Pentingnya GPS Tracker Mobil untuk Keamanan & Kenyamanan Berkendara
gps tracker mobil

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Kehadiran GPS tracker mobil tentunya diperlukan guna menunjang keamanan dan memberikan perlindungan bagi pemilik kendaraan jika sewaktu-waktu ada hal tak diinginkan

Di era modern dan serba digital, GPS tracker mobil mulai populer digunakan masyarakat untuk melindungi Anda sebagai pemilik kendaraan. Apalagi, tingkat kejahatan yang tinggi membuat fungsi GPS jadi sangat penting dan tidak bisa dianggap sepele. untuk memberikan rasa nyaman dan aman saat berkendara. Hal tersebut pun disadari oleh para pabrikan dengan menyematkan GPS tracker sebagai fitur standar. Oleh karena itu, kali ini Jualo akan berikan ulasan lengkap mengenai GPS tracker mobil secara lengkap untuk Anda.

Fungsi GPS Mobil

Meski alatnya berukuran kecil, tapi memasang GPS di mobil rupanya memiliki banyak fungsi, diantaranya sebagai berikut:

1. Antisipasi pencurian mobil

gps tracker mobil-2

GPS dapat digunakan untuk melacak lokasi dan keberadaan mobil secara akurat. Titik lokasi mobil ini bisa jadi acuan pihak berwajib jika terjadi pencurian mobil. Setidaknya alat ini dapat mempermudah pihak kepolisian dalam menemukan lokasi mobil hingga pelaku pencurian mobil.  Bahkan ada beberapa fitur GPS yang lebih canggih, seperti mematikan mesin mobil dari jarak jauh, tentunya hal itu tergantung dari tipe GPS dan merek mobil tertentu. Fitur yang sangat diperlukan buat kalian yang sedang atau ingin membuat usaha rental mobil.

2. Melihat histori perjalanan

GPS tracker mobil dapat menyajikan data berupa histori perjalanan kendaraan. Pemilik mobil bisa tahu lokasi, waktu keberangkatan dan kepulangan. Semua data tersebut akan tersimpan rapi dalam sistem GPS dan bisa dilihat pemilik mobil kapan saja.

3. Pengawasan keluarga saat mengemudi

gps tracker mobil-5

Tak hanya bisa melacak lokasi. Beberapa jenis GPS juga dilengkapi fitur keamanan dalam berkendara. Misalnya dengan memasang batas kecepatan dalam berkendara. Apabila laju kendaraan melewati batas, maka akan dikirimkan peringatan tertentu ke pemilik kendaraan.  Tentu hal ini berguna bagi Anda yang ingin memantau kebiasaan anak, istri bahkan saudara saat berkendara.

4. Menyadap pembicaraan dalam mobil

Kecanggihan teknologi GPS dapat membantu pemilik mobil jika menghadapi tindak pencurian tanpa harus panik. Cukup dengan melacak lokasi keberadaan mobil, kemudian sadap percakapan yang mungkin terjadi, maka rekaman data itu bisa jadi barang bukti saat polisi menangkap pelaku.

Bagaimana cara kerja pelacakan pada GPS?

gps tracker mobil-4

Sebagaimana dikutip Discover Magz, pelacakan GPS mobil menggunakan jaringan satelit untuk menentukan lokasi kendaraan. Ide dasarnya teknologi ini menggunakan proses yang disebut trilateration untuk menentukan lokasi fisik berdasarkan jarak melalui tiga satelit.

Ini adalah teknologi yang sama persis dengan yang digunakan oleh sistem navigasi portable. Kemudian titik lokasi tersebut dikirimkan melalui sinyal GPRS melalui tower operator. Di dalam server, data tersebut dikonversi dan diproses untuk ditampilkan melalui web browser, aplikasi desktop, mobile browser hingga aplikasi smartphone.

Cara pasang GPS mobil

Untuk bisa menggunakan semua fitur yang ada pada GPS mobil, Sahabat harus benar-benar paham komponen GPS dan sistem kelistrikan mobil. Biasanya ada empat kabel yang harus disambungkan, yakni kabel On/Off, kabel plus-minus aki dan kabel yang terhubung pada pintu mobil.

Kemudian masukkan kartu ponsel yang sudah berisi paket data ke dalam GPS agar sistem bisa bekerja. Jika semuanya sudah terpasang, segera setting aksesnya melalui Smartphone atau website untuk registrasi ke server baik lewat telepon atau SMS. Jika semuanya sudah terkoneksi, GPS mobil siap digunakan.

gps tracker mobil-3

Tips memilih GPS mobil

Lain hal dengan alat navigasi mobil yang biasanya sudah menjadi perangkat bawaan jika Sahabat beli mobil keluaran terbaru. Sayangnya, untuk GPS tracker ini dapat dibeli secara terpisah.

Saat ini banyak GPS mobil berkualitas dijual di pasaran dengan harga mulai dari Rp 500 ribuan. Sebelum Sahabat membeli GPS mobil, ada baiknya untuk memerhatikan fitur apa saja yang ditawarkan.

1. Punya fitur lengkap

Lebih baik cari GPS mobil yang punya fitur lengkap seperti sensor batas kecepatan, kendali mesin dari jarak jauh, memantau rute perjalanan hingga merekam dan memantau laju kendaraan secara berkala. Bahkan untuk yang lebih mahal, GPS ada juga yang bisa merekam pembicaraan di dalam mobil.

2. Kemudahan monitoring

Sudah beli yang mahal tapi monitoring GPSnya hanya bisa dilakukan lewat komputer? Tentu hal ini akan merepotkan. Carilah GPS mobil yang sudah dilengkapi sistem monitoring dan interfacenya mudah dipahami. Paling tidak, aplikasi GPS mobil sudah tersedia di Play Store dan App Store, ya!

3. Periksa tingkat sensitivitas tangkapan sinyal

GPS mobil yang berkualitas memiliki tangkapan sinyal yang bagus. Oleh karena itu, periksalah daya tangkap sinyal dari satelitnya. Jangan sampai GPS di mobil tak berfungsi karena nggak bisa menangkap sinyal.

4. Bekerja secara real time

GPS mobil yang bagus harus bisa menyajikan data secara real time. Pemilik kendaraan bisa memantau posisi kendaraan detik itu juga. Sahabat bisa mengecek langsung sistem keakuratan GPS apakah bisa menyuguhkan lokasi secara real time atau tidak.

5. Waspada harga GPS murah

Kebanyakan GPS murah menggunakan server gratisan bahkan ada yang join dengan produsen tracker lain. Data kendaraan yang masuk ke server gratisan ini cenderung kurang aman. Bahkan tak jarang program sering mengalami error, peta tidak update dan mati tiba-tiba.

–> 5 APLIKASI SMARTPHONE YANG BERMANFAAT DIGUNAKAN KETIKA BERKENDARA

Harga GPS Tracker Mobil

gps tracker mobil-6

Saat ini di pasaran tersedia banyak merek dan tipe GPS mobil yang tentunya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget Anda. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah lewat Jualo. Sebagai platform jual beli terbesar di Asia Tenggara, Jualo menyediakan berbagai tipe GPS tracker yang harganya beragam, mulai dari Rp 400 ribu hingga Rp 2 jutaan.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles