Rem ABS vs Rem Non ABS, Apa Bedanya?
rem abs

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Pada sebuah mobil umumnya dikenal dengan dua teknologi rem, yakni rem ABS (anti lock breaking system) serta non ABS. Lantas apa perbedaan kedua rem tersebut pada sistem keselamatan mobil?

Rem ABS merupakan salah satu fitur keselamatan yang kini sudah banyak disematkan pada mobil modern. Dengan hadirnya fitur ini, pengereman dapat dilakukan secara lebih cepat, aman, dan menghindari terkuncinya roda saat pengereman secara keras. Nah, lewat artikel ini Jualo sajikan letak perbedaan antara rem ABS dan non ABS serta untuk Anda.

Apa Rem ABS?

Sistem ini bisa dibilang teknologi baru dalam pengereman kendaraan. Dengan hadirnya fitur ABS, Anda tidak perlu kuatir roda terkuncu saat melakukan pengereman keras dan mendadak. Sehingga, fitur ini memang sangat penting untuk ada pada setiap kendaraan karena menyangkut keselamatan berkendara.

rem abs- 3

Berbicara komponen, sistem ABS terdiri dari beberapa komponen mulai dari sensor kecepatan yang berfungsi menghitung jumlah putaran roda yang nantinya dikonversi menjadi kecepatan kendaraan. Lalu ada brake booster yang dapat membantu untuk meringankan beban pengemudi saat menginjak rem dengan teknik hidrolik fluida. Selanjutnya hydraulic unit yang mengatur distribusi tekanan hidrolik fluida atau minyak rem ke masing-masing roda.

Lalu bagaimana cara kerjanya? Saat pengemudi menginjak rem, maka komponen hydraulic unit akan membaca seluruh data kendaraan. Selain itu, tekanan minyak rem juga diatur secara otomatis berdasarkan kondisi aktual kendaraan. Efeknya, kendaraan bakal tetap terkendali meski Anda melakukan pengereman secara keras atau mendadak.

–> SALDO UANG ELEKTRONIK HABIS DI JALAN TOL? JANGAN PANIK, BEGINI SOLUSINYA!

Rem non ABS

rem abs- 2

Nah, sistem ini bisa disebut juga sebagai rem tradisional yang cara kerjanya cukup sederhana. Saat Anda menginjak pedal rem, maka bantalan rem akan memberikan tekanan dan mobil melambat. Patut diingat, rem non ABS ini lebih aman dan nyaman digunkan pada permukaan jalan yang kering dibanding licin. Kemudian salah satu kekurangan utama, saat Anda melakukan pengereman mendadak maka mobil menjadi sulit dikendalikan dan risiko mobil melintir atau terbalik sangat besar karena kemungkinan roda terkunci sangat besar.

Nah itulah perbedaan antara rem ABS dan non ABS yang terletak pada performa sehingga bisa disimpulkan bahwa mobil dengan fitur ABS lebih aman dan nyaman saat digunakan dibanding non ABS.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles