close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

REVIEW HONDA BRIO RS 1.2 CVT 2017: MOBILITAS PENUH GAYA

Sejak diluncurkan oleh PT. Honda Prospect Motor di tahun 2016, Honda Brio RS .12 CVT mempunyai tampilan yang lebih memikat dibanding pendahulunya. Penyegaran minor dilakukan oleh HPM sukses menarik perhatian dari kalangan berjiwa muda.

Seperti yang sudah kita ketahui, Honda Brio ada beberapa tipe yang dipasarkan di Indonesia. Seperti diketahui ada beberapa tipe Honda Brio yang dipasarkan di Indonesia. Secara umum Brio juga mempunyai varian dasar dengan nama Brio Satya. Sedangkan tipe paling tinggi adalah Honda Brio RS, model facelift yang debut peluncurannya di tahun 2016.

Sedangkan untuk varian RS, fiturnya lebih lengkap baik dari eksterior maupun interior. Honda Brio RS yang tersedia di Carro.id mempunyai transmisi automatic, sehingga membuat mobil ini sangat cocok dipakai pada kondisi lalu lintas kota yang sering macet. Yuk lebih kenal dengan mobil berkelir putih ini.

EKSTERIOR: PALING SPORTY DI KELASNYA

Perbedaan antara Satya E CVT dengan RS manual atau CVT tidaklah banyak. Karena hanya dibedakan dari sisi fitur belaka. Dari luar, untuk tipe RS sudah dapat dikenali dari bemper yang lebih sporty, penambahan side skirt dan garnish krom di kaca belakang. Serta penyematan velg ukuran 15 inci yang berbalut ban 185/55R15. Mobil ini memiliki suspensi yang telah disempurnakan, membuatnya semakin nyaman dikendarai. Terasa lebih stabil saat melewati jalanan rusak.

Dibagian eksterior, dibenamkan lampu depan model baru yang berteknologi Projector dengan LED Light Guide. Kehadiran lampu baru ini membuat penerangan lebih fokus dibanding model sebelumya yang masih menggunaka reflector. Pada bagian bawah bemper tersedia pula lampu fog lamp yang mampu menerangi kondisi jalan sekitar, terutama bagian kiri kanan mobil.

FITUR KEAMANAN TERLENGKAP

Honda Brio RS dilengkapi dengan fitur keamanan berupa Keyless Entry, Immobilizer, dan Alarm System. Tidak hanya itu, untuk melindungi penumpang dan pengemudi, Brio RS juga disertakan dengan Dual Front SRS Airbags di bagian depan. Namun airbag tidak akan maksimal jika fitur seatbelt tidak diaktifkan. Sehingga Brio RS juga melengkapi teknologi sabuk pengamannya dengan Pretensioner dan Load Limiter yang menjadikan keamanan saat berkendara makin maksimal.

Untuk mengingatkan pengemudi akan aktivasi seatbelt, terdapat indikator yang mengingatkan penumpangnya untuk memakai sabuk pengamanan. Konstruksi monokok Honda Brio RS juga memiliki struktur rangka G-CON + ACE yang melindungi kabin ketika terjadi kecelakaan. Sehingga benturan yang terjadi saat kecelakaan bisa diminimalisir kekuatannya.

Tidak hanya itu, dalam menyempurnakan sistem keselamatan Honda Brio RS, teknologi Side Impact Beam juga disematkan. Fitur ini berguna untuk meredam benturan ketika mobil tertabrak dari sisi samping. Kehadiran fitur-fitur keselamatan yang lengkap membuat Brio RS menjadi aman dikendarai.

INTERIOR SPORTY DAN CANGGIH

Memasuki kabin, Honda Brio RS sudah mengalami perubahan bentuk dashboard dibandingkan model sebelumnya. Dashboard yang digunakan kini sama dengan yang digunakan Honda Mobilio dan Jazz. Dan untuk head unit, sudah dilengkapi dengan double din berlayar 6.2 inci yang bisa dioperasikan melalui layar sentuh.

Untuk tipe RS, dashboard menggunakan satu warna yaitu hitam saja agar memunculkan aura sporty. Sedangkan untuk non RS, dashboard berwarna two-tone dengan lapisan warna beige di bagian bawah. Untuk tipe RS yang tersedia di Carro.id, jok dilapis dengan material semi kulit agar tidak cepat kotor dan mudah dibersihkan.

MESIN BERTEKNOLOGI CANGGIH BIKIN IRIT BAHAN BAKAR

Awalnya, Honda Brio tersedia dalam pilihan mesin 1.300 cc  yang lantas diberhentikan ketika memasuki model facelift. Di generasi facelift, pilihan mesin hanya tersedia 1.198 cc saja baik untuk Brio Satya maupun Brio RS.

Mesin berkode L12B i-VTEC mempunyai konfigurasi 4 silinder segaris, 16 katup dan teknologi i-VTEC + DBW. Kombinasi dua fitur ini mampu menghasilkan power maksimal mencapai 90 PS di putaran 6.000 RPM dan torsi pucaknya mencapai 110 Nm di putaran 4.800 RPM.

Untuk transmisi, Honda menyediakan varian transmisi manual serta matic yang bisa dipilih sesuai kenyamanan berkendara penggunanya. Khusus Brio Satya tipe E CVT, merupakan LCGC satu-satunya yang menggunakan transmisi CVT dan AC Digital.

Teknologi sistem elektronik bernama Drive By Wire semakin mengoptimalkan efisiensi bahan bakar dan akselerasi mobil ini. Teknologi tersebut mampu mengontrol buka tutup Throttle Valve agar didapatkan hitungan yang optimal untuk udara yang dibutuhkan di dalam ruang bakar. Sistem pembakaran injeksi dengan teknologi PGM-FI membuat mobil ini lulus standar Emisi Euro-2 dan Emisi Euro-4.

TEST DRIVE: PRAKTIS UNTUK MOBILITAS

Honda Brio RS mempunyai desain yang cukup kompak dan lebih sporty. Dengan ukuran dimensi panjang 3.610mm, lebar 1.680mm, dan ketinggian 1.485mm, mobil ini praktis dibawa meliuk-liuk di tengah padatnya lalu lintas Ibu Kota. Untuk jarak sumbu rodanya mencapai 2.345 mm dan memiliki berat kosong mencapai 930 kg.

Mendukung keamanan berkendara, mobil ini sudah dilengkapi fitur ABS (Anti-Lock Braking System) yang berguna untuk mencegah penguncian roda saat mengerem secara mendadak. Deselarasi juga semakin nyaman berkat hadirnya fitur EBD (Electronic Brake-Force Distribusion) yang mendistribusikan daya pengereman secara sempurna dengan menyesuaikan beban kendaraan. Apalagi rem cakram model Ventilated Disc di bagian depan semakin menambah kuat daya pengereman.

Di bagian kaki-kaki, Brio RS memiliki suspensi yang nyaman untuk melibas berbagai kondisi jalanan. Teknologi MacPherson Strut di bagian depan dan H-Shape Torsion Beam di bagian belakang, mampu meredam guncangan secara optimal. Dan hanya pada varian RS, velg dan ban menggunakan velg berbahan aluminium alloy berdiameter 15 inci yang dibalut ban berukuran 185/55 R15.

Agar lebih nyaman dikendarai, Honda juga menghadirkan fitur Rack & Pinion with Electric Power Steering (EPS). Fitur ini menjadikan setir menjadi ringan sehingga memudahkan pengendara untuk bermanuver. Dengan ditambah fitur Tilt Steering, pengemudi bisa mengatur posisi tinggi rendah setir sesuai kenyamanan. Mobil ini menyenangkan untuk dibawa menemani aktivitas sehari-hari. Konsumsi bensin pun juga irit dengan rata-rata konsumsi 1:10 liter/km untuk kondisi dalam kota.

SPESIFIKASI

New Honda Brio RS 1.2 CVT 2017
Dimensi (mm)  
Panjang                               : 3.610 mm
Lebar                                   : 1.680 mm
Tinggi                                  : 1.485 mm

Mesin  
Type                                     : 1.198 cc SOHC 4 silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW
Tenaga Maksimum           : 66Kw (90 PS) / 6.000 rpm
Torsi Maksimum               : 11,2 kg.m (110 Nm) / 4.800 rpm
Transmisi                            : Manual 5 Percepatan, 5 Speed CVT
System Kemudi                  : Rack & Pinion with Electric Power Stering (EPS)
Tilt & Telescopic Steering
Suspensi Depan                  : MacPherson Strut (depan)
H-Shape Torsion Beam (belakang)
Rem                                       : Ventilated disc (depan), Drum Brake (belakang)
Anti-Lock Braking System
Electronic Brake-Force Distribution
Velg dan Ban                       : 185 / 55 R15

KESIMPULAN

Small hatchback racikan PT. HPM ini cocok untuk Anda yang membutuhkan mobil ringkas, kompak, gesit dan nyaman. Desainnya pun menawan dengan pemakaian bemper berdesain baru di bagian depan belakang. Untuk unit Honda Brio RS yang tersedia di Carro.id, ditawarkan dengan harga Rp 150 juta dalam kondisi yang prima. Unit pun sudah melalui serangkaian pengecekan ketat sehingga unit benar-benar dalam kondisi siap pakai. Selain itu mobil ini juga sudah dilindungi dengan garansi selama satu bulan untuk transmisi dan mesin.

–> Sedang cari mobil yang Anda inginkan? Silakan cek website Carro

Story Page
Facebook
Instagram