close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Lima Cara Work From Home Lebih Fokus dan Anti Bosan

foto kegiatan work from home

Menyiasati kondisi Work From Home akibat pandemi COVID-19, berikut cara-cara yang bisa dipakai para professional untuk tetap fokus dan nyaman selama bekerja di rumah.

Aktivitas Work From Home kini menjadi kegiatan yang rutin dilakukan para professional di Indonesia. Beberapa kota besar menerapkan cara kerja ini akibat adanya kebijakan dari pemerintah daerah masing-masing untuk membatasi aktivitas masyarakat di luar rumah sebagai strategi menekan penyebaran virus COVID-19 atau popular sebagai virus corona.

Sebagai contoh, Provinsi DKI Jakarta mencatat ada 596.962 karyawan professional dari 1.894 perusahaan yang menerapkan kegiatan bekerja dari rumah. Kegiatan ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga 5 April 2020 mendatang, sesuai instruksi Gubernur Nomor 16 Tahun 2020.

Meski demikian, aktivitas Work From Home masih dirasakan tidak efektif bagi beberapa kalangan professional. Mungkin salah satunya adalah Anda. Selain butuh adaptasi, suasana bosan yang melanda karena kurangnya interaksi dengan rekan kerja kadang mempengaruhi mood kerja.

Kira-kira adakah solusi agar kegiatan bekerja di rumah bisa jadi lebih fokus dan tetap nyaman? Yuk kita coba lima tips work from home dari Jualo.com agar lebih fokus dan anti bosan. apa saja cara tersebut

Baca Informasi Terbaru di Jualo.com:

 –> Jenis Spesifikasi Masker Virus Corona yang Aman Digunakan di Indonesia

–> Memahami Beda Mobil Listrik & Mobil Hybrid di Indonesia

–> Cek informasi mobil bekas di Jualo.com

1. Berlaku Seolah ”Kerja” di Meja Kerja

desain meja kantor di rumah
Ubah penempatan meja kerja di rumah agar mengikuti penempatan di meja kantor

Salah satu cara membuat produktivitas bekerja lebih tinggi adalah membawa suasana kantor ke dalam rumah. Salah satu caranya adalah mengkondisikan diri bahwa Anda bekerja di meja kerja.

Untuk melakukan hal ini tidak sulit, cukup gunakan meja belajar atau meja makan di rumah. Ubah tatanan meja tempat Anda bekerja selama work from home agar mendekati suasana di meja kerja kantor. Jangan lupa tetap terapkan to do list agar pekerjaan Anda selesai di hari tersebut.

2. Tetap Bersih-Bersih

Salah satu hal yang seringkali diabaikan dalam kondisi bekerja dari rumah adalah malas bersih-bersih, terutama mandi dan berdandan. Alasannya karena biasanya tidak akan ada Conference call yang menggunakan media video dan hanya menggunakan media suara saja.

Sekalipun berada di rumah, sudah selayaknya untuk Anda dalam kondisi fit dan bersih sebelum bekerja di waktu yang disepakati oleh kantor Anda. Di sisi lain, dengan mengkondisikan badan yang bersih di awal waktu bekerja juga menjadi cara meningkat mood saat bekerja nantinya.

3. Work Life Balance

Luangkan waktu bermain bersama anak sesekali di periode waktu bekerja di rumah

Suasana di rumah memang bukan tempat yang tepat untuk bekerja. Tapi bukan berarti dalam periode work from home ini Anda tidak bisa menerapkan prinsip work life balance. Ada beberapa cara bisa diaplikasikan untuk menerapkan work life balance selama bekerja di rumah.

Contohnya dalam periode waktu tertentu, Anda bisa melakukan stretching dan olahraga ringan agar sedikit keluar dari “area” meja kerja. Bisa juga melakukan kegiatan bercengkerama bersama keluarga dan putra/putri tercinta. Tapi pastikan waktu yang Anda butuhkan tidak sampai mengganggu ritme kerja, atau setidaknya 30 menit per 2-3 jam kerja normal di luar jam makan siang.

Baca Juga:

–> Rekomendasi Tempat Seru Di Jakarta Saat Musim Hujan

–> Lima Rekomendasi Sepatu Olahraga Murah di Bawah Rp500 Ribu

4. Sosialisasi Tetap jalan

Gunakan media komunikasi grup untuk bersosialisasi dengan rekan kerja

Siapa bilang work from home tidak bisa sosialisasi? Anda tetap bisa untuk berkomunikasi dengan rekan kerja untuk sekedar sosialisasi di luar hal teknis pekerjaan.

Hanya saja bedanya jika selama ini sosialisasi yang Anda lakukan bersifat langsung, dalam masa ini kegiatan sosialisasi lebih bersifat virtual. Ada beberapa platform komunikasi grup yang bisa Anda gunakan untuk bersosialisasi dengan rekan kerja, seperti WhatsApp Group, Google Hangout, Skype, dan masih banyak lagi.

5. Istirahat Cukup

Pastikan waktu istirahat cukup selama periode work from home

Untuk bisa tetap fokus dalam bekerja, sudah pasti kunci utamanya adalah istirahat yang cukup. Nah tetap biasakan untuk mengatur jam kerja sesuai rekomendasi yang diharuskan oleh kantor, dan setelah itu kembali ke aktivitas di rumah seperti biasa.

Sebisa mungkin jaga agar waktu tidur Anda tetap tepat, dan menghindari begadang. Alasannya agar besok Anda bisa kembali bekerja dengan kondisi fisik yang tetap segar.

>>>> Temukan berbagai produk kebutuhan sehari-hari di Jualo.com

Tag: , , ,

Story Page
Facebook
Instagram