wanaherang, Jawa Barat sebagai lokasi PT Mercedes-Benz Indonesia dan PT Daimler Commercial Vehicle Manufacturing Indonesia yang jadi lokasi perakitan mobil penumpang, seperti C-Class, E-Class, S-Class, GLC, GLE, dan GLS. Lalu truk Axor serta sasis bus Mercedes-Benz.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles