5 Tips Ampuh Atasi Kaca Mobil Berembun dengan Cepat
kaca mobil berembun

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Kaca mobil berembun merupakan salah masalah yang kerap muncul, khususnya saat berkendara malam hari atau ketika hujan. Hal tersebut jelas sangat berbahaya karena menghalangi pandangan pengemudi menjadi sangat terbatas.

Pernahkah Anda mengalami kaca mobil berembun saat mengemudi? Hal ini memang lumrah terjadi apalagi saat musim hujan tiba atau Anda berkendara di lokasi yang memiliki suhu dingin seperti pegunungan. Jika hal ini menimpa Anda di jalan, sebaiknya segera diatasi karena jika tidak sangat berbahaya karena jarak pandang sangat terbatas. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, berikut Jualo sajikan informasi lengkapnya sebagai berikut.

5 Cara Ampuh Atasi Kaca Mobil Berembun

kaca mobil berembun- 5

Terbatasnya jarak pandang saat mengemudi tentu menyebabkan ketidaknyamanan dan meningkatkan kewaspadaan, terlebih saat dalam kondisi hujan dan jalan yang licin. Berikut ini adalah lima cara yang dapat Anda coba untuk mengatasi kaca mobil berembun, diantaranya:

1. Nyalakan AC dan Wiper Mobil

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kaca berembun adalah menyalakan AC dan wiper mobil. AC mobil akan membantu menyeimbangkan suhu mobil dengan suhu udara di luar mobil dan wiper membantu menghapus embun pada bagian luar mobil. Sehingga, embun pada kaca mobil akan berkurang secara perlahan dan tidak lagi menghalangi jarak pandang Anda.

2. Gunakan Fitur Defogger

kaca mobil berembun- 4

Mayoritas mobil masa kini telah dilengkapi dengan fitur defrost atau defogger. Fitur defrost atau defogger dapat Anda gunakan untuk menghilangkan embun pada kaca mobil saat berkendara terutama pada musim hujan. Fitur ini merupakan cara yang ampuh untuk menghilangkan embun pada kaca mobil. Umumnya tombol defrost atau defogger terletak pada kedua ujung sisi dashboard.

3. Resirkulasi Udara Pada Mobil

Pada jajaran tombol AC, terdapat satu fitur dengan berbagai pilihan yang disimbolkan dengan ilustrasi orang dengan beberapa posisi duduk dan tanda panah. Tombol tersebutlah yang disebut dengan tombol sirkulasi udara yang berfungsi untuk mengatur perputaran sirkulasi udara. Untuk menghilangkan embun pada kaca mobil, Anda dapat memanfaatkan fitur sirkulasi tersebut.

Ketika fitur ini dinyalakan, mobil akan mulai membuat udara luar masuk ke dalam mobil tanpa mengubah temperatur di dalamnya, hal inilah yang disebut dengan resirkulasi udara. Cara ini dapat membantu menghilangkan embun yang disebabkan oleh perbedaan temperatur di dalam dan di luar mobil. Saat embun mulai menghilang, Anda dapat mematikan fitur ini.

4. Menurunkan Temperatur Mobil

kaca mobil berembun- 3

Embun juga dapat terjadi akibat temperatur suhu di dalam mobil terlalu dingin. Untuk mengatasinya, Anda dapat menurunkan temperatur AC mobil sehingga dapat menghilangkan embun yang berada pada kaca mobil.

5. Membuka Kaca Mobil

Apabila Anda membutuhkan cara yang cepat untuk menghilangkan embun, maka Anda dapat membuka kaca mobil. Cara ini dapat menyeimbangkan temperatur di dalam mobil dengan udara di luar mobil sehingga akan menghilangkan embun. Namun perlu diingat bahwa cara ini hanya dapat dilakukan ketika kondisi cuaca sedang panas. Ketika embun telah hilang secara keseluruhan, Anda dapat menutup kembali jendela dan menyalakan AC dengan aturan suhu yang normal dan tidak terlalu dingin.

Penyebab Kaca Mobil Berembun

Mengetahui penyebab kaca mobil berembun juga hal yang penting. Memahami alasan terjadinya embun pada kaca mobil dapat membantu menemukan cara yang tepat untuk mengatasinya. Adapun penyebab kaca mobil yang buram antara lain:

1. Perbedaan Suhu

kaca mobil berembun- 6

Salah satu penyebab terbesar munculnya embun pada mobil adalah perbedaan suhu di dalam mobil dan suhu cuaca di luar mobil. Karena, kabin mobil memiliki kelembaban yang tinggi akibat jumlah partikel air yang bercampur dengan AC cukup banyak. Keadaan tersebut kemudian membuat kaca mobil berembun.

Sederhananya, ketika suhu mobil lebih dingin dibandingkan suhu di luar, maka kaca yang menjadi penutup ruang tersebut akan memiliki suhu yang lebih tinggi sehingga terjadilah proses kondensasi yang menyebabkan terjadinya embun pada mobil. Begitupun sebaliknya, ketika suhu di luar lebih panas, maka kaca mobil akan memiliki suhu yang lebih rendah mengikuti temperatur AC yang digunakan di dalamnya.

–> BERIKUT JURUS AMPUH MEMERIKSA MOBIL BEKAS BANJIR

2. AC yang Terlalu Dingin

Menyalakan AC dengan suhu yang terlalu dingin juga dapat menyebabkan kaca berembun, terlebih ketika Anda hanya mengarahkan AC pada kaca saja. Maka dari itu, hindari menyalakan AC dengan suhu terlalu rendah dan arahkan AC ke bawah atau lurus agar menghindari terbentuknya embun pada kaca mobil.

3. Hanya Menyalakan Blower AC

Blower AC berfungsi sebagai penghisap udara yang berada di sekelilingnya dan kemudian dikeluarkan ke ruang kabin. Ketika hanya blower AC yang menyala, maka hal tersebut akan memicu munculnya embun pada kaca mobil.

4. AC yang Bermasalah

Apabila seluruh cara di atas telah dicoba dan embun tetap muncul, hal tersebut dapat menjadi penanda adanya kerusakan pada komponen AC. Untuk mencegah kaca mobil berembun, Anda dapat menghindari parkir pada lokasi yang terpapar sinar matahari langsung. Apabila hal tersebut telah terjadi, sebelum menyalakan AC, buka kaca terlebih dahulu selama beberapa saat untuk menyesuaikan temperatur. Nah, itulah beberapa cara mengatasi kaca mobil berembun. Kini Anda tidak lagi kebingungan ketika mobil mulai berembun dan dapat mengatasinya secara langsung sehingga jarak pandang dapat kembali seperti semula!

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles