Mengenal Fitur Vehicle Stability Control dan Fungsi Pentingnya
vehicle stability control

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Vehicle Stability Control (VSC) saat ini sudah menjadi fitur keselamatan yang wajib dimiliki oleh setiap mobil. Sebenarnya apa fungsi dari fitur tersebut?

Di era yang kian maju dan modern, hampir seluruh pabrikan telah melengkapi fitur keselamatan dan keamanan terbaik untuk konsumen. Salah satunya adalah fitur Vehicle Stability Control (VSC) yang kini menjadi salah satu fitur wajib.

Apa Itu Fitur VSC?

VSC atau Vehicle Stability Control adalah fitur yang mampu mendeteksi dan mencegah oversteer, understeer, atau tergelincirnya ban mobil saat melaju di area berbelok. Sesuai namanya, fitur ini berfungsi untuk mengontrol laju dan kestabilan kendaraan selama melaju di jalurnya. Terutama saat melewati jalur menikung dan saat akan berpindah jalur.

Cara kerja sistem ini nantinya bakal membantu mengurangi kekuatan mesin secara otomatis ketika kendaraan tersebut mengalami roda selip atau kehilangan traksi pada salah satu rodanya. Pada kondisi tersebut, fitur VSC akan memberikan pengereman secara efektif pada roda yang paling membutuhkan. Agar nantinya mobil akan tetap melaju ke arah jalur yang pas tanpa melintir atau keluar dari lintasan beloknya.

vehicle stability control-2

Bahkan ada juga beberapa model mobil yang menggunakan sistem VSC dengan cara mengurangi tarikan gasnya. Maksudnya, saat pengendara sedang menginjakkan gas selama berbelok di tikungan, secara otomatis gas tersebut tidak akan bertambah kencang, melainkan semakin melambat. Hal ini dapat terjadi sesuai dengan kebutuhan yang terbaca oleh sistem.

Dengan begitu, setiap pengendara akan dapat mengontrol kendali dan menjaga stabilitas kendaraan ketika bermanuver dengan aman.

Fitur yang Wajib Dimiliki Setiap Mobil

Fitur keselamatan mutakhir ini sangat penting keberadaannya karena mampu mencegah potensi kecelakaan lalu lintas akibat peristiwa understeer dan oversteer selama melaju di lintasan menikung.

Fitur ini begitu diperlukan karena tidak semua ban mempunyai kemampuan traksi yang sama ketika berbelok. Hal inilah yang menjadi penyebab penggerak roda depan maupun belakang mengalami selip dan menyebabkan mobil Anda keluar dari arah belokan.

Terlebih lagi jika jalanan tersebut licin maupun berpasir, maka potensi roda mobil selip dan hilang kendali akan jauh lebih besar. Oleh karena fitur VSC, pengendara jadi lebih bisa mengontrol kendaraannya agar tidak spin dan slip.

vehicle stability control-3

–> BEDAH FITUR CANGGIH YANG TERSEMAT DI TOYOTA AVANZA BARU

Saking pentingnya, pada tahun 2018 lalu Pemerintah Malaysia juga pernah berencana mengeluarkan aturan tentang kewajiban memiliki mobil baru yang sudah dilengkapi dengan fitur VSC. Sebagaimana yang sudah diterapkan oleh negara-negara di Eropa dan Amerika.

Menurut penelitian dari IIHS (Insurance for Highway Safety) Amerika Serikat, keberadaan fitur canggih ini dipercaya mampu mengurangi risiko terjadinya kecelakaan sampai angka 56 persen. Maka tak heran jika fitur keselamatan pintar ini harus ada dalam setiap produk kendaraan roda empat karena fungsi pentingnya.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles