Pahami Beda Mobil Listrik dan Mobil Hybrid di Indonesia
Mobil Listrik dan Mobil Hybrid

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Saat ini mobil listrik dan mobil hybrid di Indonesia sudah menjadi salah satu solusi mobilitas ramah lingkungan di masa kini. Lalu apa perbedaan teknologi mesin mobil “cerdas” ini?

Teknologi mesin mobil bisa dikatakan tidak berhenti hanya sekedar mesin bensin atau mesin diesel. Dalam kurun beberapa tahun terakhir mulai berkembang trend mobil listrik dan mobil hybrid di Indonesia, yang digunakan baik sebagai kendaraan harian atau kendaraan transportasi umum.

Sekadar informasi, teknologi mobil listrik hadir sebagai bentuk lanjutan teknologi hybrid yang bisa dikatakan cukup familiar digunakan di Indonesia dalam kurun waktu 1 dekade terakhir. Bahkan dalam “keluarga” mesin hybrid pun kini berkembang mulai dari penggunaan mild hybrid, hybrid, hingga plug-in hybrid.

Dari berbagai jenis mobil ramah lingkungan yang kami sebut di atas, apa yang membedakan antara satu dan lainnya? Untuk itu, yuk kita pahami bedanya mobil listrik dan mobil hybrid di Indonesia.

1. Mobil listrik

Mobil Listrik dan Mobil Hybrid- 4

Mobil listrik atau battery electric vehicle merupakan bentuk inovasi terkini di dunia otomotif, dimana mesin konvensional yang selama ini menjadi sumber tenaga mobil digantikan motor elektrik dengan baterai ekstra besar.

Keunggulan mobil listrik ialah respon tenaga yang sangat instan karena hanya mengandalkan motor elektrik dan biasanya langsung terhubung ke as roda. Untuk pengisian daya baterai sepenuhnya menggunakan sistem charging seperti mengisi daya smartphone. Untuk pengisian daya baterai berkisar dalam waktu 2-4 jam jika menggunakan Home Charging bawaan brand tersebut, dan bisa lebih cepat jika menggunakan Stasiun Pengisian Kelistrikan Listrik Umum (SPLU) yang bersifat fast charging.

Sebagai contoh mobil yang sedang trend sebagai ikon mobil listrik di Indonesia adalah Tesla yang didatangkan oleh Prestige Motorcars. Adapun Tesla yang tersedia ialah Tesla Model 3, Tesla Model S, dan Tesla Model X. Untuk Tesla Model 3 sendiri tersedia tiga pilihan tenaga, dimana untuk versi terkencang bisa berjalan sejauh 530 km sekali charging, dan akselerasi 0-100 km/jam bisa dieksekusi hanya dalam waktu 3.4 detik!

2. Mobil hybrid

Mobil Listrik dan Mobil Hybrid- 3

Teknologi mesin mobil hybrid di Indonesia pada dasarnya lebih canggih ketimbang mesin mild hybrid. Pada mobil hybrid, sistem di mobil secara otomatis bisa berganti dari menggunakan mesin standar menjadi motor elektrik. Hal ini dimungkinkan karena adanya baterai berukuran lebih besar yang mendukung kemampuan motor elektrik untuk bisa menghasilkan tenaga lebih tinggi.

Salah satu brand mobil hybrid di Indonesia yang cukup konsisten ialah Toyota. Mobil hybrid Toyota di Indonesia tersedia mulai dari Toyota Corolla Altis Hybrid, Toyota Camry Hybrid, Toyota C-HR Hybrid, Toyota Alphard Hybrid, dan Toyota Prius.

Toyota menamakan teknologi hybrid mereka sebagai Toyota Hybrid System, yang mana fungsi dari sistem ini adalah membantu mesin konvensional untuk bekerja lebih ringan saat akselerasi awal maupun kala berlari di kecepatan konstan. Terkait pengisian baterai sama seperti versi mild hybrid, yakni menggunakan proses regeneratif dengan mengkonversi energi yang terbuang kala pengereman menjadi sumber listrik melalui generator yang terkoneksi ke roda mobil.

–> TIPS JITU MENGENDARAI MOBIL MATIC UNTUK PEMULA

3. Mobil plug-in hybrid

Mobil Listrik dan Mobil Hybrid- 2

Teknologi mesin plug-in Hybrid menjadi pengembangan lanjutan dari teknologi mesin hybrid. Pada dasarnya cara kerja antara kedua teknologi ini mirip, tapi untuk mesin plug-in hybrid tersedia port charging di mobil sebagai sumber pengisian daya baterai di luar melakukan proses regeneratif. Keunggulan plug-in hybrid ialah kemampuan untuk mengisi daya baterai lebih besar, dan memungkinkan mobil berjalan tanpa menggunakan mesin konvensional dalam jarak tempuh berkisar di 30-50 kilometer.

Untuk contoh brand mobil di Indonesia yang menggunakan teknologi mesin plug-in hybrid adalah BMW. Ya, BMW memiliki model mobil sport plug-in hybrid BMW i8 Roadster dan BMW i8 Coupe yang memadukan mesin 1.5 liter 3-silinder BMW TwinPower Turbo dengan sistem motor BMW eDrive yang didukung baterai 34 Ah. Total tenaga dari mobil ini ialah 374 hp dan torsi 570 Nm.

Menariknya, hanya dengan mengandalkan sistem eDrive, BMW i8 Roadster maupun Coupe bisa berjalan full menggunakan motor elektrik sejauh sekitar 53 km dengan top speed 120 km/jam!

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles