close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Intip Spesifikasi Bus Zhongtong Transjakarta yang Resmi Pensiun

Spesifikasi Bus Zhongtong

Bus Zhongtong LCK6180GC bertipe gandeng (articulated) bullet dengan bahan bakar gas CNG ini terbilang canggih, dengan komponen dari berbagai perusahaan otomotif dunia. Penasaran? Yuk intip spesifikasi bus Zhongtong Transjakarta.

Perum Damri resmi memensiunkan unit bus gandeng (articulated) merek Zhongtong dari line up Transjakarta pada 9 Januari 2021, setelah 8 tahun mengaspal. Bisa dikatakan bus yang identik pada masanya dengan bus Transjakarta ber-AC terdingin ini melayani penumpang Transjakarta dari koridor busway I (Blok M – Kota) dan 8 (Lebak Bulus – Harmoni), sampai akhirnya mendominasi jalur busway Jakarta.

Transjakarta bus zhongtong

Perjalanan Bus Zhongtong mewarnai rute Transjakarta

Perjalanan bus Transjakarta ini memasuki masa purna bakti pada di tahun 2021 dimana rute terakhir  melayani 5 & 5C (Ancol-Kampung Melayu), dan 10 (Terminal Tanjung Priok – Stasiun BRT PGC 2).

Yang sangat menarik, meski berasal dari Cina, bus Zhongtong dengan bahan bakar gas CNG tersebut memiliki spesifikasi canggih dari berbagai produsen di seluruh dunia.

Gendong Spesifikasi dan Fitur Canggih

Dari sektor dapur pacu, bus Zhongtong menggendong mesin berkapasitas 11.051 cc dengan turbo intercooling dan pendingin air. Tenaga maksimalnya tembus 455 daya kuda dengan torsi maksimal 1.373 Nm. Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi otomatis enam percepatan dengan hydraulic retarder dari Allison (General Motors) Amerika Serikat.

Spesifikasi Bus Zhongtong

Bus Zhongtong Menggunakan sambungan merk Premium

Lalu sambungan bus gandeng (articulate) menggunakan merk Hubner tipe Universal 19,5 K. Kemudian sistem pengereman juga sudah ABS, serta steering system dari ZF, Jerman.

Bagian kaki-kaki, velg menggunakan RIM alumunium asal Hungaria. Serta drive axle Arvin Meritor dari AS, hingga silinder CNG dari negara yang sama. Peleknya dari RIM tipe almunium asal Hungaria. Serta drive axle Arvin Meritor AS hingga silinder CNG Worthington dari negara yang sama.

Spesifikasi Bus Zhongtong

Fitur Canggih di Balik Kemudi Bus Zhongtong

Untuk mendukung kenyamanan penumpang, bus yang sanggup mengangkut 175 orang ini juga dibekali suspense udara. Lalu, fitur CCTV dengan data recorder, radio komunikasi, GPS Tracking dan panel display LCD.

Di tahap awal pengoperasian pada 1 Januari 2013 lalu, Damri memesan sebanyak 66 unit untuk koridor 1 dan 8 Transjakarta. Bus seharga Rp 3,5 miliar tersebut dipilih kala itu karena harganya yang paling terjangkau.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , , , , , , ,

Story Page
Facebook
Instagram