5 Alasan Tinggal di Apartemen Jadi Pilihan Masyarakat Perkotaan
tinggal di apartemen

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Simak 5 alasan kenapa masyarakat di kota besar seperti Jakarta memilih tinggal di apartemen dibanding jenis hunian lainnya

Bagi kaum urban atau orang yang bermukim di ibukota, tinggal di apartemen mungkin sudah jadi hal yang umum dan biasa saja. Padahal, tak jarang apartemen memiliki harga yang cukup mahal dibanding hunian lain. Lalu apa alasan masyarakat banyak yang memilih apartemen? Berikut Jualo berikan informasi soal keunggulan apartemen lewat artikel di bawah ini.

1. Fasilitas Lengkap

tinggal di apartemen-5

Apartemen umumnya memiliki fasilitas yang lengkap

Salah satu alasan yang paling umum mengapa seseorang lebih memilih tinggal di apartemen adalah karena fasilitasnya yang lengkap.

Saat Anda membeli rumah, biasanya Anda hanya membeli tanah dan rumah saja. Tapi hal-hal lainnya belum termasuk ke dalam harga rumah tersebut. Sedangkan, suatu apartemen biasanya sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang lengkap.

Yang pasti, setiap apartemen tentu saja sudah memiliki pengamanan yang baik dengan penjagaan satpam, keamanan, dan tak jarang juga dilengkapi dengan CCTV untuk memantau.

Tapi selain itu, beberapa apartemen juga telah dilengkapi dengan fitness center, kolam renang, juga minimarket atau restoran di dalam apartemen tersebut. Bahkan beberapa apartemen juga berada dalam satu gedung yang sama dengan mal perbelanjaan.

Tentu saja hal ini jadi membuat apartemen lebih menarik daripada rumah tinggal. Khususnya bagi orang-orang yang menyukai kepraktisan.

2. Lokasi Strategis

Pertimbangan lainnya adalah lokasi. Sebuah apartemen biasanya dibangun di tempat yang memang strategis. Dekat dengan pusat perbelanjaan, dekat dengan akses jalan tol, dekat dengan bandara, atau fasilitas umum lainnya.

tinggal di apartemen-6

Pengembang biasanya membangun apartemen di lokasi yang strategis

Lokasi strategis seperti ini bukan hanya dimiliki oleh apartemen yang ada di ibukota saja. Apartemen-apartemen yang dibangun di sekitar ibukota biasanya juga dibangun di lokasi yang cukup strategis.

Sehingga, untuk penghuni yang bekerja di Jakarta, akses jalan atau transportasinya tetap terjangkau dan mereka tidak perlu bangun terlalu pagi untuk bekerja atau melakukan meeting di Jakarta.

Akses strategis seperti ini sering kali sulit ditemukan jika Anda memiliki rumah mewah. Karena biasanya, sebuah rumah mewah tidak dibangun di tempat yang strategis secara akses kendaraan. Tentu saja akan cukup melelahkan dan boros waktu kalau Anda harus bangun lebih pagi untuk bekerja atau meeting.

3. Lebih Aman

tinggal di apartemen-2

Sistem keamanan 24 jam

Kebanyakan apartemen telah menetapkan sistem keamanan yang berlapis dan juga didukung dengan fitur yang canggih. Dengan begitu, aset berharga dan keamanan penghuni apartemen akan lebih terjamin.

Misalnya saja, dalam setiap apartemen tentu saja akan ada petugas keamanan yang menjaga keamanan di sekitar apartemen, lalu resepsionis setiap gedung, lift atau akses masuk yang hanya bisa dipakai oleh pengunjung, dan juga CCTV yang melakukan pengawasan 24 jam penuh.

Kalau Anda membeli apartemen, seluruh fasilitas dan fitur keamanan ini sudah termasuk ke dalam harga beli atau harga sewa apartemen. Akan tetapi, kalau Anda membeli rumah tinggal seperti rumah mewah sekalipun, biaya-biaya keamanan, termasuk maintenance-nya akan menjadi beban Anda sepenuhnya.

4. Prestise dan Gengsi

Bisa dibilang, alasan prestise dan gengsi adalah alasan yang paling banyak mempengaruhi seseorang untuk membeli atau menyewa apartemen. Meskipun harganya cukup mahal.

tinggal di apartemen-3

Tinggal di apartemen mewah jadi sebuah prestise tersendiri bagi kaum urban

Apartemen sering kali dianggap sebagai salah satu hunian mewah. Sehingga, tinggal di apartemen juga sering dianggap sebagai sesuatu yang memiliki prestise atau gengsi. Dan hal ini perlahan juga menjadi suatu gaya hidup tersendiri bagi sebagian kalangan.

Apalagi, biasanya suatu apartemen juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan juga fitur canggih yang membuat penghuninya merasa semakin diistimewakan.

Tidak heran banyak orang yang merasa bangga karena tinggal di apartemen. Tentu saja, alasan ini tidak salah selama Anda memang memiliki kemampuan untuk membayar biaya sewa atau cicilan apartemen yang Anda tinggali.

Akan tetapi, jika hanya karena gengsi saja, tidak ada salahnya Anda mengevaluasi ulang keputusan untuk tinggal di apartemen. Apalagi kalau ternyata biaya sewa atau cicilannya berada di atas kesanggupan Anda.

5. Investasi

Meskipun prestise dan gengsi menjadi alasan kebanyakan orang tinggal di apartemen, tentu saja hal tersebut tidak menjadi satu-satunya alasan. Dengan perencanaan yang tepat, membeli apartemen juga bisa menjadi investasi yang dapat memberikan keuntungan besar.

Apalagi kalau apartemen yang Anda beli adalah apartemen yang memiliki gengsi tinggi dan dikelola oleh pengembang yang bagus record-nya. Didukung dengan segala keunggulan yang dimiliki apartemen tersebut, bukan mustahil nanti Anda bisa menjualnya lagi dengan harga yang sangat tinggi.

tinggal di apartemen-4

Sewa apartemen jadi hal lumrah di Indonesia, sehingga bisa jadi nilai plus

Apartemen yang memiliki lokasi strategis biasanya memiliki harga yang sangat mudah naik hanya dalam beberapa tahun saja. Hal ini karena harga tanah di lokasi strategis seperti Jakarta sangat mudah sekali meningkat.

–> 5 Rekomendasi Apartemen Murah di Jakarta Selatan 2021

Apalagi kalau Anda memiliki properti mewah seperti apartemen, keuntungan Anda bisa berkali-kali lipat dari harga beli yang Anda keluarkan. Selain dari penjualan unit, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari menyewakan unit apartemen yang Anda punya. Apartemen yang berlokasi di tempat strategis biasanya memiliki peminat yang cukup banyak.

Anda bisa menawarkan unit Anda untuk disewakan kepada orang-orang ini. Beberapa apartemen bahkan bisa disewakan dengan harga hingga puluhan juta per bulannya. Dengan harga sewa sebesar itu, Anda bahkan bisa mendapatkan passive income dan tidak harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan Anda.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles