Bahaya Microsleep Saat Mengemudi dan Berikut Cara Mengatasinya
microsleep

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Sedang berkendara dan tiba-tiba terserang rasa kantuk luar biasa, jangan anggap sepele karena bisa saja Anda terserang gejala microsleep

Mungkin Anda sudah mendengar istilah ‘microsleep’ yang kerap menyerang pengemudi. Di mana Anda secara tidak sadar tertidur lelap dalam waktu singkat, sekitar 1 menit atau dalam hitungan detik. Gejala ini tentu sangat berbahaya dan memang rawan terjadi, dan hal ini rawan terjadi saat Anda melakukan pekerjaan monoton, seperti mengemudi ke luar kota melintasi ruas tol yang panjang.

Sebenarnya hal ini terjadi karena badan dan pikiran Anda terlalu lelah. Ditambah waktu istirahat kurang, sehingga microsleep mudah menyerang. Pastinya hal ini sangat berbahaya, karena hanya butuh sepersekian detik saja dan bisa berdampak sangat fatal. Padahal, hal ini bisa dihindari lewat beberapa cara dari Jualo di bawah ini.

microsleep-4

Ciri-Ciri Kena Microsleep

  1. Saat mengemudi, coba ingat ada kejadian apa 2 – 5 menit sebelumnya. Kalau tiba-tiba lupa, bisa jadi otak kamu sudah kelelahan dan tubuh butuh istirahat total dan gejala microsleep akan menyerang.
  2. Melakukan kesalahan kecil yang tidak penting seperti salah menyalakan lampu sein, tidak konsisten menjaga kecepatan, sulit bertahan di jalur yang semestinya, dan abai pada rambu lalu lintas.
  3. Secara fisik, kepala dan kelopak mata kamu juga terasa berat.
  4. Secara tidak sadar kepala mengangguk tanpa sengaja dan menguap dengan durasi yang cukup panjang.
  5. Jika semua tanda di atas dirasakan, segera cari rest area atau pom bensin untuk istirahat.

Cara Hilangkan atau Mencegah Microsleep

Ketika gejala tersebut mendera, apa yang bisa Anda lakukan? Berikut kami berikan beberapa tipsnya untuk Anda.

Segera Beristirahat

microsleep-3

Segera cari rest area terdekat untuk istirahat jika mulai mengantuk

Jika microsleep juga menyerang, hanya satu cara untuk menghilangkannya, dengan beristirahat dan tidur pulas.  Minimal sekali 15 menit, atau kalau sampai 1 jam sangat bagus untuk memulihkan kondisi fisik. Itupun sebenarnya belum maksimal tapi tetap jauh lebih baik ketimbang menolak tidur. Rest area jalan tol atau SPBU bisa kamu manfaatkan untuk istirahat tidur. Nyalakan AC mobil supaya nyaman dan buka sedikit kaca pengemudi agar ada sirkulasi udara segar dari luar.

–> SIMAK 3 CARA BAYAR TILANG ELEKTRONIK TANPA HARUS REPOT

Jangan Andalkan Kopi

Jangan tergantung pada kopi, soft drink, atau minuman berenergi. Dalam batas wajar, kopi dan minuman ringan memberikan sugesti menghilangkan mengantuk berkat rasanya, tapi biasanya tidak bertahan lama.

Masalahnya, kopi, soft drink dan minuman berenergi bisa berisiko saat dikonsumsi oleh orang yang resisten akan kafein karena bisa meningkatkan tekanan darah. Jangan lupa pula yang resisten pada kandungan gula dan risiko asam lambung naik. Lalu jangan makan berlebihan, karena hanya membuat perut kenyang dan membuat Anda kembali mengantuk.

microsleep-2

Sudah banyak kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh microsleep

Minum Air Putih dan Senam Ringan

Anda tetap bisa mengonsumsi makanan ringan dalam porsi wajar setelah istirahat tidur agar perut nyaman. Perbanyak minum air putih untuk melancarkan peredaran darah dan menghindar dari dehidrasi yang bisa membuat kamu kelelahan dan turun konsentrasi. Jika ingin mengemudi kembali, basuh wajah dengan air untuk menyegarkan serta lakukan senam ringan agar badan kembali rileks dan segar.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles