Bukan Cuma Aksesoris, Ketahui Fungsi Penting Stabilizer Rantai Motor
Stabilizer rantai motor

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Selain membuat keren motor, ternyata terdapat fungsi dan manfaat penting dari penggunaan stabilizer rantai lho

Mungkin Anda pernah mendengar part aksesoris stabilizer rantai motor? Ya, meski hanya sebagai part tambahan, nyatanya penggunaan stabilizer rantai tak hanya sebagai pajangan saja karena punya fungsi penting. Komponen satu ini layaknya stabilizer pada stang atau shock, ternyata membuat rantai motor jadi lebih stabil.

Apa Itu Stabilizer Rantai Motor?

Untuk membuat motor menjadi lebih tangguh, Anda bisa menggunakan stabilizer rantai, khususnya untuk bisa menaklukan medan offroad yang ekstrim. Oleh karena itu, motor trail sering dilengkapi dengan stabilizer yang terpasang pada rantai motor agar rantai lebih stabil.

Stabilizer rantai motor-5

Stabilizer harus dipasang presisi di bagian arm dan rantai

Komponen atau aksesoris motor satu ini merupakan perangkat penting yang harus dipasang pada beberapa jenis motor. Stabilizer bisa Anda tempatkan pada bagian depan roda gigi belakang. Bentuknya seperti kotak rantau kecil dengan karet pada bagian tengahnya.

Stabilizer ini biasanya memiliki bantalan roda yang akan menyangga rantai. Roda tersebut akan ikut berputar selaras dengan putaran gear. Stabilizer untuk rantai ini bisa juga disebut dengan tensioner rantai, biasanya akan disangga besi dan disematkan di bagian swing-arm motor.

Fungsi Stabilizer

Stabilizer atau tensioner rantai motor memiliki fungsi untuk menjaga stabilitas rantai. Jadi fungsi utamanya memang untuk menghindari rantai geser atau terlepas. Berikut beberapa fungsi penting dari stabilizer rantai yang perlu diketahui.

1. Menjaga Rantai Tetap Pada Jalurnya

Pernahkah Anda berbelok atau menikung dengan rantai yang berbunyi suara “grek/ kreek”? Hal tersebut dikarenakan gir belakang bergesekan dengan bagian tepi rantai, bukan tengah mata rantai. Nah inilah fungsi stabilizer pada motor Anda, apalagi untuk motor trail.

Fungsi ini merupakan salah satu fungsi utama dari dipasangnya stabilizer pada rantai. Dengan menggunakan komponen tambahan ini, rantai akan tetap pada jalurnya. Dengan kata lain stabilizer ini berfungsi sebagai stabilizing  dan balancing.

2. Menekan Posisi Rantai yang Kendor

Fungsi penting lainnya adalah dengan menekan posisi rantai kendor pada motor agar tetap stabil ketika berada di jalan. Jika Anda membawa motor ke mekanik untuk mengecek, biasanya akan disarankan untuk mengencangkan rantai kembali setiap 500 km.

Stabilizer rantai motor-3

Meminimalisir gejala rantai kendor

Akan tetapi, biasanya belum ada 300km rantai sudah mulai kendor. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa menggunakan stabilizer rantai. Fungsi pemasangan komponen untuk menutupi kekendoran sementara. Selain itu, roda nantinya akan membantu menyangga rantai saat bergerak dan mengurangi suara gesekan dengan swing arm.

3. Mencegah Rantai Lepas

Saat mengendarai motor trail, biasanya ayunan suspensi sangat tinggi sehingga membuat rantainya akan cepat kendor. Apabila rantai dalam keadaan kendor, maka bisa membuat rantai tersebut lepas dari gear.

Stabilizer rantai motor-2

4. Meredam Getaran Rantai

Pemasangan tension rantai atau stabilizer untuk motor ini dapat meredam getaran yang terjadi pada rantai. Suara berisik pada rantai bisa disebabkan karena gesekan rantai dengan gear akibat rantai kendor. Selain itu, biasanya akan bersuara jika pelumasnya kering.

–> TIPS JITU CEGAH RANTAI MOTOR BERKARAT KETIKA MUSIM HUJAN

5. Menambah Keren Tampilan Motor

Ini sebenarnya adalah manfaat tambahan yang akan didapatkan dengan memasang stabilizer. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pilihan model stabilizer yang menarik dan keren. Bahkan Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk membeli stabilizer rantai.

Harga Stabilizer Rantai Motor

Stabilizer rantai motor-4

Setelah Anda mengetahui fungsi dan manfaat yang akan dirasakan jika menggunakan stabilizer atau tensioner rantai motor, info selanjutnya adalah mengenai harganya. Harga rata-rata stabilizer bukanlah aksesoris motor yang mahal, banyak di antaranya dijual dengan harga berkisar Rp100.000. Dengan harga yang cukup terjangkau, Anda mendapatkan banyak manfaat bukan?

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles