Mengenal Sudut Toe di Roda Mobil dan Fungsi Pentingnya
sudut toe roda mobil

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Kemudi atau roda mobil Anda terasa kurang nyaman dan stir lari ke kanan atau kiri? Jangan dididamkan, karena hal tersebut mengindikasikan sudut toe tidak normal

Anda sebagai pemilik mobil harus memahami apa sudut toe du roda mobil. Apalagi hal ini berkaitan erat dengan keselamatan berkendara Anda di jalan. Lantas apa sebenarnya sudut toe? Serta fungsi utamanya pada mobil. Berikut Jualo beri penjelasannya untuk Anda.

Pengertian Sudut Toe di Roda Mobil

sudut toe roda mobil-2

Sudut roda yang tak ideal bisa mempengaruhi keausan ban dan performa berkendara

Sudut toe adalah kondisi yang menggambarkan posisi roda mobil baik kanan maupun kiri. Lebih jelasnya, sudut ini menunjukkan kelurusan roda terhadap bidang horizontal jika mobil dilihat dari posisi atas.  Jika bermasalah maka setir akan tertarik ke kiri atau kanan.

Jenis Sudut Toe

Berdasarkan kondisi roda mobil baik kiri maupun kanan dibanding bidang horizontal, terdapat tiga jenis sudut toe. Jika kendaraan mengalami masalah ini, maka sangat beresiko. Ada tiga jenis, diantaranya:

  • Toe in disebut juga positive toe, dimana kondisi roda depan miring ke arah garis tengah bodi kendaraan.
  • Toe out atau negative toe, kondisi dimana roda belakang miring keluar dari bodi kendaraan.
  • Toe netral – Kemiringan roda berada pada satu posisi garis sumbu aksis jika dilihat dari atas mobil.

Kondisi toe yang tidak sesuai berdampak besar pada stabilitas dan kenyamanan dalam mengendarai mobil. Selain itu berpengaruh pada ban yang menyebabkan cepat aus.

Fungsi Toe

Kemiringan toe berpengaruh sangat besar. Bukan hanya pada awet atau tidaknya sparepart tetapi juga keselamatan. Sebaiknya cek secara berkala kondisinya sehingga tetap dalam keadaan standar. Fungsi toe adalah:

  1. Sebagai penentu kesimetrisan atau kelurusan arah roda
  2. Kemiringan toe sangat terasa pada track lurus. Jika tidak sesuai dengan standar maka laju roda tidak stabil yang dapat menyebabkan terpelanting ke kiri atau kanan
  3. Bagian penting dalam mengoreksi sudut camber dan caster. Jika seimbang dengan tepat maka dapat memperpanjang umur pakai ban, rem dan suspensi mobil

Masalah Pada Sudut Toe

sudut toe roda mobil-3

Balancing ban mobil bisa mereduksi masalah sudut toe

Kondisi kemiringan toe yang tidak sesuai standar dapat menimbulkan berbagai masalah pada kendaraan. Kesalahan dalam penyetelan dapat berakibat fatal. Setelah diservis, coba dulu. Jika kurang nyaman segera sampaikan pada teknisi. Oleh karena itu diperlukan spooring dan balancing agar sudut toe tetap rata

Toe In

Masalah toe in atau out berlebih sama-sama berdampak negatif. Kemiringan yang lebih ke dalam pada roda depan menyebabkan kendaraan terseret ke sisi luar. Selain itu juga lebih sensitif terhadap putaran kemudi.

Akibat toe in respon kendaraan terhadap gerak belok lambat. Pada tikungan, toe in berubah menjadi toe out untuk mengurangi scrub ban. Hal in terjadi akibat roda bagian dalam berbelok melalui interval kecil jika dibandingkan roda luar.

–> YUK KENALI JENIS RAMBU LALU LINTAS BESERTA ARTINYA

Toe Out

Efek toe out menjadikan tingkat respon kemudi tinggi. Pengaturannya yang tepat membuat cengkraman ban depan lebih kuat sehingga meningkatkan akselerasi. Tetapi mengakibatkan ban kurang awet. Selain itu juga berpengaruh pada  rem dan understeer.

Akibat dari toe out adalah stir kehilangan arah dan susah dikendalikan. Oleng kanan dan kiri dapat terjadi sehingga menyebabkan kecelakaan. Spooring dan balancing dapat mengatasi masalah pada sudut toe.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles