close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Pentingnya Melakukan Test Drive Sebelum Beli Mobil Bekas

Test drive layaknya simulasi atas kondisi mobil yang akan Anda pilih. So, lakukanlah dengan seksama dan jangan terburu-buru

Membeli mobil bekas memang bukan perkara yang mudah. Butuh kejelian dan kesabaran ekstra untuk mendapatkan mobil bekas idaman dengan kualitas terbaik. Maka, calon pembeli disarankan untuk melakukan pengecekan pada mobil bekas idaman.

Pengecekan yang dilakukan meliputi pengecekan bodi, mesin, transmisi, suspensi, interior, fitur hingga catatan servis dan keabsahan dokumen kepemilikan mobil.

Pengecekan tersebut diatas dilakukan agar terhindar dari potensi kerugian di masa datang lantaran membeli mobil bekas dengan kondisi yang kurang layak. Untuk mobil-mobil di Carro.id, semua unit kendaraan sudah melalui tahap inspeksi ketat sebanyak 200 titik. Sehingga unit kendaraan yang tersedia benar-benar dalam kondisi prima.

Lantas, apakah pengecekan mobil sudah cukup untuk melihat kondisi keseluruhan mobil bekas? Tentu belum, karena setelah melakukan pengecekan, calon pembeli juga disarankan untuk melakukan test drive.

Tujuan melakukan test drive adalah sebagai simulasi untuk mengetahui kondisi mobil sesungguhnya. Dengan melakukan test drive, calon pembeli bisa mengetahui apakah mobil yang akan dibeli memiliki kondisi baik dan terawat atau malah sebaliknya. Ketika melakukan uji coba unit kendaraan, calon pembeli juga dituntut untuk jeli dalam melihat dan merasakan karakter mobil saat digunakan.

TRIK MENGUJI UNIT KENDARAAN

Jika Anda tertarik untuk membeli mobil bekas, lakukanlah test drive. Penjual atau dealer yang terpercaya dan bonafide umumnya memperbolehkan calon pembeli untuk melakukan test drive.

Saat berada di dalam mobil, perlakukan mobil layaknya Anda sedang melakukan perjalanan dengan mobil sehari-hari. Cari lokasi yang agak sepi dan luas, agar Anda bisa menguji dengan leluasa tanpa mengganggu orang lain atau lingkungan sekitar.

Saat melakukan test drive, tak perlu melakukannya dengan kecepatan tinggi, namun lakukan dengan beberapa tingkat kecepatan yang berbeda. Lakukan dengan tenang dan jangan terburu-buru.

Terpenting adalah gunakan indera Anda dalam merasakan mobil saat jalan. jika ada potensi masalah atau kerusakan, komponen dalam mobil akan menimbulkan suara atau getaran tertentu. Jika Anda merasakan getaran atau suara yang tidak normal, maka saatnya mempertimbangkan untuk memilih mobil lainnya.

CEK RUANGAN MESIN

Saat menguji kendaraan juga disarankan berhenti sejenak untuk melihat apakah ada kebocoran seperti pelumas atau cairan lainnya. Selain itu, perhatikan apakah semua lampu dan fitur kelistrikan mulai dari wiper hingga audio masih dapat berfungsi dengan baik.

Rasakan pula karakter setir. Jika terasa ada getaran atau setir terasa menarik ke salah satu sisi, maka bisa dipastikan ada masalah pada sektor kaki-kaki dan kemudi.

Anda juga bisa meminta bantuan teman yang mengerti mobil atau mekanik kepercayaan saat melakukan test drive. Dengarkan saran mereka dengan seksama. Jika pengujian berjalan lancar tanpa ada hal yang mencurigakan, Anda bisa melanjutkan proses transaksi.

Namun jika merasa ada yang tak beres, jangan sungkan-sungkan untuk menanyakan penjual atau mencari kandidat mobil bekas idaman lainnya.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , , , , ,

Story Page
Facebook
Instagram