Tanda-Tanda Ban Mobil Harus Segera Diganti Baru
Ban Mobil

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Ban mobil yang sudah tak layak pakai sebenarnya bisa diketahui dengan beberapa tanda. Apa saja? Simak artikel Jualo berikut ini

Ban mobil merupakan tumpuan kendaraan untuk bisa meluncur dengan baik di jalanan. Oleh sebab itu, komponen satu ini mesti rutin diperhatikan kondisinya. Dikarenakan ia terbuat dari karet, maka ia rentan mengalami aus karena sering bergesekan dengan aspal. Nah, supaya Anda tetap bisa berkendara dengan aman dan nyaman, perlu mengetahui keadaan ban. Berikut ini kami akan berikan beberapa tanda ban mobil yang harus segera diganti dengan yang baru.

1. Terdapat Keretakan Pada Ban

Ban Mobil retak

Keretakan yang dimaksud adalah keretakan yang terlalu nampak. Misalnya saja jika roda mobil tidak sengaja menggilas benda tajam yang akhirnya ban koyak. Inilah tanda yang paling mudah untuk dijadikan alasan untuk ganti ban baru.

2. Benjolan Pada Pinggiran Ban

Ban Mobil benjol

Ada kalanya ban mengalami penggelembungan karena efek berkendara di medan berat. Penggelembungan atau benjolan ini, jika tidak diseriusi dapat menyebabkan ledakan which is sangat berbahaya bagi Anda maupun pengguna jalan lainnya.

Sederhananya, saat ban meletup secara tiba-tiba saat Anda asik berkendara maka dapat mengganggu keseimbangan Anda dalam berkendara. Untuk itulah, saat ban kempes atau ban bocor Anda sudah harus segera mencari bengkel terdekat untuk memompa atau menambal ban.

3. Usia Ban Terlalu Tua

Usia Ban Mobil

Ada yang mengatakan bahwa batas maksimal penggunaan ban adalah 3 tahun, tapi ada juga yang mengatakan 6 tahun. Tapi yang jelas, jika umur ban mobil sudah tahunan maka Anda sudah harus lebih mawas untuk sering mengecek kondisi ban.

4. Batas Jarak Terlampaui

Biasanya batas jarak maksimal saat ban sudah waktunya diganti adalah sejauh 40.000 KM. Jadi setelah menempuh perjalanan sejauh itu, ketebalan ban menjadi menipis sehingga cengkramannya akan berkurang.

–> BEGINI PROSES DAN TAHAPAN LENGKAP MUTASI SURAT KENDARAAN BERMOTOR

5. Traksi Tidak Memuaskan

traksi Ban Mobil

Jika Anda kebetulan berkendara di medan licin, maka ban akan menjadi sangat krusial. Ban yang masih dalam kondisi prima akan lebih tajam dan tidak mudah tergelincir. Berbeda untuk kondisi ban yang sudah tua dan gundul, maka dapat dipastikan perjalanan Anda akan menjadi lebih mendebarkan daripada biasanya. Nah saat inilah waktu yang tepat untuk mengganti ban mobil.

6. Perjalanan Terasa Tidak Stabil

Saat Anda kesulitan mengendalikan mobil, mungkin salah satu penyebabnya adalah ban yang bermasalah. Kondisi tersebut dapat menyebabkan getaran yang tidak diperlukan dan akhirnya mengganggu kenyamanan berkendara.

Dari yang telah dipaparkan di atas, ada beberapa tanda lain yang bisa dicermati. Sebut saja ban mengalami keretakan, ban yang sudah terlalu sering ditambal, kembang ban terangkat dan sebagainya.

Jadi itulah tadi beberapa tanda untuk mengenali ban mobil yang sudah waktunya untuk diganti. Jika Anda ingin lebih aman dan terhindar dari ancaman bahaya, sebaiknya segera cek ban mobil Anda agar berkendara tetap aman.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles