Cara Simpel Membersihkan Dashboard Mobil Agar Tidak Kusam
dashboard mobil

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Kebersihan dashboard mobil sangat berpengaruh terhadap penampilan interior kendaraan Anda. Karenanya, perlu dilakukan perawatan agar dashboard tidak kusam

Bukan hanya eksteriornya saja yang perlu dirawat dengan benar agar mobil tampil menarik. Bagian interior juga tak kalah penting. Semua bagian dari kursi hingga karpet lantai seluruhnya membutuhkan perhatian. Lebih-lebih lagi bagian dashboard mobil, karena bagian ini berada di depan bagian ini yang selalu nampak dalam pandangan penumpang. Tampilan yang bersih pasti menambah kenyamanan.

Sangat disayangkan jika mobil punya interior modern, dan futuristik menjadi tak menarik karena dashboard kotor atau kusam. Jadi, perhatikan benar-benar bagian ini dan selalu jaga penampilannya, seperti beberapa tips simpel merawat dashboard mobil yang Jualo berikan di bawah ini

1. Perhatikan Material

dashboard mobil-2

Gunakan cairan pembersih untuk membuat dashboard lebih mengkilap

Dashboard terbuat dengan material yang beragam. Ada yang terbuat dari bahan plastik, kayu, karet atau kulit. Bagi Anda yang memiliki mobil dengan dashboard bermaterial panel kayu bersihkan dengan kain microfiber yang masih bersih, dan untuk memaksimalkannya tambahkan cairan khusus pembersih interior atau dashboard yang banyak dijual di pasaran. Untuk membersihkan sela-sela dasbor, bisa menggunakan sikat kecil atau sikat gigi berbulu halus untuk kisi-kisi AC.

Nah, apabila dashboard mobil terbuat dari material kulit maka perlu lebih hati-hati. Material kulit biasanya lebih sensitif terhadap bahan-bahan kimia seperti sabun dan sejenisnya. Cairan tersebut biasanya mengering di material kulit dan membuatnya retak. Jadi, cukup membersihkan dashboard bermaterial kulit dengan mengelap menggunakan lap basah biasa.

2. Bersihkan Bagian Permukaan

dashboard mobil-3

Lap seluruh permukaan dashboard

Sebelum langkah-langkah yang lain, singkirkan barang-barang yang bisa mengganggu penampilan seperti buku-buku, kertas nota, bungkus makanan, atau mainan-mainan yang tak terlalu penting. Lalu bersihkan bagian permukaan dashboard dari kotoran dan debu. Gunakan sikat halus untuk membersihkan bagian-bagian bersudut atau gunakan vacuum cleaner kecil untuk menyedot debu di bagian-bagian sulit.

–> MAU PAKAI PROFIL BAN MOBIL TIPIS? KETAHUI DULU KEKURANGANNYA

3. Lap Seluruh Permukaan Dashboard

dashboard mobil-4

Jangan lupa bersihkan pula kisi-kisi dashboard secara menyeluruh

Setelah memastikan semua permukaan bebas dari kotoran dan debu, saatnya mengelap seluruh bagian dashboard mobil. Anda bisa menggunakan cairan pembersih yang disesuaikan dengan material dashboard.

Untuk mencegah kerusakan, disarankan melakukan spot test sebelum melanjutkan pekerjaan dengan cairan pembersih ini. Spot test dapat dilakukan dengan menyemprotkan cairan pembersih ke permukaan dashboard. Perhatikan apakah ada perubahan warna atau hal lain saat cairan tersebut disemprotkan. Bila tidak terjadi perubahan apapun, artinya Anda bisa melanjutkan pembersihan dengan cairan tersebut.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles