Begini Lho Cara Mengetahui Velg Mobil Rusak Dengan Mudah
velg mobil

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Velg mobil merupakan komponen penting yang jika mengalami kerusakan mesti diperbaiki dengan cepat. Lantas bagaimana cara mengetahui velg yang sudah rusak?

Sebagai bagian penting yang menjadi satu kesatuan dengan ban, velg mobil tentunya rentan mengalami kerusakan. Mulai dari benturan dengan aspal dan terkena kerikil, velg dapat dengan mudah rusak dan tentunya berdampak pada kenyamanan dan keselamatan berkendara. Jika sudah begini tentunya velg harus segera diperbaiki agar kerusakan tidak terlalu parah. Setidaknya ada tiga checklist pengecekan yang perlu dilakukan secara mudah. Berikut Jualo hadirkan penjelasannya untuk Anda.

1. Angin ban cepat berkurang

velg mobil-2

Keempat ban mobil harus memiliki tekanan angin ideal sesuai anjuran pabrikan. Jika ada ban yang kempis atau mengalami kurang angin tentu Anda perlu segera menambahkannya. Namun jika ada kecenderungan berkurangnya angin dalam jeda waktu singkat maka perlu dicurigai adanya kerusakan pada bagian velgnya. Kerusakan yang bisa menyebabkan angin ban berkurang adalah keretakan velg.

2. Kemudi bergetar

velg mobil-2

Kemudi mobil dirancang untuk mudah dikendalikan baik dalam kecepatan tinggi maupun rendah, baik dalam jalan lurus maupun berkelok-kelok. Namun jika kemudi cenderung bergetar padahal sistem pengendalian tidak ada masalah, maka sektor velg depan perlu dicurigai.

Velg yang tidak lagi bulat sempurna ataupun mengalami lekukan di bagian yang tidak seharusnya maka bisa menjadi pemicu kemudi bergetar. Jika mengalami masalah satu ini maka segera bawa mobil Anda ke bengkel terdekat agar tidak semakin parah.

3. Bentuk velg tidak bulat sempurna

velg mobil-3

Sebagai komponen mobil yang membuat gerak atau laju berlangsung sempurna maka bentuk bulat sempurna mutlak dimiliki setiap velg. Namun cara mengecek velg mobil rusak juga bisa diketahui dari bentuknya.

Jika saat diamati dari berbagai sisi velg mengalami perubahan bentuk, maka sudah pasti velg tersebut rusak. Berubahnya bentuk menjadi tidak bulat sempurna ini bisa disebabkan oleh tabrakan, atau hantaman jalan berlubang dalam kecepatan tinggi secara terus menerus.

Jika mengalami salah satu dari cara mengecek velg mobil rusak di atas maka segera datang ke bengkel atau reparasi velg untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut. Pasalnya, jika didiamkan terlalu lama velg berpotensi mengalami kerusakan lebih parah dan tidak bisa diperbaiki. Tentu Anda tidak ingin keluar uang lebih banyak bukan?

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles