Tanpa Disadari, 5 Perilaku Berkendara Ini Bikin Mobil Boros Bensin
mobil boros bensin

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Terkadang tanpa sadar terdapat perilaku berkendara yang membuat mobil boros bensin. Lantas apa saja penyebab mobil jadi boros?

Mengemudi dengan hasil konsumsi bahan bakar minyak yang efisien tentu menjadi dambaan semua pengemudi. Namun pernahkah Anda mendapati konsumsi bahan bakar yang cenderung boros namun merasa tak ada yang salah? Ternyata mobil boros bensin juga bisa disebabkan oleh beberapa hal yang bisa saja tak pengemudi sadari. Meski sepele, berikut Jualo berikan beberapa penyebab mobil jadi boros bensin

1. Ban kurang angin

mobil boros bensin-5

Banyak pendapat yang menyebut bahwa tekanan angin pada ban mobil tak boleh disepelekan. Hal ini benar adanya. Selain dapat mempengaruhi keselamatan, ban yang kurang angin alias kempis juga berdampak pada borosnya bahan bakar.

Hal ini disebabkan karena tapak yang bersinggungan dengan permukaan aspal menjadi lebih besar dan membuat mesin bekerja lebih berat. Hasilnya energi yang harus dihasilkan untuk menggerakkan ban tersebut menjadi lebih besar yang artinya memerlukan asupan bahan bakar lebih banyak.

2. Telat ganti oli mesin

mobil boros bensin-3

Membiarkan mesin mobil terus menerus bekerja dengan oli yang sudah terlalu lama membuat performanya tidak maksimal. Hal ini berdampak pada konsumsi bahan bakar yang lebih boros karena mesin menjadi kasar akibat pelumasan yang tidak maksimal. Oleh karena itu, ganti oli dan servis berkala harus selalu dilakukan sesuai jadwal agar konsumsi bahan bakar tak boros.

3. Lupa melepas rem tangan

mobil boros bensin-2

Bagi mobil dengan rem tangan konvensional, tuas yang lupa diturunkan atau tidak sempurna dirilis saat mobil berjalan maka sudah pasti membuat mesin bekerja ekstra. Hal tersebut maka otomatis dapat membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. Maka pastikan rilis tuas rem tangan secara sempurna sebelum memasukkan gigi untuk berjalan.

–> MOTOR BOROS BENSIN? BEGINI TIPS JITU MENGAKALINYA

4. Mengemudi agresif

Sangat sulit menciptakan konsumsi bahan bakar yang efisien jika pengemudi menerapkan gaya mengemudi yang agresif. Akselerasi mendadak, memacu mobil hingga rpm tinggi rem mendadak dan manuver agresif lainnya tentu membutuhkan suplai bahan bakar berlebih.

Jika Anda hendak mengejar kehematan konsumsi bahan bakar maka terapkan lah gaya mengemudi hemat BBM alias eco driving. Selain membuat mobil boros bensin, mengemudi agresif juga memperbesar tingkat kecelakaan lalulintas.

5. BBM tidak sesuai rekomendasi

mobil boros bensin-4

Kondisi mobil yang boros bensin bisa saja terjadi karena bahan bakarnya tak sesuai anjuran. Pasalnya tiap pabrikan pasti mewajibkan mobil diisi dengan bahan bakar yang sesuai oktan. Karena hal tersebut sangat berpengaruh terhadap pembakaran mesin yang tidak sempurna jika bahan bakar tidak sesuai.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles