Waspadai Efek Buruk Sering Isi Bensin Beroktan Tinggi di Motor
isi bensin-2

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Sering isi bensin oktan tinggi untuk motor? Mulai sekarang sebaiknya berhati-hati karena bisa berakibat buruk untuk jangka panjang

Jika Anda berpikir bahwa isi bensin beroktan tinggi bagus untuk mesin motor, padahal salah besar. Memang, untuk beberapa jenis motor menggunakan bensin beroktan tinggi bagus untuk mesin. Sayangnya, hal tersebut tidak berlaku untuk semua jenis mesin karena bisa memicu kerusakan untuk jangka panjang.

Pada dasarnya, setiap motor sudah dirancang dengan rekomendasi bahan bakar yang sesuai dari pabrikan. Namun, banyak rider yang beranggapan menggunakan bahan bakar dengan oktan tinggi dianggap lebih baik, karena bisa meningkatkan performa. Benarkah demikian?

Efek Samping Menggunakan BBM Oktan Tinggi

Memang BBM dengan oktan tinggi punya banyak kelebihan, tetapi jangan lupakan efek samping jangka panjang yang nyatanya bisa berbahaya. Apalagi jika motor Anda tidak direkomendasikan memakai BBM oktan tinggi sabagai bahan bakarnya.

isi bensin

Lebih baik isi bahan bakar sesuai anjuran pabrikan

Dalam formula kimia, oktan merupakan perbandingan antara iso oktana dan heptana. Kedua bahan ini menjadi standar yang digunakan dalam skala heptana bernilai 0 dan iso oktana bernilai 100. Seperti misalnya jika campuran tersebut meliputi 20% heptana dan 80% iso oktana, maka nilai oktan dari bahan bakar adalah 80.

Apabila Anda mengunakan BBM dengan oktan rendah di bawah rekomendasi, maka akan beresiko ada proses pembakaran, BBM yang boros, hingga penurunan tenaga mesin. Namun apa yang akan terjadi jika mobil menggunakan BBM yang memiliki nilai oktan lebih tinggi? Seperti Pertamax Turbo dengan oktan 98.

Efek samping menggunakan BBM oktan tinggi diantaranya adalah terdapat sisa-sisa pembakaran yang disebabkan karena proses pembakaran tidak sempurna. Sisa pembakaran tersebut akan menjadi kotoran hitam yang kemudian menjadi endapan kerak karbon di ruang bakar.

Bahan bakar yang tidak terbakar tersebut bisa saja masuk ke dalam mesin, bahkan bercampur dengan oli. Tentu saja kondisi seperti ini sangat berbahaya untuk komponen mesin.

–> ISI BENSIN MALAM HARI LEBIH BAIK DIBANDING SIANG, MITOS ATAU FAKTA?

Tak hanya itu, efek samping menggunakan bahan bakar oktan tinggi yaitu memicu terjadinya kebocoran klep. Lalu juga bisa menimbulkan pembakaran dini akibat komponen yan gada pada piston. Istilah tersebut disebut dengan detonasi

Terdapat istilah lain yaitu Lean Burn Engine atau disebut pembakaran yang kering, juga disebabkan karena efek samping penggunaan bahan bakar oktan tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan bahan bakar yang sesuai anjuran pabrik agar mesin tidak mudah rusak.  Selain itu, lihat juga spesifikasi mesin kendaraan Anda. Pasalnya semakin tinggi nilai oktan membuat mesin tahan kompresi dan sulit terbakar.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles