Begini Cara Mudah Merawat Baterai Suzuki Ertiga Hybrid
Suzuki Ertiga Hybrid

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Salah satu keistimewaan Suzuki Ertiga Hybrid adalah kemampuannya meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar karena penggunaan baterai Lithium-ion

Seperti yang sudah ramai diberitakan, Suzuki memberikan penyegaran terhadap LMPV andalan mereka, yakni Suzuki Ertiga yang kini dibekali teknologi hybrid. Teknologi yang dinamakan Suzuki Smart Hybrud ini merupakan elektrifikasi yang terdiri dari beberapa komponen yang dimotori oleh baterai lithium-ion. Meski komponen tersebut bebas perawatan, namun PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tetap memberikan edukasi dan informasi ringan seputar baterai Lithium-ion kepada konsumen agar kinerja dan durabilitas baterai tetap terjaga serta bekerja optimal. Lantas bagaimana cara merawat baterai Suzuki Ertiga Hybrid? Berikut Jualo berikan penjelasannya untuk Anda.

1. Pemeriksaan Berkala

Baterai Suzuki Ertiga Hybrid

Sebagai salah satu komponen vital, pemeriksaan berkala terhadap baterai penting dilakukan agar kinerja dan masa pakai baterai bertahan lama. “Memeriksa baterai Lithium-ion dapat dilakukan secara mudah dan berbarengan dengan perawatan accu maupun komponen lain pada kendaraan pada umumnya secara berkala,” terang Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT SIS. Nantinya pemeriksaan berkala ini akan dibarengi dengan periode servis berkala sehingga konsumen tidak perlu repot. Selain itu, untuk baterai sendiri Suzuki memberikan garansi selama lima tahun atau 100.000 km agar konsumen lebih tenang dan aman.

2. Perhatikan Kapasitas Daya Baterai

Baterai Lithium-ion pada All New Ertiga Hybrid mampu memberikan suplai listrik untuk komponen maupun fitur elektronik sehingga dapat meringankan beban kerja mesin sekaligus meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang yang lebih baik. Perannya terasa penting dan sangat membantu terutama ketika Engine Auto Start-Stop sedang aktif. Yang patut diperhatikan Anda selalu pastikan sisa kapasitas daya baterai dalam kondisi cukup atau penuh.

Cara melihatnya pun sangat mudah, cukup perhatikan indikator baterai yang ada di MID (Multi Information Display). Apabila kapasitas daya baterai menurun atau berkurang, konsumen disarankan melakukan isi ulang daya baterai dengan cara deselerasi regeneratif saat berkendara maupun rutin menghidupkan mesin jika mobil jarang digunakan.

3. Jangan Modifikasi Kelistrikan

Suzuki Ertiga Hybrid- 2

Selain itu, konsumen juga harus menghindari modifikasi pada komponen kelistrikan yang tidak sesuai yang dapat menyebabkan kerusakan, dilarang melepas baterai Lithium-ion sendiri tanpa mekanik bengkel resmi Suzuki, menghindari menerobos banjir, menghindari temperatur di bawah -20°C dan di atas 140°C, menjaga baterai dari jangkauan anak-anak, tidak mencuci baterai dengan cairan apapun, serta mengembalikan limbah baterai Lithium-ion ke bengkel resmi Suzuki.

“Untuk mengoptimalkan daya tahan baterai pada komponen Suzuki Smart Hybrid, kami mengimbau konsumen untuk mengikuti anjuran perawatan seperti yang ada di dalam buku pedoman perawatan kendaraan,” tutup Hariadi.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles