Mitos atau Fakta, Mesin Mobil Lebih Enteng Ketika AC Mati?
mesin mobil

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Banyak beredar informasi kalau tarikan dari mesin mobil jadi lebih enteng ketika AC dimatikan, benarkah demikian? Temukan jawabannya lewat ulasan berikut ini

Komponen AC pada mobil sering disebut membuat kerja mesin mobil jadi lebih berat. Sehingga tak jarang dikatakan bahwa saat menghadapi sebuah jalan terjal atau tanjakan curam, sebaiknya matikan AC agar tarikan jadi lebih enteng.

Mitos atau Fakta?

Jika bicara secara umum, sebenarnya tak ada pengaruh antara mematikan AC dengan performa mobil. Kendaraan modern yang umumnya menggunakan sistem komputer sudah memiliki program atau alogritma tersendiri menyesuaikan dengan kondisi berkendara aktual berdasarkan data-data dari sensor yang ada di kendaraan.

mesin mobil-3

Pindahkan tuas transmisi ke gigi lebih rendah ketika menghadapi jalan menanjak

Jadi untuk performa mobil meningkat dengan mematikan AC tidak sepenuhnya benar. Memang komponen AC akan membuat kerja mesin sedikit lebih berat, tapi dengan adanya komputerisasi yang mengatur kondisi berkendara berdasarkan sensor maka mobil tetap dapat melesat sesuai kemampuan dan kondisi jalan.

Hal yang paling dibutuhkan sebenarnya adalah kemampuan si pengemudi dalam menguasai medan dan mengendarai mobilnya. Anda harus memahami teknik berkendara agar performa mobil tetap maksimal, terutama saat di daerah perbukitan yang memang banyak jalur menanjak dan membutuhkan tenaga maksimal dari mobil.

Tergantung Teknik Mengemudi

Jika ingin mendapatkan tenaga maksimal dari mobil, Anda wajib menguasai teknik mengemudi dengan benar. Misal saat berkendara dengan mobil bertransmisi otomatis. Anda harus tahu kapan waktu yang tepat memindahkan tuas transmisi ke posisi lebih rendah, seperti ‘2’ atau ‘L’ untuk meringankan kinerja mesin mobil. Selain itu, dengan menggunakan gigi rendah juga bisa membantu Anda memanfaatkan engine brake saat di jalan menurun yang curam.

mesin mobil-2

Aktifkan fitur O/D ketika ingin menyalip kendaraan di depan

Atau ketika ingin menyalip kendaraan di depan, pada beberapa mobil terdapat tuas O/D atau Overdrive yang akan menahan laju mobil sampai gigi tiga saja. Anda bisa mengaktifkan fitur ini saat ingin menyalip agar mendapatkan tenaga ekstra dari mesin mobil.

–> KETAHUI PENYEBAB AKI MOBIL TEKOR SERTA GEJALANYA

Hal serupa berlaku pula untuk mobil bertransmisi manual. Meski pengoperasiannya sedikit lebih rumit karena harus menyeimbangkan antara pedal kopling dan gas ketika memindahkan posisi gigi ke yang lebih rendah. Kemudian, Anda juga harus mengetahui momentum yang tepat agar mobil tidak kehilangan traksi saat berada di tanjakan curam atau kehilangan tenaga ketika menyalip.

Kesimpulannya, mesin mobil jadi lebih enteng dengan mematikan AC tidak sepenuhnya benar. Semuanya kembali lagi kepada Anda sebagai pengemudi dalam menguasai teknik yang benar agar performa mobil tetap maksimal di jalan.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles