Berikut Tips Aman Menggunakan Ban Serep Serta Cara Gantinya
ban serep mobil

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Ban serep jadi salah satu komponen penting yang terkadang dilupakan. Padahal, kehadirannya sangat penting untuk membantu Anda di kala situasi darurat

Ban serep jadi salah satu komponen wajib yang diberikan setiap pabrikan mobil sebagai cadangan saat ban utama bocor atau dalam kondisi darurat lainnya. Namun, seringkali para pemilik mobil masih belum mengetahui dengan benar cara menggunakan serta proses penggantiannya. Padahal, hal tersebut merupakan wajib diketahui setiap pengemudi lho. Karenanya, berikut Jualo jelaskan beberapa tips menggunakan ban serep serta cara menggantinya.

Cara Menggunakan Ban Serep yang Benar

ban serep mobil - 5

Perlu Anda ketahui, bila Anda perhatikan dengan baik ternyata ban cadangan memiliki ukuran yang lebih kecil daripada ban asli bawaan pabrikan mobil. Selain itu, ban cadangan juga memiliki berat yang lebih ringan karena ketebalan ban lebih tipis daripada ban asli atau ban normal mobil.

Biasanya ban serep disimpan di bagian bagasi. Namun, untuk model mobil tertentu, ada yang menyipannya di bagian kolong bawah mobil. Desain ban cadangan yang lebih kecil tersebut didasari atas pertimbangan efisiensi penghematan ruang bagasi. Berikut adalah cara menggunakan ban serep yang benar.

1. Perhatikan Ban Cadangan yang Akan Dipasang

Ketika terjadi kerusakan pada ban normal di tengah perjalanan, tentu Anda bisa menggunakan ban cadangan atau serep sebagai gantinya. Namun penggunaan ban serep perlu Anda perhatikan karena memiliki keausan dan tapak yang berbeda dengan ban normal lainnya.

Anda tidak boleh menggunakannya secara terus-menerus untuk menggantikan fungsi ban normal, Anda harus tetap mengganti ban cadangan dengan ban normal yang baru dan sesuai spesifikasi mobil Anda.

2. Jangan Ngebut dengan Ban Cadangan

ban serep mobil 4

Apabila Anda sedang menggunakan ban cadangan ketika berkendara, sebaiknya hindari berkendara dengan ngebut atau lebih dari kecepatan 80 km per jam.

3. Berkendara di Sisi Kiri

Pastikan Anda berkendara dengan mengambil jalur di sisi kiri, dan apabila Anda melawati jalan yang hanya memiliki satu arah maka pastikan Anda berada di jalur darurat agar bisa dilewati oleh pengemudi lainnya.

4. Tidak Mengemudi Terlalu Jauh

Pada saat menggunakan ban cadangan pastikan Anda membatasi jarak tempuh ketika mengemudi sehingga tidak merusak komponen mobil lainnya seperti roda gigi, plat kopling akibat tekanan dari ban serep. Penggunaan ban serep juga dapat mempengaruhi sistem cornering, pengereman hingga mematikan kontrol traksi, hingga stabilitas kontrol elektronik.

Cara Mengganti Ban Serep Mobil dengan Benar

Setelah mengetahui cara menggunakan ban serep yang benar, berikut cara mengganti ban serep ketika ban mobil Anda mengalami bocor atau sobek.

1. Tepikan Mobil dan Pasang Segitiga Pengaman

ban serep mobil - 6

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan ketika mobil sedang butuh perbaikan adalah dengan menepikan mobil dan pasang tanda peringatan perbaikan.

2. Siapkan Peralatan

Matikan mesin mobil terlebih dahulu, dan siapkan peralatan perbaikan yang dibutuhkan seperti kunci roda, ban cadangan, dan dongkrak mobil.

3. Kendorkan Baut Ban

ban serep mobil - 2

Selanjutnya lepas penutup baut apabila ada dengan obeng. Lalu kendorkan baut ban dengan kunci roda memutar berlawanan arah jarum jam atau bisa dengan cara memutar baut saling berseberangan.

–> MAU OVER KREDIT MOBIL? CEK 3 HAL PENTING BERIKUT

4. Pasang Dongkrak

Pasang dongkrak di sebelah ban yang akan diganti, pastikan dongkrak terpasang pada titik terbaik dengan posisi tegak. Lalu angkat ban dengan dongkrak hingga ban terangkat.

ban serep mobil 3

5. Buka Semua Baut Ban yang Bocor

Selanjutnya, buka baut ban yang bocor hingga lepas semuanya. Simpan baut yang sudah dilepas agar tidak hilang. Posisikan ban pada posisi tidur untuk menghindari menggelinding tiba-tiba.

6. Pasang Ban dan Kencangkan Baut Ban

Pasang ban dengan pelan lalu goyangkan sedikit. Kemudian pasang baut secara berseberangan. Lalu turunkan dongkrak hingga ban tersentuh tanah. Lepas dongkrak dan kencangkan baut ban hingga terpasang dengan kuat.

7. Bereskan Semua Peralatan yang Digunakan

Setelah proses pemasangan ban selesai, bereskan semua peralatan ke tempat semula dan simpan kembali ban yang rusak. Nah itulah beberapa tips mudah cara menggunakan ban serep mobil serta cara menggantinya. Jangan lupa untuk selalu merawat dan membersihkan ban, khususnya saat musim hujan ya teman Jualo!

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles