Haruskah Lakukan Engine Flush Setiap Ganti Oli Mesin?
engine flush-2

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Saat mengganti oli mesin, seringkali pertanyaan timbul seputar penggunaan engine flush. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak artikel berikut ini.

Merawat kendaraan baik mobil maupun motor harus dilakukan dengan rutin. Seperti halnya mengganti oli mesin yang tentu sudah menjadi hal biasa dilakukan oleh para pemilik kendaraan. Namun perlukah melakukan engine flush setiap kali ganti oli mesin?

Mengenal Engine Flush

Engine flush sendiri merupakan salah satu cara untuk membersihkan ruang bakar mesin dengan menggunakan cairan khusus atau chemical yang berfungsi merontokkan deposit yang muncul di ruang mesin. Seiring pemakaian mobil, pastinya kondisi mesin mobil akan terbentuk deposit kotoran akibat dari oksidasi pada oli yang terjadi di ruang bakar. Oksidasi inilah yang membuat tingkat penguapan oli jadi tinggi dan kemudian terbakar akibat suhu mesin, sehingga timbul deposit.

engine flush-3

Berguna untuk membersihkan kerak pada mesin mobil Anda

Dengan menggunakan cairan engine flush, maka bisa merontokkan atau membersihkan kerak yang menempel pada ruang mesin. Hal tersebut ditujukan untuk memberikan performa yang maksimal agar kinerja mesin tidak terganggu dengan endapan serta kerak yang ada di bagian mesin.

Jadi, disarankan kepada para pemilik kendaraan untuk rutin menggunakan cairan engine flush ketika mengganti oli mesin. Tujuannya agar kondisi di dalam mesin tetap bersih. Caranya pun juga terbilang cukup mudah dan dapat dilakukan dengan cepat.

Cara Gunakan Engine Flush

Ketika ingin mengganti oli mesin, masukkan terlebih dahulu cairan engine flush ke dalam lubang pengisian oli. Lalu nyalakan mesin selama 5 – 10 menit agar cairan tersebut dapat bekerja dengan maksimal bersamaan dengan oli lama. Pada saat inilah cairan khusus tersebut akan merontokkan dan membersihkan kotoran yang menempel pada bagian mesin mobil. Setelah itu, lalu kuras oli lama dan ganti dengan oli yang baru.

engine flush

Tuang ke lubang pengisian oli dan diamkan agar bekerja maksimal

–> Jenis Mesin Mobil: Yang Wajib Diketahui Oleh Semua Pemilik Mobil

Bagi para pemilik kendaraan, sebaiknya melakukan penggantian oli sesuai dengan waktunya atau anjuran yang sudah ditetapkan oleh pabrikan. Meskipun kendaraan jarang digunakan, tetap harus dilakukan penggantian oli mesin, tujuannya agar tidak terjadi sludge atau oli mesin yang mengental.

Ketika oli lama sudah mengental, tandanya dibutuhkan cairan engine flush untuk membersihkan sisa-sisa oli lama yang mengendap di dalam mesin. Jangan lupa untuk selalu mengganti filter oli setiap kali melakukan mesin dibersihkan. Sebab jika tidak maka oli lama yang bercampur dengan engine flush tidak akan terbuang dan berisiko untuk bercampur dengan oli yang baru.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles