close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Kenali Penyebab Tangki Motor Bocor & Solusi Mengatasinya

tangki motor

Masalah tangki motor bocor mungkin sering dikeluhkan oleh para riders pengguna motor batangan. Kalau sudah begitu apa solusinya?

Tangki bensin merupakan sebuah part yang penting untuk motor batangan. Bahkan untuk jenis motor tertentu, bentuk tangki juga menentukan seberapa macho motor tersebut. Custom bike seperti chopper dan bobber akan tampak garang jika didukung oleh tangki motor yang sesuai pastinya.

Tapi apa jadinya kalau tangki bocor? Walaupun terbuat dari bahan yang keras, ternyata masih ada hal – hal yang membuatnya bocor dan membuat pemakaian bensin semakin tinggi. Kalau sudah begini, tentu sangat merugikan dan berbahaya pastinya.

tangki motor- 5

Bocornya Tangki Tentu Berbahaya untuk Anda

Umumnya, sudah jelas penyebab bocornya tangki motor itu berasal dari korosi yang menyebabkan logam pada tangki berkarat. Kalau sudah berkarat dan didiamkan. Maka tinggal  tunggu waktu tangki menjadi bocor. Selain karat, apa saja yang menyebabkan tangki bocor? Berikut Jualo berikan ulasannya.

1. Bocor dari Tutup Bensin

Untuk menjaga tekanan udara di dalam tangki, biasanya pada tutup tangki terdapat sebuah ventilasi agar tekanan udara di dalam tidak terlalu membebani karburator. Sayangnya ventilasi ini juga bisa menjadi akses masuk untuk air ke dalam tangki motormu.

Inilah kenapa kita harus hati – hati saat mencuci motor, terutama saat membersihkan daerah tangki. Jangan sampai ketika kita membersihkannya malah membuat tangki motor kerembesan air.

2. Embun yang Ada Di Tangki

Siapa yang sangka jika udara di dalam tangki motor ini bisa jadi ancaman kebocoran. Saat ada peningkatan suhu pada tangki, udara di dalam akan mengembun.

tangki motor- 4

Jika Tangki Bocor, Jangan Diamkan Terlalu Lama Karena Efeknya Berbahaya

3. Korosi Air Hujan

Air hujan memang terkenal sebagai cairan yang mudah membuat besi karatan. Tingginya konsentrasi oksigen yang ada di dalam air hujan membuat korosi semakin mudah untuk dilakukan.

Oleh karenanya, jangan biarkan air hujan berlama – lama menempel di tangki motor maupun part besi lainnya. Segera bilas motor ketika terkena air hujan. Pastikan debu dan air hujan luruh bersama air yang Kamu bilaskan ke motormu. Jangan lupa juga untuk langsung mengelapnya hingga kering.

tangki motor- 2

Korosi Air Hujan Dapat Sebabkan Karat di Bagian Dalam Tangki

Selain itu Anda juga bisa memarkir motormu di area yang tidak terkena hujan. Bagaimanapun jika motor sering terkena hujan, pastinya akan berimbas buruk pada part – part logam di dalamnya, termasuk tangki bensin.

Cara Mengatasi Tangki Bocor

Nah, kalau begitu, apa yang harus dilakukan kalau tangki motor udah terlanjur bocor? Ada beberapa cara untuk mengatasinya.

  • Tambal dengan lem G

Cara mudah untuk mengatasi tangki bensin yang bocor adalah dengan menambalnya dengan menggunakan lem G. Tapi cara ini hanya bisa digunakan saat tangki bensin bocor di satu titik.

Pertama – tama gosok halus bagian yang akan ditambal agar kotoran – kotorannya hilang dari lokasi tersebut. Setelahnya tuangkan lem G pada bagian tersebut. Selanjutnya, berikan bedak atau serbuk pasir di area sekitarnya. Terakhir, tutup serpihan bedak ataupun pasir tersebut dengan lem G. Jangan terlalu banyak dalam menuangkan lem G, karena nanti akan lebih susah untuk kering.

tangki motor- 3

Proses Penambalan Tangki yang Bocor

–> Bensin Oktan Tinggi vs Rendah, Lebih Baik Mana?

  • Menggunakan patri

Jika bocornya tangki bensin terlihat memanjang, maka cara yang bisa dilakukan adalah menggunakan teknik patri. Ya, memang terlihat agak susah tidak biasa melakukannya. Tapi Anda bisa mendatangi jasa patri. Jadi Anda cukup mencopot tangki motormu dan membawanya ke tukang patri terdekat.

  • Menggunakan Resin

Yang terakhir ini sangat mudah. Anda cukup mengosongkan tangki motormu hingga benar – benar kering. Saat sudah kering, tuangkan resin yang sudah dicampur dengan thinner ke dalam tangki bensin. Pastikan campurannya tidak terlalu encer. Setelah itu, putar – putar tangki motornya agar merata dan melapisi seluruh bagian yang bocor. Jangan lupa untuk membolongi saluran ke bahan bakar.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , ,

Story Page
Facebook
Instagram