Kenali Fitur Canggih Adaptive Cruise Control serta Fungsi Utamanya
adaptive cruise control

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Fitur adaptive cruise control merupakan salah satu fitur canggih yang kini mulai dibenamkan oleh mobil keluaran terbaru demi memberikan kenyamanan dan keamanan berkendara. Lantas apa sebenarnya fungsi dan bagaimana cara kerjanya?

Fitur adaptive cruise control sebenarnya jadi penyempurnaan dari sistem cruise control yang sebelumnya sudah ada. Jika sebelumnya hanya menjaga kecepatan mobil tetap stabil saat melaju, dengan adanya fitur adaptive mobil bisa mendeteksi kendaraan di depan secara otomatis. Jadi dengan adanya fitur ini, mobil bisa mengerem secara otomatis saat sensor membaca ada kendaraan di depan. Jadi sangat berguna untuk menjaga jarak aman dengan kendaraan lain. Namun, meskipun otomatis bukan berarti Anda bisa menyetir tanpa memperhatikan keadaan jalan ya. Anda tetap tidak boleh menjauhkan pandangan dari lingkar kemudi. Lantas bagaimana cara kerjanya? Yuk simak ulasan dari Jualo berikut ini.

Cara Kerja Adaptive Cruise Control

adaptive cruise control- 2

Berbicara cara kerja, pengendalian laju dan rem yang dilakukan fitur ini didukung oleh teknologi laser. Ketika jarak mobil di depan sudah dekat maka teknologi laser langsung memberikan sinyal kepada mobil untuk menurunkan laju kendaraan. Begitu juga sebaliknya, saat kendaraan di depan menjauh dan mencapai jarak aman, maka laser bakal menambah kecepatan. Kecepatan mobil juga bakal dipertahankan dengan pengaturan yang dilakukan sebelumnya. Dan cara mengaktifkannya pun sangat mudah, Anda hanya perlu menekan tombol cruise control pada lingkar kemudi yang umumnya ada di sebelah kanan.

Fungsi Utama

Fitur canggih ini sekarang memang mudah ditemui pada mobil keluaran terbaru karena memberikan fungsi penting untuk kenyamanan pengemudi serta keamanan. Diantaranya:

1. Lebih Nyaman Saat Mengemudi

adaptive cruise control- 3

Keberadaan fitur ini jelas membuat pengemudi makin nyaman saat berkendara. Sehingga kaki Anda sebagai pengemudi tidak perlu repot menginjak pedal gas dan rem saat melaju di jalan.

–> AWAS, KETAHUI BAHAYA BAWA MUATAN LEBIH PADA MOBIL PICK UP

2. Meningkatkan Keamanan

Kemudian dari sisi keamanan juga lebih advance karena fitur ini dibekali sensor yang mampu membaca kondisi jalan. Sensor yang ada pada mobil bisa meminimalisir kecelakaan saat Anda sedang lengah atau mengantuk. Meski sekali lagi, Anda tidak boleh mengandalkan fitur ini.

3. Berkendara Jadi Menyenangkan

Fitur ini jelas sangat cocok untuk berkendara di kota yang padat seperti Jakarta. Dengan hadirnya adaptive cruise control berkendara di jalan yang padat tentu terasa menyenangkan tanpa harus merasakan pegal berlebih.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles