Dampak Buruk Mengisi Tangki Bensin Terlalu Penuh
isi tangki bensin

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Bagi Anda yang terbiasa bepergian jauh, pasti sudah akrab dengan istilah full tank atau penuh ketika mengisi bahan bakar. Padahal, mengisi tangki bensin hingga penuh tidak disarankan lho.

Alasannya orang mengisi bensin hingga penuh sebenarnya sangat simpel, yakni tidak perlu sering mampir ke SPBU dan kembali mengantre lebih lama. Mengisi tangki bensin dengan penuh tentu tidak ada salahnya, namun tahukah Anda bahwa kebiasaan mengisi bensin hingga kepenuhan ternyata banyak ruginya? Untuk lebih jelas, berikut Jualo berikan ulasannya untuk Anda.

Alasan Tidak Perlu Mengisi Tangki Bensin Hingga Luber

Saat Anda mengisi bensin, perhatikan nozzle yang dimasukkan ke dalam lubang tangki dan bahan bakar pun masuk ke dalamnya. Kerap kali kita mendapati nozzle mendadak berhenti sendiri dan terdengar bunyi flop, ini merupakan penanda bahwa pengisian sudah penuh dan Anda tak perlu menambahkan bensin lagi supaya tetap ada space atau ruang kosong pada tangki. Apa manfaat menyisakan sedikit ruang di tangki bensin? Berikut diantaranya:

1. Selang Nozzle Bisa Mendeteksi Ketika Bahan Bakar Penuh

nozzle bensin

Sebenarnya bensin yang sudah terisi hingga penuh dan Anda bayar malah bisa terbuang percuma. Hal ini disebabkan mesin pengisian mesin pengisian bahan bakar telah dilengkapi dengan penghisap uap bensin modern. Selang ini bisa mendeteksi bensin yang diisikan sudah penuh, sehingga dengan otomatis akan menyedot kembali uap bensin yang luber dari lubang tangki. Alih-alih mengirit, Anda malah jadi membayar percuma bensin yang kepenuhan tadi.

2. Tangki Bensin Membutuhkan Ruang

isi tangki bensin- 3

Ini yang jadi alasan kenapa setiap tangki bensin memiliki lubang. Fungsi lubang ini adalah untuk mengurangi tekanan yang dihasilkan ketika bensin berada di dalam tangki. Jadi ketika tidak ada ruang sama sekali pada tangki, maka gas yang seharusnya keluar dari lubang tersebut malah akan keluar dari tangki lewat selang. Dengan kata lain bensin yang sudah Anda isi penuh tadi hanya akan terbuang percuma juga dan tidak terpakai.

–> BEGINI LHO CARA MENGAKTIFKAN CHILD LOCK DEMI KEAMANAN SI KECIL

3. Timbulkan Polusi

Uap bensin yang tumpah ketika Anda mengisi bensin hingga luber ke luar tangki akan merugikan kesehatan dan menyumbang polusi udara. Apalagi jika bensin tersebut malah tumpah-tumpah, tak hanya jadi boros karena harus membayar bensin yang terbuang percuma, Anda juga malah jadi ikut mencemari lingkungan.

Inilah alasan, mengapa sebaiknya Anda jangan mengisi bensin sampai kepenuhan. Isilah secukupnya, jangan berlebih dan jangan juga membiarkan tangki bensin kosong. Daripada mengeluarkan biaya lebih agar bensin terlalu penuh, lebih baik Anda mengalihkan biaya tersebut ke biaya perawatan kendaraan Anda bukan?

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles