Ban Tubeless Mobil Sering Kempes? Ini Penyebab & Solusi Mengatasinya
ban tubeless mobil

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Meski punya keunggulan dari segi daya tahan, ban tubeless bisa saja memiliki masalah lho. Salah satunya masalah tekanan angin yang kerap berkurang tanpa diketahui penyebab utamanya.

Saat ini ban tubeless memang menjadi andalan beberapa pabrikan kendaraan, termasuk mobil. Memang, ban tubeless punya keunggulan dari ketahanan jika secara tiba-toba tertusuk benda tajam. Jenis ban ini tidak akan langsung kempes secara cepat sehingga Anda masih memiliki waktu untuk mengganti ban di tempat yang aman. Namun, apa jadinya jika ban sering kempes? Sebenarnya ada beberapa hal yang menyebabkan hal tersebut, diantaranya sebagai berikut:

Penyebab Ban Tubeless Sering Kempes

1. Tekanan Angin Kurang

ban tubeless mobil- 2

Ban yang sering kempes salah satu faktornya dipengaruhi oleh tekanan udara di dalam ban yang memang sudah berkurang. Hal ini biasa terjadi pada ban yang menggunakan udara bertekanan sebagai komponen utama. Pasalnya udara di dalam ban dapat menyusut dan memuai jika terjadi perubahan suhu. Saat suhu panas maka udara memuai. Sebaliknya, saat suhu dingin maka udara bakal menyusut. Oleh sebab itu, tidak heran ketika mobil jarang digunakan maka jangan heran kalau ban mobil Anda kempes.

2. Kondisi Karet Ban Getas

Karet ban yang sudah getas bisa jadi salah satu penyebab dari masalah ini. Pada dasarnya, ban memiliki batas waktu pemakaian setelah diproduksi dan sebaiknya Anda tidak menggunakan ban yang sudah diproduksi dari enam tahun lalu. Walau masih tebal, jika Anda melihat bagian samping sudah retak. Artinya kondisi karet ban sudah getas dan sebaiknya diganti segera.

–> MAU COATING MOBIL? CARI TAHU DULU MANFAAT DAN KEKURANGANNYA

3. Ban Tertusuk Benda Tajam yang Masih Menempel

Ban tubeless yang tertusuk benda tajam tentu saja bakal kempes atau bocor halus. Karenanya, pastikan benda tajam tersebut dikeluarkan dari ban saat Anda menambal agar masalah bisa diatasi secara maksimal.

ban tubeless mobil- 3

4. Masalah pada Velg

Masalah pada velg juga sering menyebabkan ban bocor atau kempes. Biasanya masalah ini muncul jika bagian velg terdapat peyang atau karat. Peyang di bagian velg menyebabkan dudukan ban tidak menempel dengan rapat sekaligus mengisolasi udara di dalamnya.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles