close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Honda HR-V vs Honda Vezel: Serupa Namun Tak Sama

Honda HR-V

Memiliki basis dan bentuk serupa, namun faktanya terdapat beberapa perbedaan antara Honda HR-V dan Honda Vezel. Apa saja bedanya?

Honda HR-V (Hip Run about Vehicle) menjadi salah satu produk kendaraan roda empat yang telah dikenal luas di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Crossover satu ini pun menjadi sangat menarik perhatian konsumen saat pertama kali diperkenalkan di Indonesia 2014 silam.

Sejarah Singkat Honda HR-V di Indonesia

Berbicara Honda HR-V sebenarnya bukanlah mobil yang baru mengingat crossover satu ini sudah pernah diproduksi pada tahun 1998 sampai 2006 di Jepang. Saat itu, HR-V hanya dijual untuk pasar Jepang saja dan beberapa negara Asia Pasifik. Tak heran, Honda HR-V generasi awal yang bersliweran di Tanah Air merupakan mobil import mengingat memang tak dipasarkan secara resmi.

Honda HR-V vs Honda Vezel

Keduanya Memiliki Desain Serupa

Sampai akhirnya Honda menghentikan produksi mobil ini pada 2006 dan kembali menghadirkan generasi kedua di tahun 2014 silam dengan nama Honda Vezel di Jepang, dan untuk Asia Tenggara diberi nama Honda HR-V.

Ya, keduanya memang mobil yang sama. Jika dilihat secara desain, mesin, dan fitur. Akan tetapi, jika ditelisik lebih lanjut, faktanya ada beberapa perbedaan lho. Misalnya fitur yang dihilangkan untuk menyesuaikan kondisi negara tersebut, serta demi memangkas biaya produksi. Lantas, apa saja perbedaan keduanya? Simak ulasan dari Jualo berikut ini.

1. Honda Vezel Berasal dari Jepang

Seperti dijelaskan di atas, bahwa Honda Vezel merupakan HR-V versi Jepang. Sedangkan di Indonesia bernama HR-V yang dipasarkan secara resmi oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) sebagai Agen Pemegang Merk (APM) serta diproduksi secara lokal. Jika memang Anda tertarik, satu-satunya cara untuk mendapatkan Honda Vezel jelas melalui jalur impor, yang kita kenal mesti melewati proses panjang dan rumit.

2. Jumlah Airbag

airbag Honda HR-V

Perbedaan selanjutnya dari fitur keselamatan, yakni airbag. Honda Vezel memailiki 8 airbag. Sedangkan Honda HR-V di Indonesia hanya 2 untuk pengemudi dan penumpang depan. Namun, jika Anda menginginkan fitur yang lebih baik, bisa memilih Honda HR-V Prestige yang dilengkapi 6 airbag.

3. Fitur Entertaiment

Head unit Honda HR-V

Berikutnya adalah sistem entertaiment yang berbeda. Honda Vezel sejak awal muncul sudah mengadopsi head unit touchscreen floating berukuran 8 inchi. Sementara Honda HR-V di Indonesia pertama kali dirilis masih menggunakan head unit yang terkesan aftermarket. Namun, hal tersebut diperbaiki pada HR-V tahun 2018, di mana Honda Prospect Motor memberikan head unit serupa.

–> Review Mercedes-Benz CLA 200 AMG Line: Sosok Fashionista yang Eksotik

4. Ruang Penyimpanan/ Bagasi

Perbedaan lainnya yang terlihat mencolok ada di ruang bagasi. Di mana Honda HR-V memiliki kapasitas 17 liter lebih kecil dibanding Honda Vezel.

Bagasi Honda HR-V

5. Harga

Yang terakhir ini tentu sudah menjadi rahasia umum. Di mana harga mobil di Indonesia jauh lebih mahal dibanding negara lain. Sebagai perbandingan, di Indonesia sendiri kini tersedia lima varian Honda HR-V generasi kedua yang harganya mulai dari Rp 296 juta hingga yang termahal Rp 402,3 juta. Sedangkan di Jepang, Honda Vezel 2021 yang belum masuk Tanah Air, dibanderol mulai dari Rp 301 juta hingga Rp 436,9 juta.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , , , ,

Story Page
Facebook
Instagram