close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Mesin Turbo VGT vs Turbo Konvensional, Ketahui Perbedaannya

mesin turbo

Mana lebih baik antara mesin turbo VGT dan turbo konvensional di era modern seperti sekarang? Temukan jawabannya lewat artikel berikut ini

Di era modern seperti sekarang, mesin turbo diesel kian disempurnakan oleh sejumlah pabrikan. Di mana sebenarnya teknologi turbo ini sudah cukup lama ditemukan, saat itu masih dikenal sebagai turbo konvensional atau Fixed Geometry Turbo (FGT).

Kemudian, seiring berkembangnya zaman, mesin turbo diesel terus berevolusi, dan kini hadir dengan Variable Geometry Turbo (VGT) pada Mitsubishi. Sedangkan di Toyota dikenal menggunakan nama Variable Nozzle Turbo (VNT), yang sebenarnya sama saja, hanya beda nama penyebutan dari masing-masing pabrikan. Lantas, di mana letak perbedaan antara mesin turbo modern dan konvensional?

Fixed Geometry Turbo (FGT)

mesin turbo-4

Gejala turbo lag sangat terasa di mobil bermesin turbo konvensional

Mesin FGT dikenal juga dengan sebutan mesin turbo konvensional. Teknologi turbo sebenarnya sudah cukup lama ditemukan, namun ketika itu lebih dikenal sebagai turbo konvensional ini. Pada dasarnya, turbo adalah sebuah perangkat yang dipasang di mesin kendaraan yang tujuan awalnya adalah untuk meningkatkan tenaga dari kapasitas mesin yang ada.

Pada turbo konvensional ini masih memiliki kekurangan berupa turbo-lag, yaitu ada “kekosongan” tenaga sebelum turbo menghembuskan udara padat ke dalam mesin (spool-up). Efeknya respon yang diterima sejak injakan pedal ke tenaga mesin seolah-olah terasa ada jeda atau lag.

Teknologi turbo itu menggunakan baling-baling untuk menekan udara ke dalam ruang bakar pada mesin, di mana kalau dihembus angin dari sudut atas maka kipas akan berputar lebih cepat, namun kalau sudutnya miring, maka kipas berputar lebih lambat. Semakin besar air ratio (AR) turbonya, semakin lama juga turbo lag-nya. Sistem seperti ini adalah yang diterapkan di turbo konvensional.

Disempurnakan lewat turbo VGT

Nah, demi menghilangkan gejala ‘turbo lag’ seperti turbo konvensional, maka diciptakanlah turbo VGT atau VNT yang punya bilah-bilah lebih banyak sehingga kompresi dapat diatur bervariasi. Teknologi VGT ini dilengkapi dengan satu ring yang memiliki kisi-kisi untuk mengatur sudut datang angin yang nantinya berfungsi untuk memutar turbo. Kisi-kisi ini bisa mengecil dan membesar berdasarkan perintah dari engine ECU.

mesin turbo-5

Penggunaan turbo lebih kecil dapat memaksimalkan mesin sejak RPM rendah

Prinsip kerjanya adalah, jika angin datang dengan kondisi kisi-kisi yang besar, otomatis membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memutar turbo. Sebaliknya, dengan kondisi kisi-kisi yang kecil, tentu akan membutuhkan waktu yang lebih singkat untuk mendapatkan boost dari turbo itu

Untuk mendapatkan dorongan turbo di RPM rendah, maka digunakan turbo yang lebih kecil atau yang sekarang ini diaplikasikan sebagai VGT. Semakin kecil turbo, otomatis AR juga semakin kecil, maka semakin cepat kipas turbonya berputar.

Sebagai informasi, jika dulu dengan turbo konvensional dorongan turbo baru dirasakan di putaran mesin di atas 3.000 rpm dan mobil baru terasa lebih kencang. Tapi dengan VGT ini, dorongan turbo sudah bisa dirasakan di rentang putaran mesin 1.600 sampai 2.000 rpm.

Mesin turbo modern lebih hemat BBM

Teknologi VGT ini adalah sebuah teknologi yang sangat membantu untuk mempertahankan dorongan turbo yang paling ideal di rentang RPM yang panjang. Dengan adanya VGT, kinerja mesin juga menjadi lebih ideal karena mendapatkan tenaga yang lebih maksimal. Dengan begitu, sangat membantu menghemat bahan bakar.

mesin turbo-3

Turbo modern lebih hemat bahan bakar

–> Cara Mudah Merawat Mesin Diesel Modern

Pasalnya, turbo konvensional tentunya membutuhkan bahan bakar yang lebih banyak karena putaran mesin harus lebih tinggi. Sedangkan dengan VGT, tenaga yang dihasilkan lebih besar pada rentang RPM yang lebih panjang sehingga tercapat efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

Itu sebabnya teknologi VGT sendiri banyak diaplikasikan di mobil turbo diesel modern karena memberikan kenyamanan lebih, performa yang optimal dan efisiensi bahan bakar yang bagus untuk penggunaan sehari-hari. Sehingga dapat dikatakan bahwa mobil dengan mesin turbo modern atau VGT lebih baik dengan keunggulan yang disebutkan di atas.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , , , ,

Story Page
Facebook
Instagram