Catat! Berikut 9 Komponen yang Perlu Diganti Ketika Servis Mobil
servis mobil

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Ketika servis mobil, ada beberapa komponen yang rutin harus diganti demi performa mobil tetap maksimal dan nyaman saat digunakan

Ketika servis mobil berkala memang wajib dilakukan untuk merawat berbagai macam komponen mobil yang saling terhubung. Namun, pada masanya, komponen-komponen mobil wajib diganti. Jika tidak rusak, biasanya komponen ini sudah tergerus usianya.

Hal yang paling umum memang pergantian oli pada mobil. Mulai dari oli mesin, oli garda, bahkan hingga oli transmisi. Namun, pada faktannya, pergantian adalah hal yang rutin dan wajib kamu lakukan

Nah, buat kamu yang punya mobil dengan usia yang sudah relatif 2 atau tiga tahu, beberapa komponen ini wajib diperhatikan atau bahkan siap-siap untuk diganti ketika servis mobil.

1. Oli Mesin dan Filter Oli

servis mobil-ganti oli

Komponen mobil yang satu ini memang tak boleh luput dari perhatian Anda. Idealnya, oli mesin mobil diganti setelah Anda menempuh jarak 1.000 km pertama. Oli berfungsi untuk melumasi mesin agar proses pembakaran berlangsung sempurna. Jadi, jangan sampai kinerja oli menurun drastis atau bahkan habis karena tidak pernah diganti. Selain oli, filter oli juga patut mendapatkan perhatian yang sama. Karena filter oli yang kotor tentu tak dapat melakukan proses penyaringan secara maksimal.

2. Busi

servis mobil-ganti busi

Busi berperan penting sebagai pemantik pada kendaraan bermotor. Meskipun bentuknya kecil, fungsinya memang sangat besar. Busi yang kotor membuat Anda kesulitan menyalakan mobil. Bahkan, mobil Anda akan semakin boros bahan bakar bila Anda tidak pernah mengganti busi dengan yang baru. Busi yang mulai kotor bisa dibersihkan. Namun, proses penggantiannya tetap harus dilakukan setelah mobil Anda menempuh jarak 20.000 km.

3. Filter Udara

servis mobil-filter udara

Banyak orang menganggap bahwa filter udara hanya perlu dibersihkan secara rutin. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah. Membersihkan filter udara secara teratur memang efektif menghemat bahan bakar. Filter udara harus dibersihkan setiap kali mobil menempuh jarak 10.000 km.

Anda patut mengganti filter udara setelah menempuh jarak 40.000 km. Terutama bila Anda sering melintasi jalanan yang berdebu. Filter udara yang terlalu kotor akan menghambat suplai udara ke ruang pembakaran mobil. Akibatnya, pembakaran berlangsung kurang sempurna dan penggunaan bahan bakar malah semakin boros.

4. Automatic Transmission Fluid (ATF)

servis mobil-ganti oli ATF

Komponen ini wajib dilakukan penggantian secara rutin karena berfungsi untuk melumasi girboks matik. Dan umumnya ATF waji diganti setiap 25.000 hingga 30.000 kilometer.

5. Oli Power Steering

servis mobil-oli power steering

Oli power steering juga baiknya diganti setiap 30.000 kilometer dan dikuras di interval 50.000 kilometer. Pasalnya, komponen ini sangat penting dalam mereduksi putaran stir yang berat saat berbelok.

6. Kampas Rem

servis mobil-kampas rem

Fungsi kampas rem sangat krusial bagi mobil. Fungsi pengereman didukung oleh komponen kampas rem yang berkualitas. Seiring dengan bertambahnya usia pemakaian mobil, kampas rem bisa menipis dan menyebabkan sejumlah gangguan. Ada beberapa ciri yang menunjukkan kalau kampas rem mobil mesti segera diganti, yaitu bunyi berdecit saat mengerem, jumlah minyak rem yang berada di bawah batas normal, dan injakan rem yang lebih dalam dari biasanya.

Kampas rem yang sudah menipis akan menyebabkan gesekan antar komponen logam dan mengurangi jumlah minyak rem pada reservoir. Sebaiknya kampas rem rutin dicek dan mendapatkan penggantian setiap jarak tempuh 20.000 km.

7. Kampas Kopling

servis mobil-kampas kopling

Selain kampas rem, kampas kopling juga butuh perhatian. Komponen satu ini berfungsi mengirimkan tenaga mesin ke ban. Biasanya kampas kopling relatif cepat menipis karena kondisi jalanan yang rusak. Salah satu ciri kampas yang harus diganti adalah bau khas kopling yang timbul saat Anda mengerem di tanjakan. Kampas kopling sebaiknya diganti setelah mobil menempuh jarak 10.000 km hingga 50.000 km.

8. Rotasi Ban

servis mobil-rotasi ban

Biasanya ban yang sering melakukan pengereman lebih cepat aus sehingga perlu dilakukan rotasi, setiap 10.000 kilometer. Dengan merotasi ban, maka tingkat keausan seluruh ban akan merata. Selain itu, Anda juga wajib melakukan spooring atau menyelaraskan sudut roda karena umumnya setiap 20.000 sampai 30.000 kilometer sudut roda bisa berubah yang membuat salah satu sisi roda cepat aus.

–> Tips Mengetahui Kondisi Baterai Mobil dan Cara Merawatnya

9. Lainnya

Beberapa komponen utama lainnya yang perlu diganti adalah karet wiper ketika sudah mulai tidak optimal. Selain itu juga Anda sebaiknya mengisi ulang gas freon jika perangkat A/C Anda mulai kurang dingin.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles