Tertarik Menjajal Off Road? Berikut Tipsnya untuk Pemula
mobil off road

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Berkendara di jalur off road tentunya membutuhkan skill dan keahlian khusus karena medan yang dilalui berbeda dan menantang

Aktivitas off road memang sangat menyenangkan buat kalian yang menyukai adrenalin. Namun, ada satu hal yang patut diingat, bahwa berkendara off road membutuhkan kendaraan yang tangguh, skill dan kemampuan mengemudi sangat diuji karena medan yang dilalui sangat beragam dan cenderung berat. Nah berikut Jualo sajikan tips berkendara aman di medan off road untuk kalian para pemula:

1. Gunakan Mobil yang Layak

mobil off road- 4

Yang pertama tentu saja kalian harus menggunakan kendaraan yang layak, seperti SUV yang memiliki kemampuan 4×4. Jangan pernah mencoba membawa kendaraan yang tidak memiliki kemampuan off road karena hal tersebut sangat berbahaya selain bisa merusak kendaraan.

2. Perlahan Tapi Pasti

Berkendara di medan off-road tak perlu kecepatan kencang seperti berada di jalan raya atau sirkuit. Bahkan, beberapa medan hanya bisa Anda lalui dengan kecepatan yang sangat lamban, misalnya ketika mendaki bukit atau menerobos bebatuan.

mobil off road- 5

Kecepatan hanya akan membuat Anda terbalik apabila tidak pandai memperhitungkan kemungkinan yang terjadi. Kemungkinan lain, halangan bisa terlewati namun Anda menabrak obyek yang ada di depan.

3. Cari Rute yang Rasional

Pada dasarnya memang dibutuhkan kendaraan yang mumpuni serta keahlian tinggi dalam berkendara di jalanan off-road. Mungkin Anda sudah punya keduanya. Meski begitu, bukan berarti Anda boleh menerobos semua halangan yang ada tanpa memperhitungkan kemungkinan yang akan terjadi. Jangan memaksakan diri. Lihatlah apakah memang rute itu bisa dilalui dengan kendaraan Anda. Pasalnya, akan lebih mudah untuk mencari rute alternatif daripada harus memanggil seseorang untuk meminta bantuan.

4. Ikuti Jalur yang Ada

mobil off road- 3

Menantang memang bila Anda mampu membuat trek Anda sendiri ketika berkendara off-road. Sensasi tersebut selaras dengan risikonya yaitu sulit untuk memprediksi rintangan yang ada di depan Anda.

Sangat disarankan untuk melintasi trek yang sudah ada. Mungkin Anda melihat ada orang yang mampu menerobos lintasan baru. Kemungkinan besar orang tersebut punya kendaraan yang lebih bagus, keahlian berkendara yang lebih baik atau mungkin melintasinya saat cuaca mendukung.

5. Pastikan Dahulu dengan Kaki Anda

mobil off road- 2

Jalanan berlumpur atau berpasir memang sulit untuk ditaklukkan dengan kendaraan. Bila Anda melihatnya sebagai rintangan di depan, jangan langsung melewatinya. Pastikan dulu dengan kaki Anda yaitu berjalan di atasnya. Bila Anda mudah melaluinya dengan berjalan kaki, sudah pasti mobil Anda mampu melaluinya. Selain itu, waspadai juga genangan-genangan air berlumpur. Periksa kedalaman genangan tersebut. Off-roader profesional pun tak mampu melintasi jalur berlumpur bila genangan tersebut terlalu dalam.

–> Rekomendasi & Pilihan Bumper Mobil SUV Terbaik

6. Jangan Memaksakan Diri

Saat off-road, mungkin di depan Anda ada rintangan yang meragukan untuk dapat dilalui. Bila Anda ragu, sebaiknya jangan dilewati. Semakin dalam Anda berkendara off-road, maka semakin sulit untuk mencari pertolongan. Bila Anda terjepit atau tidak dapat melaju lagi, pasti sulit untuk Anda bisa kembali. Oleh karena itu, kembalilah ketika Anda ragu untuk menyelesaikannya.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles