5 Tips Jitu Kelola Uang THR Supaya Ngga Numpang Lewat
Uang THR

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Selain berkumpul dengan keluarga besar, Uang THR (Tunjangan Hari Raya) merupakan hal yang ditunggu saat Hari Raya Idul Fitri

Pertanyaan kapan uang THR cair jadi sangat sering muncul saat Lebaran tiba. Apakah Anda salah satunya? Ya, menurut peraturan Kemenaker, THR harus dibayarkan paling lambat 7 hari sebelum Hari Raya. Jika lebaran 2022 jatuh pada tanggal 2-3 Mei 2022, maka THR 2022 seharusnya dicairkan di akhir April 2022.

Kebetulan, pencairan THR tahun ini sangat berdekatan dengan tanggal gajian bulanan, atau mungkin ada yang dibayar bersamaan. Namun, ketika menerima THR sebaiknya Anda jangan merasa kaya mendadak karena datangnya hampir berbarengan dengan gaji bulanan. Kita harus menghitung dan mengaturnya dengan bijak agar tidak habis sia-sia. Nah berikut ini Jualo berikan tips mengatur uang THR dengan cermat agar tidak habis percuma.

1. Melunasi Cicilan

Uang THR-4

Segera lunasi cicilan atau hutang

Yang pertama wajib diperhatikan adalah cicilan. Jangan menunda-nunda cicilan atau hutang. Seperti kartu kredit, pembelian barang atau hutang lainnya. Lihat berapa cicilan yang kamu miliki. Lalu, lihat cicilan mana yang hampir lunas.

Kalau ada cicilan yang pembayarannya sudah tinggal sedikit lagi, misal cicilan handphone dan laptop kamu setiap bulannya adalah Rp 1.000.000 dan bulan Mei adalah bulan terakhir untuk menyicil. Maka gunakan uang THR untuk melunasinya. Sehingga, cicilan yang Anda miliki sudah berkurang satu dan tidak semakin memberatkan di kemudian hari.

2. Membuat Budgeting

Uang THR-2

Siapkan perencanaan budgeting

Membuat perencanaan keuangan atau budgeting akan membantu Anda dalam mengetahui mana barang yang penting dan mana barang yang tidak begitu penting. Pertama, mulailah dengan menulis daftar barang apa saja yang akan kamu beli dan tentukan prioritas barang-barang tersebut. Lalu, bagi barang-barang tersebut ke dalam 3 kategori, seperti barang penting mendesak, penting tidak mendesak, dan tidak penting.

Setelah itu, kamu analisis daftar tersebut. Usahakan untuk selalu memprioritaskan barang yang lebih penting terdahulu. Selain membuat daftar belanja, Anda juga bisa mencatat pengeluaran tunjangan hari raya agar kamu bisa melihat di bagian mana yang menjadi overspending. Perencanaan ini merupakan salah satu cara mengatur THR yang kami rekomendasikan untuk kamu praktekkan.

3. Sisihkan Untuk Zakat dan Sedekah

Setelah menerima bonus ini, ada baiknya uang tunjangan hari raya kamu dimanfaatkan untuk hal lain selain berbelanja. Anda bisa menyisihkan sebagian uang tunjangan hari raya kamu untuk zakat atau bersedekah. Sisihkanlah sekitar 2,5% – 10% uang THR kamu dan berzakatlah. Anda juga bisa bersedekah kepada orang yang membutuhkan dengan memberi makanan dan minuman atau pakaian kepada yang membutuhkan.

4. Simpan Untuk Dana Darurat

Uang THR-3

Sisihkan THR untuk dana darurat

Tidak ada siapapun di dunia ini yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Maka dari itu, penting bagi kita untuk menyisihkan uang THR yang kita terima untuk dana darurat. Resiko-resiko seperti terkena musibah, kehilangan pekerjaan dan untuk memenuhi beberapa kebutuhan adalah hal yang tidak bisa kita prediksi.  Jadi, menyiapkan dana darurat merupakan hal yang cukup penting jika ada hal yang tidak terduga.

–> JELANG MUDIK LEBARAN, KETAHUI ATURAN TILANG ELEKTRONIK DI JALAN TOL

5. Menahan Sifat Impulsif

Uang THR-5

Jangan mudah tergoda oleh beragam diskon yang menggiurkan

Setelah menyisihkan untuk membayar cicilan, berzakat dan menyiapkan dana darurat serta berinvestasi. Kini Anda bisa menggunakan sisa uang untuk berbelanja kebutuhan pribadi. Anda dapat menggunakan sebagian uang THR  untuk kesenangan pribadi kamu seperti makan di restoran, pakaian baru, menonton bioskop dan hal lainnya.  Tapi tetap, semua harus disesuaikan dengan kebutuhan dan pendapatan Anda.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles