Mau Coating Mobil? Cari Tahu Dulu Manfaat dan Kekurangannya
coating mobil

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Meski melindungi permukaan cat mobil serta mempercantik tampilan agar selalu kinclong, coating mobil faktanya punya beberapa kekurangan. Apa saja? Simak ulasan berikut.

Pengertian coating mobil adalah proses penambahan lapisan khusus di permukaan mobil. Sebenarnya coating sebuah istilah yang sering terdengar dalam dunia otomotif. Lebih-lebih terdapat nano coating yang viral serta popular di kalangan pecinta otomotif.

Nantinya, proses coating dapat membuat tampilan kendaraan menjadi terlihat baru serta tidak terlihat kusam. Bukan hanya itu, coating juga menjadi sebuah solusi yang dapat membuat tampilan warna cat menjadi terlihat bening serta terlihat cerah.

Secara umum, proses coating menggunakan bahan silikon dioksida. Bahan ini sering digunakan untuk membuat kaca atau keramik. Dengan menggunakan teknik coating, Anda akan memiliki mobil dengan tampilan yang segar dan baru.

Manfaat Coating Mobil?

Proses coating tentu saja memiliki sejumlah manfaat. Berikut berbagai macam manfaat coating antara lain :

1. Mencegah warna mobil menjadi pudar

Ketika melakukan coating, Anda dapat mencegah warna mobil menjadi pudar. Lapisan dari coating akan melindungi permukaan warna cat dari sinar matahari dan ikut terbawa pancaran sinar matahari. Seperti yang kita ketahui, sinar ultraviolet mempunyai efek atau dampak yang tidak bagus untuk warna cat serta permukaan cat mobil. Warna yang sering terkena sinar UV akan membuatnya cepat memudar dan kusam.

2. Kuat pada goresan

Coating juga akan membuat permukaan cat mobil menjadi lebih kuat ketika terkena goresan. Namun, hal ini dapat Anda peroleh ketika menggunakan coating yang berkualitas. Hasil coatingnya dapat tahan lama serta dapat menjaga bodi mobil dari adanya goresan. Semakin tebal coating yang digunakan pada bodi mobil, daya tahan cat akan menjadi semakin kuat.

3. Kuat pada jamur dan air

Jika mobil sering terkena air hujan, nantinya permukaan mobil akan menjadi lembab serta dapat memunculkan jamur. Tentu saja kondisi ini harus sesegera mungkin diatasi agar jamur tidak cepat merusak permukaan mobil. Umumnya, proses coating akan membuat mobil dapat bertahan pada bercak air serta berbagai macam serangan jamur.

coating mobil- 2

Kekurangan Coating Mobil

Meskipun manfaat coating mobil cukup banyak, tetapi ada beberapa kekurangan yang dimilikinya, seperti:

1. Proses coating lama

Coating memerlukan waktu yang cukup lama untuk mobil yang digunakan harian serta mobil yang sudah berusia lama. Proses dari coating sulit dilakukan karena warna cat pudar serta goresan terlalu banyak.

–> ATURAN DAN SANKSI HUKUM JIKA SEMBARANGAN UBAH WARNA CAT MOBIL

2. Biaya mahal

Untuk melakukan coating mobil, pemilik mobil harus merogoh kantong yang cukup mahal. Proses dan bahannya yang rumit membuat harga coating tidak murah. Bahkan, biaya coating mobil ini dapat mencapai jutaan rupiah tergantung jenis coating mobil yang dilakukan.

3. Risiko coating

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, manfaat coating mobil memang cukup banyak, tetapi ada pula risiko coating. Karena dikerjakan oleh manusia, kesalahan dapat terjadi. Ketika hal tersebut terjadi, proses coating akan jauh lebih lama, dan bodi mobil terlihat belang karena coating tidak rata.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles