close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Bingung Beli Mobil Tunai atau Kredit? Simak Untung Ruginya

Pilihan beli mobil secara tunai atau kredit memiliki keuntungan dan resiko tersendiri. Untuk itu perlu perhitungan yang matang.

Kendaraan sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian besar masyarakat. Tujuannya tentu saja sebagai alat transportasi ketika melakukan kegiatan sehari-hari. Selain membeli dalam kondisi baru, mobil bekas juga menjadi pilihan jitu bagi Anda yang membutuhkan kendaraan dengan harga yang lebih menguntungkan.

Namun sebelum memutuskan untuk membeli mobil, akan lebih bijak dalam mempertimbangkan pilihan pembayarannya, apakah ingin membeli mobil secara tunai atau kredit?

Membeli mobil bekas baik secara tunai atau kredit memang kerap menjadi pilihan yang membingungkan bagi sebagian calon pembeli. Ada keuntungan dan resiko yang akan Anda dapatkan ketika ingin membeli mobil bekas dengan tunai atau kredit.

Untuk itu, Carro.id akan memberikan panduan tentang keuntungan dan resiko membeli mobil bekas secara tunai atau kredit berikut ini.

Keuntungan dan Risiko Membeli Tunai

Keuntungan utama dalam membeli mobil bekas secara tunai adalah Anda tak perlu khawatir dengan kewajiban membayar angsuran setiap bulannya. Sehingga, bisa dikatakan bahwa membeli mobil secara tunai lebih hemat lantaran tidak dibebankan dengan bunga dan biaya administrasi lainnya.

Beban pengeluaran Anda pun bisa lebih hemat dan mengalokasikannya demi keperluan lainnya. Namun perlu diingat, siapkan dana tambahan untuk biaya servis atau pengurusan legalitas dokumen mobil setelah melakukan pembelian.

Sementara itu, resiko membeli mobil bekas secara tunai adalah Anda perlu membayar sejumlah dana yang cukup besar. Sehingga membutuhkan pertimbangan yang matang sebelum membeli.

Selain itu, mobil yang akan Anda beli belum ditanggung asuransi. Sehingga Anda perlu menyiapkan dana lebih untuk membayar asuransi untuk mobil Anda.

Tetapi jika Anda membeli unit kendaraan di Carro.id, jauh lebih terlindungi karena unit kendaraan sudah diproteksi oleh asuransi selama satu tahun.

Keuntungan dan Resiko Membeli Kredit

Keuntungan membeli mobil bekas secara kredit adalah Anda tak perlu membayar secara keseluruhan saat membeli mobil. Cukup membayar uang muka, maka mobil idaman Anda sudah bisa dibawa pulang. Sehingga, Anda bisa mengatur keuangan dengan lebih fleksibel dan terasa lebih ringan.

Keuntungan lainnya semakin banyak lembaga pembiayaan atau leasing yang memberikan kemudahan saat ingin bertransaksi. Anda cukup menyiapkan uang muka dan persyaratan dokumen seperti fotokopi KTP, Kartu Keluarga, slip gaji dan rekening koran.

Proses pengajuan kredit hingga disetujui pun lebih mudah dan cepat. Setelah kredit Anda disetujui, maka Anda hanya perlu membayar uang muka dan menandatangai surat kontrak kredit, maka mobil pun sudah bisa Anda bawa pulang!

Selain itu, umumnya lembaga pembiayaan atau leasing akan memberikan asuransi, minimal sampai angsuran Anda lunas. Tentunya hal ini membuat Anda bisa menghemat pengeluaran karena tak perlu membayar asuransi.

Namun dibalik keuntungannya, ada risiko yang harus dipahami sebelum memutuskan untuk membeli mobil secara kredit. Resiko terbesar adalah Anda perlu membayar angsuran plus bunga dan biaya administrasi setiap bulannya.

Membeli secara tunai atau kredit memang membutuhkan perhitungan yang matang. Jangan tergesa-gesa atau tergoda dengan harga yang murah atau promo yang menarik.

Tapi usah khawatir jika Anda membeli mobil di Carro.id, karena seluruh unit kendaraan di Carro mempunyai garansi selama satu bulan untuk mesin dan transmisi. Sehingga Anda tidak perlu menyisihkan pendapatan untuk perawatan ekstra.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , , , , ,

Story Page
Facebook
Instagram