close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Auto Lock Mobil Tidak Berfungsi? Ini Penyebab dan Solusinya

auto lock mobil

Sebagai salah satu komponen pendukung kepraktisan selama berkendara. Mari kita simak kapan saja penyebab serta bagaimana solusi ketika auto lock mobil bermasalah

Auto lock merupakan salah satu fitur untuk mendukung kepraktisan selama berkendara. Bagi mobil dengan smart key biasanya langsung mendapatkan fungsi ini. Tapi ada kalanya auto lock mobil bermasalah dan tidak bisa mengunci pintu secara otomatis. Ketika Anda mengalami masalah ini, berikut cara mengetahui penyebab dan solusinya.

Penyebab Auto Lock Mobil Bermasalah

Fitur auto lock dioperasikan melalui kendali otomatis dari Electronic Computer Unit atau ECU. Meski menggunakan komponen listrik, namun penyebab maslah auto lock tak selalu pada bagian kelistrikan. Beberapa masalah mekanis bisa menyebabkan auto lock macet atau tidak bisa beroperasi.

auto lock mobil-2

Salah satu penyebabnya adalah pengemudi yang sudah membuka kunci dari tuas manual. Masalah ini bisa terjadi karena fungsi otomatis dan manual penguncian saling berkesinambungan melalui seling kawat. Membuka tuas secara manual bisa saja merusak pengoperasian. Fungsi otomatis terpaksa mendorong seling kawat ke motor meski motor tidak bergerak. Jika hal ini terjadi terus menerus, seling kawat menjadi aus bahkan patah.

Tapi hal tersebut bukan satu-satunya penyebab yang membuat auto lock mobil tidak berfungsi. Selain itu, motor penggerak yang tidak berfungsi karena masalah kabel yang putus maupun as motor yang kotor bisa menjadi penyebabnya. Begitu juga ketika terjadi error pada sistem komputer di dalam mobil.

Solusinya

Memang tidak hanya satu penyebab masalah pada auto lock. Ketika Anda menemukan masalah yang cukup mengganggu, coba periksa ketiga komponen di bawah untuk memastikan penyebab dan solusinya.

Untuk memeriksa kawat penghubung Anda perlu membuka doortrim pintu untuk memperhatikan apakah fungsi auto lock masih berfungsi atau sudah tidak bisa beroperasi. Periksa kawat penghubung motor penggerak serta tuas penutup pintu.

atasi auto lock mobil

Jika kawat memang benar putus, Anda perlu mengganti kawat penghubung dengan yang baru. Penggantian bisa dilakukan sendiri di rumah atau Anda bisa membawa mobil ke bengkel. Bagi Anda yang ingin melakukan perbaikan di rumah, Anda bisa membawa kawat yang putus ke toko aksesoris atau bengkel untuk menemukan kawat yang sesuai dengan mobil Anda.

–> Mobil Mogok Mendadak? Tak Usah Panik, Begini Cara Mengatasinya

Tapi tak semua masalah membutuhkan penggantian kawat. Apabila Anda menemukan adanya kawat penghubung yang putus pada bagian di ujung, Anda bisa mengulur kawat ke bagian sisi sehingga kawat akhirnya bisa dikaitkan pada baut.

Yang cukup menjadi pertimbangan adalah ketika masalah auto lock mobil disebabkan oleh error yang terdapat pada sistem komputer kendaraan. Untuk itu, mau tak mau Anda kami sarankan untuk membawa mobil langsung ke bengkel kepercayaan Anda.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , ,

Story Page
Facebook
Instagram