Begini Lho Cara Memilih Carbon Cleaner Mobil yang Sesuai untuk Mesin
carbon cleaner mobil

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Carbon cleaner mobil merupakan cairan penting yang berfungsi membersihkan kerak ruang bakar di mesin kendaraan kesayangan

Salah satu faktor yang membuat mobil mengeluarkan tenaga mesin maksimal adalah kebersihan ruang bahan bakar terutama dari pembakaran bensin. Oleh karena itu, kendaraan memerlukan carbon cleaner mobil yang bagus. Mengingat tidak semua carbon cleaner mobil yang bagus, maka harus diketahui terlebih dahulu kegunaanya. Karena penggunaan yang tidak tepat, akan berdampak pada ruang bahan bakar kendaraan.

Fungsi Carbon Cleaner Mobil

Kotoran yang menumpuk pada ruang bahan bakar dapat membentuk kerak yang menghambat terjadinya pembakaran fuel secara maksimal. Karenanya, kini terdapat cara yang efektif untuk membersihkan kerak sisa karbon di mesin mobil tersebut.

carbon cleaner mobil-4

Fungsi utama carbon cleaner untuk membersihkan sisa kerak di ruang mesin

Carbon Cleaner adalah pembersih karbon yang berupa cairan. Bahan ini diformulasikan agar mempunyai kemampuan untuk membersihkan ruang bakar mesin kendaraan.  Efeknya, kotoran yang merupakan sisa karbon yang menumpuk akan terbuang.

Terdapat dua macam carbon cleaner mobil yang bagus, yaitu tipe cairan dalam bentuk busa dan tipe semprot. Keduanya mempunyai kegunaan yang sama, namun lebih disarankan menggunakan tipe foam (busa) karena lebih aman untuk komponen mesin.

Fungsi carbon cleaner mobil utamanya adalah sebagai pembersih sisa bahan bakar. Namun, terdapat juga fungsi lain yang sangat bermanfaat bagi komponen mobil.

1. Pembersih Kerak

Fungsi utama dari carbon cleaner adalah membersihkan ruang bahan bakar mesin pada kendaraan dari banyaknya kotoran yang melekat. Terutama adalah kerak sisa karbon menempel sisa pembakaran bahan bakar yang tidak maksimal. Menggunakan cairan ini, akan membuat kendaraan mencapai performa terbaiknya dengan biaya carbon cleaner mobil yang terjangkau.

carbon cleaner mobil-2

Cara menggunakan carbon cleaner 

2. Penghilang Air

Fungsi lainnya adalah sebagai anti-varnish atau penghilang kandungan air. Cairan ini akan dengan efektif membantu menghilangkan kadar air dalam ruang bahan bakar.

Cara Memilih Carbon Cleaner Mobil yang Bagus

Memilih carbon cleaner mobil yang bagus memang tidak mudah. Berikut adalah rekomendasi bagi untuk memilih carbon cleaner yang tepat bagi mobil Anda.

1. Hindari carbon cleaner yang memiliki kandungan asam dan amonia

Kedua kandungan bahan tersebut perlu dihindari karena dapat menimbulkan reaksi karat yang dapat memicu kerusakan. Cara mengetesnya mudah, usap sedikit bahan tersebut pada jari, jika terasa gatal dan panas, menjadi indikator carbon cleaner yang jelek.

–> 10 TIPS TEKAN EMISI GAS BUANG KENDARAAN AGAR LOLOS UJI EMISI

2. Pilihlah Carbon Cleaner yang tetap dingin ketika masuk ruang bakar

Untuk mengetahuinya, adalah dengan cara menuangkan sebagian cairan atau busa ke dalam wadah, lalu sentuh dengan tangan. Cairan carbon cleaner yang terasa panas ketika disentuh dengan jari, disarankan jangan dipilih, karena karena dapat merusak lapisan piston pada mesin.

jenis carbon cleaner mobil

Sesuaikan carbon cleaner dengan tipe mesin mobil Anda

3. Perhatikanlah harga yang ditawarkan

Bandingkanlah harga dan formulasinya, apakah sesuai dengan kegunaannya. Harga carbon cleaner mobil yang murah tidak menjamin produk sesuai dengan manfaatnya.

4. Pelajari terlebih dahulu tipe mesin mobil

Hal ini penting karena setiap mesin kendaraan memiliki spesifikasi yang berbeda. Begitupun dengan formulasi pada carbon cleaner. Penggunaan carbon cleaner yang tidak tepat dan terlalu sering akan meningkatkan resiko rusaknya komponen dalam mesin, seperti klep dan silinder mesin yang dapat berkarat. Hubungi bengkel carbon cleaner mobil untuk mendapatkan perawatan terbaik.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles