Begini Cara Mengenali BPKB Kendaraan yang Asli atau Palsu
BPKB kendaraan

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Buku Pemilik Kendaraan Bermotor atau BPKB kendaraan merupakan dokumen penting yang wajib dicek sebelum membeli mobil atau motor bekas

Saat membeli kendaraan bekas, BPKB jadi hal yang sangat penting untuk dicek karena menyangkut dokumen mobil atau motor yang Anda beli. Pasalnya, jika yang Anda dapat BPKB palsu, maka sangat berbahaya karena Anda bakal berurusan dengan hukum. Oleh karena itu, agar Anda tidak tertipu, berikut Jualo rangkumkan beberapa cara mengenali BPKB kendaraan yang asli untuk Anda berikut ini.

Berikut cara untuk memeriksa keaslian BPKB:

  1. Periksa halaman cover BPKB. Pada dokumen yang asli menggunakan bahan yang lebih mengilap sedangkan pada yang palsu warnanya lebih buram.
  2. Cek hologram di halaman pertama BPKB. Jika diterawang warnanya tetap abu-abu, berarti dokumen tersebut asli. Namun jika diterawang warnanya berubah menjadi kekuningan, dokumen tersebut hampir bisa dipastikan palsu.
  3. Teliti nomor seri di bawah hologram pada halaman pertama. Sampaikan nomor tersebut kepada pihak kepolisian lalu lintas untuk pengecekan. Namun, detil nomor seri tak bisa dipublikasikan kepada umum.
  4. Lihat di bagian identitas pemilik kendaraan. Pada BPKB palsu hanya mengubah data kendaraan saja sedangkan data pemilik kendaraan tidak berubah.
  5. Cermati halaman ke-14 BPKB, lambang Korlantas akan terlihat jika diterangi dengan sinar ultraviolet. Tekstur kertas agak kasar karena logo tersebut dibuat timbul. Pada BPKB palsu tekstur kertas rata.
  6. Cek Kecocokan KTP Pemilik dengan BPKB, Jika BPKB yang anda cek berdomisili di JADETABEK, anda bisa mengecek BPKB tersebut di https://bpkb.net/niknopolck.php, disini anda bisa melakukan pencocokan BPKB dengan KTP yang ada di STNK

BPKB kendaraan-3

Berikut cara mengecek keaslian STNK:

  1. Cocokkan data yang tertulis di STNK dengan fisik kendaran. Periksa mulai dari jenis kendaraan, merk, warna, kapasitas mesin, hingga nomor polisi. Cek juga tanda tangan dan cap yang ada pada STNK tersebut.
  2. Periksa Nomor Rangka yang ada pada kendaraan, nomor tersebut harus sama dengan yang ada di BPKB dan STNK. Untuk mengetahui Nomor Rangka, Anda bisa memeriksa di bagian bodi kendaraan.
  3. Periksa Nomor Mesin kendaraan Anda. Sama seperti Nomor Rangka, Nomor Mesin juga ada di kendaraan tepatnya pada bagian mesin. Tiap merk kendaraan memiliki letak Nomor Rangka dan Nomor Mesin yang berbeda-beda. Cek kesamaan dengan yang tercantum di BPKB dan STNK.
  4. Bawa ke Samsat untuk melakukan pemeriksaan keaslian dokumen.

BPKB kendaraan-2

–> UNTUNG RUGI MERAWAT MOBIL DI BENGKEL RESMI DAN UMUM

Jangan Pernah Menggunakan Jasa Pembuatan BPKB yang Tak Jelas

Jika anda kehilangan BPKB kendaraan dan anda ingin menggunakan jasa pembuatan BPKB, sangat tidak disarankan. Meskipun BPKB palsu tersebut data kendaraan di dalamnya adalah data anda yang asli sesuai dengan BPKB anda yang hilang.

Jika anda nekat membuat BPKB kendaraan palsu, maka anda akan terancam hukuman pidana selama 6 Tahun penjara seperti yang di sebut pada 263 KUHP. Jika BPKB anda hilang, anda bisa membuat kembali BPKB anda dengan cara mengajukan pembuatan BPKB duplikat di samsat.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles