Mengenali Perbedaan Ban AT, MT, dan HT untuk Mobil SUV
Ban AT, MT, HT

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Untuk Anda para pemilik mobil jenis SUV pasti pernah mendengar jenis ban AT, MT, dan HT. Lantas di mana letak perbedaannya?

Biasanya, mobil SUV menggunakan jenis ban AT, HT, dan MT. Kode-kode ban mobil ini ternyata punya arti sendiri yang patut Anda ketahui. Karena hal itu merujuk pada peruntukan ban tersebut sesuai jenis medan jalan yang bisa dilaluinya.

Ban AT, MT, HT-2

Jenis ban baiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan penggunaannya

Kode-kode ban ini dipasang oleh para produsen ban pada bagian dinding ban. Untuk HT menunjukkan Highway Terrain, sedang AT artinya All Terrain, MT adalah Mud Terrain. Lalu seperti apa pengertian dari kode ban AT, HT, dan MT? Berikut penjelasan dari Jualo.

1. Ban AT

Ban mobil tipe ini adalah singkatan dari ban tipe All Terrain. Sesuai dengan namanya, ban tipe ini sanggup dipakai untuk melintas diberbagai tipe median jalan. Yaitu onroad maupun offroad. Tapi tentunya ada beberapa hal yang mesti Anda pahami.

Ban AT, MT, HT-5

Cocok digunakan untuk medan jalan aspal dan semi offroad

Ban A/T memiliki profil tapak yang lebih kasar dan renggang dibanding ban tipe HT. Tentunya ini membuat Anda bisa lebih leluasa untuk menggunakan ban di jalan beraspal atau medan yang kasar. Tetapi perlu Anda waspadai, manakala ban dipakai di jalan aspal, terutama saat kondisi jalan basar, grip AT tidak akan sebaik ban HT.

Ban mobil tipe ini juga masih memiliki tread block yang tetap teratur dan agak rapat sehingga masih cukup senyap ketika dipakai di jalan aspal. Walau demikian kesenyapannya tidak lebih baik dari ban H/T. Jika Anda sering beraktifitas di perkotaan, dan sesekali masuk ke area bebatuan atau lumpur dengan medan yang ringan, ban ini cocok untuk Anda gunakan.

2. Ban HT

Ban Highway Terrain (H/T) diperuntukkan bagi kendaraan yang lebih banyak melintas di jalan beraspal. Selain itu ban tipe ini juga memiliki karakter dinding ban yang paling empuk diantara jenis ban SUV lainnya.

Ban AT, MT, HT-4

Ban yang paling nyaman digunakan di aspal

Ban mobil tipe HT juga memiliki tapak ban rapat sehingga hambatannya paling minim dibanding tipe AT atau MT. Efeknya, kinerja mesin jadi lebih ringan dan ini berpengaruh pada efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Selain itu tipe tapak ini juga membuat ban H/T paling senyap ketika digunakan di jalan beraspal dibanding dua tipe ban SUV lainnya.

Jika Anda lebih sering melintas di jalan beraspal, jalan tol, atau jalan raya lainnya untuk aktifitas harian atau berpergian antar kota, maka ban ini paling cocok. Ban tipe ini juga layak dipasangkan pada mobil-mobil SUV compact maupun crossover yang penggunaannya lebih dari 75% di jalan raya (onroad).

3. Ban MT

Mud Terrain Tires alias ban tipe MT adalah ban yang dikhususkan bagi SUV yang kerap melintas di medan-medan berat. Misalnya pada area perkebunan, pertambangan, jalan dengan kubangan lumpur, dan lain sebagainya.

Ban AT, MT, HT-3

Karakter ban yang cocok untuk penggemar offroad

Ban tipe ini juga memiliki karakter dinding ban yang lebih kuat dibanding ban HT. Tapak ban juga jauh lebih kasar dibanding tipe AT atau pun HT. Selain itu tread block dibuat lebih dalam agar ban tetap memiliki traksi walau median jalan yang dihadapinya kubangan lumpur. Bahkan ada jenis ban MT dengan tapak yang lebih kasar demi kebutuhan melintas di jalan ekstrim.

–> Info Harga Ban Mobil Terbaru September 2021

Tetapi jika Anda harus menggunakan ban tipe MT di jalan beraspal, Anda wajib lebih berhati-hati. Dengan profil tapak yang sangat kasar dan renggang, maka hanya sedikit permukaan ban yang menempel ke aspal. Akibatnya traksi ban sangat minim terutama saat kondisi jalan basah atau hujan. Selain itu mobil jadi lebih boros, dan ban akan menimbulkan suara sangat bising ketika melintas di jalan raya atau jalan tol.

Para pekerja perkebunan atau pertambangan yang membutuhkan kendaraan untuk mobilitasnya dilokasi pekerjaan, wajib menggunakan mobil dengan ban mobil tipe MT. Atau jika Anda hobi offroad, maka mobil Anda pun diharuskan pakai ban jenis ini.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles