4 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Kaca Film Mobil
kaca film mobil

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Kaca film mobil tentu saja memiliki fungsi penting untuk melindungi interior akibat sinar matahari. Oleh karena itu, Anda perlu memilih kaca fil terbaik agar tetap nyaman selama berkendara

Selain melindungi interior dari teriknya sinar matahari, kaca film mobil juga berfungsi melindungi Anda saat berkendara di siang hari serta tidak terlalu mengganggu pandangan berkendara saat malam tiba. Namun, tidak semua kaca film memiliki kualitas baik. Bagi yang masih awam, tentunya sulit membedakan dan memilih kualitas kaca film terbaik. Tapi jangan kuatir, berikut Jualo berikan beberapa tips jitu untuk Anda dalam memilih kaca film terbaik yang nyaman digunakan saat berkendara.

1. Sesuaikan dengan kebutuhan

Hal pertama yang harus Anda ketahui sebelum memilih kaca film ialah kebutuhan Anda sendiri. Apakah Anda ingin mengganti karena ingin mempercantik penampilan mobil, demi kenyamanan ataukah demi keamanan? Pasalnya, kaca film memiliki beberapa fungsi, mulai dari mempercantik penampilan, menahan sinar UV matahari, menambah privasi, bahkan hingga memperkuat kaca mobil Anda. Ketika Anda sudah mengetahui kebutuhannya, Anda pun akan lebih mudah menentukan hal lainnya.

2. Cek spesifikasi

kaca film mobil-3

Masing-masing kebutuhan kaca film tentu memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Karena itu, akan lebih baik jika sebelum memilih Anda sudah melakukan review terlebih dulu kaca film yang ada. Setidaknya yang perlu Anda ketahui ialah bahan material kaca, fungsi, serta ketebalan kaca. Saat mengecek spesifikasi, Anda pun harus memerhatikan apakah spesifikasi cocok dengan mobil Anda dan tentunya tidak membatasi pengelihatan Anda selama berkendara.

3. Perhatikan tingkat kegelapan warna kaca film

kaca film mobil-2

Peraturan tentang penggunaan kaca film di Indonesia ternyata sudah ada sejak lama, yakni PP Nomor 55/2012 tentang Kendaraan, UU Nomor 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, PP Nomor 44/1993 tentang Kendaraan dan Pengemudi, Permenhub Nomor 10/2012 tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Massal Berbasis Jalan, serta Permenhub Nomor 98/2013 tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum.

Dari sekian banyak peraturan tersebut tidak menyebutkan tingkat kegelapan maksimal si kaca film. Secara eksplisit, penggunaan kaca film hanya dihimbau oleh pihak berwenang agar tingkat kepekatan warna tidak melebihi 60%. Ini karena kaca film yang terlalu gelap sering disalahgunakan untuk tindakan-tindakan yang melanggar hukum.

–> BANYAK YANG BELUM PAHAM, INI FUNGSI DEFOGGER PADA KACA MOBIL

4. Pilih yang bergaransi

kaca film mobil-4

Yang tak kalah penting Anda perhatikan ialah garansi. Anda tak boleh menganggap enteng sebuah kaca film. Anda harus memastikan jika kaca film yang Anda beli memiliki garansi. Biasanya garansi untuk kaca film berjangka waktu selama 5 – 7 tahun. Jika menemukan kaca film tanpa garansi, Anda tentu harus berpikir ulang untuk membelinya. Hal itu bisa mengindikasikan bahwa kaca film tersebut tak terjamin.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles