Bukan Sekadar Hiburan, Ternyata Karaoke Punya Banyak Manfaat Lho!
manfaat karaoke

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Kebanyakan orang mengira karaoke hanya bermanfaat untuk hiburan semata. Faktanya, karaoke punya banyak manfaat lain yang patut Anda ketahui.

Meski tidak memiliki suara sebagus penyanyi ternama, banyak orang punya hobi bernyanyi atau karaoke. Biasanya kegiatan ini menjadi sarana hiburan menyenangkan, di mana bisa bersenandung melantunkan lagu kesayangan baik sendiri, atau bersama teman dan keluarga.

Faktanya, selain untuk menghibur diri, karaoke juga bisa memberikan berbagai manfaat kesehatan lho. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini.

–> 5 Sneakers dengan Harga Terjangkau yang Bisa Kamu Beli di Jualo

Mengurangi Stres

Beban pekerjaan yang padat sering membuat seseorang rentan mengalami stres. Nah, salah satu cara yang ampuh untuk melepas stres dan penat adalah dengan melakukan karaoke bersama teman atau kerabat.

Berkaraoke membuat tubuh mengeluarkan hormon endorfin, sehingga Anda merasa lebih senang. Dengan ini, tingkat stres akan menurun ke level yang paling rendah. Hasilnya Anda akan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya, seperti darah tinggi atau hipertensi, penyakit jantung dan stroke.

Menstimulasi Otak

Saat bernyanyi, otak Anda bekerja dan berpikir untuk menyesuaikan dengan irama, melodi, dan lirik lagu pilihan. Selain itu, karaoke juga melatih koordinasi antara mata saat melihat layar, telinga saat mendengar musik, otak untuk berpikir, mulut dan sekitarnya untuk memproduksi suara serta gerakan tubuh lain yang sesuai untuk mengikuti lagu. Semua hal tersebut melatih koordinasi otak yang kompleks.

Membantu Meluapkan Perasaan dan Emosi

Sebagian orang memilih lagu yang sesuai dengan suasana hati saat berkaraoke. Hal ini sebenarnya membantu orang tersebut untuk meluapkan segala perasaan dan emosi yang terpendam, sehingga perasaannya akan lebih lega setelah sesi karaoke berakhir. Dari sisi kesehatan, hal ini juga dapat membantu Anda untuk mengurangi tekanan mental yang memicu stres.

–> 6 Rekomendasi Merk Stick Golf Terbaik untuk Pemula

Meningkatkan Daya Ingat

Menyanyi membutuhkan daya ingat untuk mengingat irama, lirik, serta bagian lain dari sebuah lagu yang dimainkan. Tak jarang, orang menyanyikan lagu-lagu lama saat karaoke untuk mengenang kembali momen-momen di masa kecil atau masa muda mereka. Secara tidak sadar hal tersebut akan membangkitkan memori dan melatih daya ingat jangka panjang.

Melatih Pernapasan

Saat bernyanyi, seseorang secara tidak sadar juga melatih pernapasan. Sebab, Anda harus menarik napas dalam dan mengeluarkan secara perlahan saat bernyanyi, kemudian menarik napas kembali untuk bisa mengucapkan lirik lagu berikutnya. Jika hal itu disertai dengan gerakan joget, sistem pernapasan bisa menjadi lebih baik dan kalori yang terbakar akan semakin optimal.

Nah itulah manfaat karaoke yang jarang diketahui banyak orang. Tapi patut diingat, untuk mendapatkan manfaat karaoke di atas secara optimal, hindari rokok dan minuman beralkohol saat berkaraoke ya. Serta pastikan tidak melakukannya terlalu larut, karena berpotensi mengganggu jam tidur.

Agar kegiatan ini dapat dilakukan lebih menyenangkan dan mudah dilakukan, kamu bisa membuat studio mini di rumah. Caranya pun sangat mudah dengan Audiobank Indonesia yang siap memenuhi kebutuhan berkaraoke dengan perlengkapan terbaik. Seperti microphone, layar touch screen, karaoke player, amplifier, speaker, serta subwoofer dari Audiobank.

karaoke audiobank

Audiobank Kini Tersedia di Jualo

Yang sangat menarik, sekarang kamu bisa mendapatkan seluruh produk dengan penawaran terbaik Audiobank di Jualo lho. Caranya pun sangat mudah, tinggal masuk ke website Jualo.com, lalu arahkan ke official store Audiobank Indonesia untuk mendapatkan produk serta penawaran terbaik. Menarik bukan? Yuk dapatkan perlengkapan karaoke terbaik Audiobank hanya di Jualo!

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles