Cara Memilih Sarung Tangan Motor Supaya Berkendara Makin Aman
sarung tangan motor

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Selain helm, sepatu, dan jaket, sarung tangan motor merupakan aksesoris yang wajib digunakan bagi para rider untuk menunjang keselamatan berkendara

Meskipun sering dilupakan, sarung tangan motor memiliki manfaat dan fungsi yang penting ketika berkendara terutama untuk keselamatan. Walaupun demikian, banyak pengendara motor yang mengabaikan sarung tangan sebagai perlengkapan berkendara.

Lalu, apa sebenarnya manfaat dan fungsi penggunaan sarung tangan ketika berkendara serta bagaimana cara memilih sarung tangan yang sesuai? Simak ulasan dari Jualo berikut.

Manfaat Sarung Tangan Motor

Terdapat beberapa manfaat yang diperoleh dari penggunaan sarung tangan ketika berkendara. Misalnya menahan panas dari teriknya matahari ketika berkendara. Lalu untuk menjaga grip tetap stabil dan tidak licin. Serta yang paling penting sebagai proteksi seandainya terjadi kecelakaan.

sarung tangan motor-3

Salah satu fungsi penting menjaga grip supaya tidak licin

Mengingat fungsi penting dari sarung tangan motor, oleh karena itu sebaiknya jangan sembarangan ketika ingin membeli. Pertimbangkan bahan, model, serta kenyamanan sarung tangan ketika dipakai.

Cara Memilih Sarung Tangan yang Cocok untuk Berkendara

Seperti memilih perlengkapan berkendara yang lain, cara memilih sarung tangan motor juga penting agar dapat berfungsi secara optimal. Pentingnya penggunaan sarung tangan saat berkendara menyebabkan banyaknya model sarung tangan yang bermunculan di pasaran.

1. Pilih Model Sarung Tangan yang Tepat

Cara pertama untuk memilih sarung tangan yang cocok dilihat dari segi modelnya. Hingga kini, terdapat dua jenis sarung tangan yang beredar di pasaran, yaitu model full dan half. Anjuran memilih model sarung tangan untuk berkendara sebaiknya memilih model sarung tangan yang full.

Kelebihan sarung tangan model full akan melindungi tangan Anda secara menyeluruh saat berkendara. Sementara kelemahan dari model full yaitu membuat tangan menjadi lebih gerah dan cepat berkeringat jika digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Sedangkan kelebihan dari sarung tangan model half adalah pengendara tidak mudah merasa gerah ketika menggunakannya. Namun, sarung tangan model half tidak dapat melindungi tangan Anda secara menyeluruh karena fungsi yang kurang optimal.

2. Pilih Sarung Tangan Sesuai Ukuran

Agar lebih nyaman ketika berkendara, sebaiknya gunakan sarung tangan yang sesuai dengan ukuran tangan Anda. Sarung tangan yang sesuai dengan ukuran akan mempermudah proses pemutaran pada grip gas sehingga Anda dapat melakukan perjalanan dengan lancar.

Namun, pas atau tidaknya ukuran pada sarung tangan itu tergantung dengan jenis bahan yang digunakan. Sebelum membeli sarung tangan, sebaiknya Anda mencobanya terlebih dahulu dan pastikan agar ujung jari tidak tertekan ketika tangan sedang mengepal.

sarung tangan motor-2

Pilih sarung tangan yang menutupi seluruh bagian tangan dan jari agar aman dan nyaman

3. Pilih Sarung Tangan yang Memiliki Fitur Perlindungan Ekstra

Hingga kini, sudah banyak beredar sarung tangan yang dilengkapi dengan fitur perlindungan ekstra baik berada pada bagian punggung tangan ataupun pada bagian telapak. Anda dapat memanfaatkan perlindungan ekstra pada sarung tangan jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Salah satu perlindungan ekstra yang dapat Anda manfaatkan yaitu adanya padding pada bagian telapak sarung tangan. Adanya fitur tersebut dapat meningkatkan kenyamanan ketika berkendara dalam waktu yang lama serta dapat mencegah getaran yang berlebihan.

4. Cari Bahan yang Kuat dan Tidak Licin

Bahan sarung tangan juga berpengaruh terhadap kenyamanan Anda saat berkendara. Pilihlah sarungan tangan yang terbuat dari bahan yang kuat dan tidak licin di tangan. Sebaiknya, hindari menggunakan sarung tangan setengah jari karena sudah tidak ada fungsi keselamatannya.

Hindari untuk memakai sarung tangan yang menawarkan tampilan menarik saja namun tidak mempertimbangkan fungsi utamanya yaitu keselamatan. Banyak pengendara wanita yang lebih memilih sarung tangan dengan tampilan menarik dibanding dengan mengutamakan fungsinya.

Jika sarung tangan terbuat dari bahan yang licin maka akan menyulitkan pengendara untuk mengendalikan motor. Dengan demikian, sarung tangan tersebut tidak berfungsi untuk melindungi malah akan menimbulkan dampak bagi pengendara.

–> BAN BELAKANG MOTOR MATIC GOYANG: YUK CARI TAHU PENYEBAB & SOLUSINYA

5. Cek Kualitas Pembuatan

Pembuatan sarung tangan dengan kualitas yang kurang baik maka akan mengurangi efektifitas sarung tangan untuk melindungi pengendara. Cara mengecek kualitas pembuatan sarung tangan dapat dilakukan dengan melihat material dan jahitan dalam sarung tangan tersebut.

Itulah ulasan mengenai manfaat, fungsi hingga cara untuk memilih sarung tangan ketika sedang berkendara. Memakai sarung tangan wajib untuk pengendara karena selain untuk meningkatkan kenyamanan juga dapat melindungi Anda selama berkendara.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles