Kebiasaan Buruk yang Sebabkan Kopling Mobil Cepat Rusak
kopling mobil manual

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Kopling adalah salah satu komponen pada mobil bertransmisi manual yang sangat penting. Nah, untuk menjaga kinerja kopling mobil tetap awet, Anda tidak bisa asal lho dalam pengoperasiannya

Jika pada mobil transmisi otomatis kopling dioperasikan oleh komputer, lain halnya pada mobil manual. Kopling harus dioperasikan lewat kaki kiri. alam mobil transmisi manual, kopling memang dioperasikan secara manual melalui kaki. Sayangnya, masih banyak pengemudi yang belum memahami cara menggunakan kopling mobil dengan baik dan benar. Alhasil, kampas mobil pun menjadi cepat rusak, seperti aus atau bahkan gejala selip. Berikut ini, Jualo sajikan beberapa kebiasaan buruk yang dapat mengakibatkan kopling cepat rusak. Apa saja? Berikut diantaranya:

1. Menginjak Kopling dengan Kasar

kopling mobil manual - 5

Ada banyak sekali  kebiasaan-kebiasaan buruk yang bisa mengakibatkan kopling cepat rusak. Salah satunya kebiasaan melepas dan menginjak kopling dengan cara yang sangat kasar. Hal ini sangat sering dilakukan oleh pengemudi mobil manual. Hal tersebut terjadi karena, pada saat melepaskan pedal kopling transmisi mobil belum berpindah dan terdengar bunyi kasar pada kopling. Oleh karena itu Anda sebagai pengendara harus memperhatikan keselarasan pedal kopling dengan perpindahan transmisi mobil.

2. Menginjak Kopling Secara Terus Menerus

kopling mobil manual- 2

Penyebab kopling mudah rusak selanjutnya adalah terlalu sering menginjak pedal kopling. Menginjak kopling mobil di sepanjang perjalanan adalah salah satu hal yang  bisa menyebabkan kopling cepat rusak. Ini sangat sering terjadi bagi pengemudi yang malas atau bahkan tanpa sadar mengangkat kakinya dari pedal kopling ketika sudah tidak diperlukan lagi.

–> TIPS MERAWAT REM MOBIL AGAR TETAP PAKEM & AMAN

Akibatnya, proses aus pada bantalan rilis dan pelat kopling mobil cepat mengalami kerusakan. Selain itu, menginjak pedal kopling pada mobil setengah-setengah juga bisa merusak kopling. Dimana hal tersebut bisa membuat komponen dalam sistem kopling terurai dengan cepat. Biasanya yang pertama kena imbasnya adalah pelat kopling. Bahkan yang lebih ekstrim lagi kopling bisa tercium bau hangus.

Nah, itulah beberapa kebiasaan buruk penyebab kopling cepat rusak. Jangan sekali-kali mencoba kebiasaan buruk tersebut ya. Perlakukan dan rawatlah kopling mobil Anda dengan baik. Supaya kopling bisa awet dan tidak gampang rusak teman Jualo!

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles