Tips Mudik Hemat Naik Mobil Biar Kantong Ngga Jebol!
tips mudik naik mobil

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Perjalanan mudik mengandalkan mobil pribadi bersama keluarga tentu makin seru jika budget yang dikeluarkan tidak membengkak

Untuk mewujudkannya mobil yang irit bahan bakar saat mudik sebenarnya cukup mudah diaplikasikan. Anda hanya perlu mengetahui rahasianya. Dengan menerapkan rahasia ini maka bukan tak mungkin perjalanan ke kampung halaman menjadi lebih ekonomis. Usah berlama-lama berikut Jualo berikan rahasianya.

1. Rencanakan perjalanan

tips mudik naik mobil- 3

Gunakan maps untuk menghindari Anda dari kemacetan parah

Agar dana untuk mudik dan kembali ke kota dapat efisien dan irit, maka rencana perjalanan sangat perlu dibuat. Hal ini agar perjalanan dapat terlaksana dengan baik sesuai rencana. Sebab, misal dalam perjalanan banyak pemberhentian tidak terduga, misal ke area wisata, restoran dan semacamnya, tentu akan menjadi sumber pengeluaran yang cukup banyak.

Untuk itu buatlah rencana perjalanan berupa di mana titik istirahat, lama mengemudi, rute utama yang ditempuh, rute alternatif hingga lokasi yang akan disinggahi. Dengan demikian Anda bisa menyesuaikan agenda selama mudik dengan budget yang tersedia. Jika telah membuat rencana perjalanan, maka Anda perlu disiplin menerapkannya.

2. Pastikan kondisi mesin mobil prima

tips mudik naik mobil- 4

Sebelum memulai perjalanan, pastikan mobil dalam kondisi prima

Sebelum melakukan perjalanan mudik, penting bagi Anda untuk menyiapkan mobil kesayangan. Servis sebelum mudik penting agar memastikan kondisi mesin, kelistrikan, kaki-kaki dan seluruh komponen mobil prima. Pasalnya, mobil yang tidak sehat berisiko mengalami masalah di tengah perjalanan. Maka dari itu agar terhindar hal ini sudah wajib bagi Anda untuk servis lebih dahulu di bengkel resmi atau langganan sebelum melakukan perjalanan.

–> KETENTUAN DAN SYARAT MUDIK LEBARAN 2022 YANG PERLU DIKETAHUI

3. Muatan tidak berlebihan

tips mudik naik mobil- 2

Hindari bawa muatan berlebih agar mobil tetap irit bahan bakar

Pernahkah Anda dalam perjalanan mudik melihat ada mobil yang memuat barang dan penumpang berlebihan? Bahkan bagian atapnya dipenuhi barang yang diikat. Mungkin mobil tersebut masih bisa berjalan, namun tentu sangat tidak disarankan. Memuat barang dan penumpang di kabin secara berlebihan dapat berdampak pada borosnya konsumsi bahan bakar.

Selain itu, beban berlebih yang diangkut juga sangat membahyakan keselamatan mengemudi. Sebab jarak pengereman menjadi lebih jauh dan mobil jadi sulit dikendalikan. Setidaknya itulah sejumlah rahasia hemat perjalanan naik mobil pribadi. Yang paling penting, jangan lupa selalu keselamatan dan kedisiplinan berlalulintas selama perjalanan ya!

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles