Ketahui Penyebab Aki Mobil Tekor Serta Gejalanya
Penyebab Aki Mobil Tekor

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Pernah mendengar istilah aki mobil  tekor? Nah, buat lebih jelas, kami akan beri informasi sepitar penyebab aki mobil tekor serta gejalanya untuk Anda

Aki merupakan bagian krusial kendaraan yang bertugas menyuplai daya listrik ke seluruh komponen. Oleh karena itu, wajib bagi Anda menjaga dan merawat aki dengan baik. Namun, perawatan dengan baik saja nyatanya tidak cukup, karena bisa saja aki tiba-tiba bermasalah, atau biasa disebut tekor. Kondisi inilah yang sering kali menimbulkan pertanyaan, apa penyebab aki mobil tekor? Berikut Jualo akan berikan jawabannya.

1. Mobil Jarang Digunakan

Salah satu hal yang menjadi penyebab utama aki soak atau tekor adalah mobil yang jarang digunakan. Perlu Anda ketahui, mobil yang lama tidak digunakan membuat mesin tidak memanas. Secara otomatis, aki tidak akan mendapat suplai listrik yang cukup.

Penyebab Aki Mobil Tekor-5

Jangan biarkan mobil terlalu lama menganggur, setidaknya panaskan mesin seminggu 3x

Akibatnya, kapasitas kinerja aki akan kurang maksimal. Lama kelamaan, aki menjadi tekor dan kendaraan sulit dihidupkan. Satu satunya gejala kerusakan aki yang bisa dideteksi sebagai akibat mobil yang jarang digunakan, adalah semua komponen listrik tidak menyala dengan sempurna.

Oleh karena itu, untuk menghindarinya, selalu panaskan mobil meski tidak  sedang bepergian. Panaskan mobil setidaknya satu kali seminggu agar asupan tegangan listrik ke aki bekerja optimal.

2. Aksesoris Mobil yang Berlebihan

Bagi sebagian orang, melakukan modifikasi mobil merupakan hal yang sangat menyenangkan. Biasanya mereka akan merubah atau menambah komponen mobil untuk mempercantiknya. Namun siapa sangka jika hal demikian dapat menjadi penyebab aki mobil tekor. Pada dasarnya, beberapa aksesoris mobil dapat menguras tenaga aki secara berlebihan.

Penyebab Aki Mobil Tekor-3

Menggunakan aksesoris berlebihan, salah satu penyebab aki tekor

Salah satu aksesoris yang dapat menyita tenaga aki adalah sistem audio. Pasalnya sistem audio membutuhkan daya listrik yang besar. Buat menghindari aki tekor akibat hal ini, sebaiknya perhatikan kekuatan aki pada mobil sebelum menambahkan sistem audio.

3. Intensitas Penggunaan Mobil

Penggunaan mobil secara terus menerus ternyata juga dapat membuat aki soak. Pasalnya, mobil yang digunakan dengan intens tentu membutuhkan daya listrik yang cukup besar. Karena mobil dipaksa bekerja ekstra untuk menyalurkan tegangan listrik, sehingga mengakibatkan aki tekor.

Penggunaan mobil yang intens dapat mengurangi umur pemakaian komponen, termasuk aki. Pada dasarnya, semua komponen mobil tentu memiliki masa pakai masing masing. Adanya masa pakai ini juga dapat menimbulkan kerusakan apabila mobil digunakan secara terus menerus.

4. Penggunaan Lampu Proyektor HD

Penyebab Aki Mobil Tekor-4

Gunakan lampu yang memiliki daya listrik sesuai dengan ampere aki 

Sama halnya dengan sistem audio, penggunaan lampu proyektor yang tidak sesuai dengan standar juga dapat menyita daya listrik aki. Jadi sebelum menambahkan lampu proyektor HD, ada baiknya untuk melihat spesifikasi lampu mengenai berapa daya listrik yang dibutuhkan. Jika ingin mengganti lampu dengan daya lebih besar, sebaiknya Anda juga mengganti aki mobil dengan ampere yang lebih besar pula.

5. Air Aki Habis

Penyebab Aki Mobil Tekor-2

Rutin cek air aki, tambahkan jika mulai berkurang

Bagi kalian pemilik mobil dengan aki tipe basah, lakukan pengecekan secara rutin pada air aki. Sering kali pemilik mobil dengan aki tipe basah lupa melakukan pengecekan, padahal air aki tentunya bakal berkurang seiring pemakaian. Nah, jika air sampai habis, maka aki tidak akan bekerja secara optimal dan jika dibiarkan bisa tekor.

–> KENAPA MESIN MOBIL WAJIB DIPANASKAN SECARA RUTIN?

Tanda Aki Mobil Mulai Lemah

Pada dasarnya, aki yang mulai melemah bisa diketahui sejak dini. Tanda pertama yang bisa Anda rasakan adalah mesin mobil yang sulit distarter. Berikutnya suara klakson yang biasanya melemah, atau lampu yang redup. Jika mengalami gejala seperti yang disebutkan, segera cek aki mobil Anda.

Penyebab Aki Mobil Tekor-6

Mesin mobil sulit distarter salah satu tanda aki mulai lemah

Sebagai komponen yang menyalurkan seluruh daya listrik ke seluruh komponen mesin, maka pengecekan aki wajib dilakukan secara berkala. Jika sudah tekor, mobil dipastikan tak bisa menyala yang pastinya sangat merepotkan bukan?

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles