close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Pentingnya Cek Kondisi Mobil Bekas Sebelum Membeli

Untuk memastikan mobil yang Anda inginkan masih prima atau tidak, maka cek kondisi mobil bekas menjadi langkah wajib yang mesti dilakukan.

Pengecekan fisik sebelum membeli mobil bekas sangat penting lantaran untuk mengindari dari potensi kerugian akibat kerusakan atau kondisi mobil yang kurang baik di kemudian hari. Pengecekan juga bertujuan untuk mengetahui apakah mobil dirawat dengan baik atau tidak. Sehingga Anda bisa terbebas dari rasa khawatir ketika akan menggunakannya kelak.

Untuk melakukan cek kondisi mobil bekas tersebut memang tak mudah, lantaran membutuhkan kejelian dan kesabaran. Untuk itu, Carro.id akan memberikan tips seputar pengecekan fisik pada mobil bekas. Sehingga Anda dapat memastikan bahwa mobil yang Anda beli memang berkualitas tinggi. Simak tipsnya berikut ini

Cek Bodi dan Eksterior Mobil

Sektor pertama yang perlu mendapatkan pengecekan adalah pada bagian bodi dan eksterior mobil. Perhatikan setiap komponen bodi mobil, apakah masih terlihat dan berfungsi dengan baik. Perhatikan pula jika ada bekas perbaikan atau kualitas cat yang tak merata. Pastikan semua komponen bodi masih lengkap.

Detail lainnya yang kerap terlewat adalah pengecekan pada celah bodi dan kondisi ruang mesin serta kolong mobil. Untuk unit di Carro, semua kendaraan sudah diinspeksi sebanyak 200 titik oleh para inspektur, sehingga unit benar-benar dalam kondisi prima..

Periksa Kondisi Mesin, Transmisi dan Suspensi Dalam Keadaan Baik

Sektor penting lainnya yang harus Anda perhatikan adalah kondisi mesin, transmisi dan suspensi. Ketiga sektor tersebut merupakan faktor terpenting yang membuat mobil dapat berjalan secara sempurna.

Selain itu, Anda juga bisa mengajak mekanik kepercayaan saat melakukan pengecekan mobil. Nyalakan mesin untuk memastikannya dan dengarkan bunyi mesin dengan sesama. Pastikan tidak ada kebocoran seperti pelumas atau cairan pendingin mesin.

Untuk unit di Carro.id, semua kendaraan mendapatkan garansi selama satu bulan untuk sektor transmisi dan mesin. Sehingga Anda tidak perlu resah memikirkan kondisi di sektor tersebut.

Cek Interior dan Fitur Mobil

Langkah selanjutnya cek kondisi mobil bekas adalah interior  Pastikan jok dan mekanisme pengaturannya dalam kondisi baik. Begitu pula dengan sabuk pengaman agar tetap dapat berfungsi normal.

Pada bagian fitur, Anda bisa mengecek kondisinya dengan mengaktifkan fitur tersebut, seperti fitur hiburan dan audio hingga pendingin ruangan atau AC. Cek pula bagian panel instrumen di dashboard saat mesin dinyalakan. Apakah ada gejala tidak normal atau indikator check engine atau pelumas menyala saat mesin hidup. Jika iya, maka bisa dipastikan ada masalah pada bagian mesin.

 Periksa Catatan Servis

Anda bisa memastikan kondisi kendaraan incaran dengan memeriksa catatan servis. Pastikan pula pemilik sebelumnya melakukan perawatan berkala dengan disiplin dan terdokumentasi dengan baik pada catatan atau buku servis.

Jika Anda menemukan bahwa mobil tersebut pernah mengalami perbaikan akibat kecelakaan, banjir atau tidak terawat dengan baik, maka sebaiknya hindari saja.

Lakukan Test Drive

Langkah terakhir saat melakukan pengecekan saat ingin membeli mobil bekas adalah dengan melakukan test drive. Dealer yang terpercaya umumnya memperkenankan calon pembelinya untuk melakukan test drive.

Seperti di Carro.id, Anda bisa melakukan test drive di rumah dengan membuat perjanjian terlebih dahulu. Setelah perjanjian disepakati, Carro.id akan mengantar kendaraan Anda ke rumah untuk melakukan test drive.

Lakukan pengetesan pada beragam kondisi jalan dan kecepatan, sehingga Anda bisa mengetahui kondisi mobil sebenarnya.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , , ,

Story Page
Facebook
Instagram