Home>Dekorasi Baru>Taman & Tanaman di Kab. Purworejo, Jawa Tengah>Bibit Cemara Laut | Bibit Tanaman Hias Cemara Laut Melayani Pembelian Ecer Dan Grosir
Bibit cemara laut b taman dan tanaman 14703087
Deskripsi
Dengan memanfaatkan cemara laut diharapkan membawa manfaat bagi masyarakat pesisir. Cemara laut merupakan jenis tanaman khas pantai yang potensial untuk rehabilitasi lahan dan konservasi tanah (RLKT) pantai berpasir. Jenis ini mampu menahan angin laut dan uap air laut yang mengandung garam, sehingga mampu mendorong perbaikan lingkungan.

Penanaman tanaman cemara laut adalah salah satu teknik konservasi tanah secara vegetatif dan bersifat permanen. Teknik ini berhasil diterapkan di Kebumen, Jawa Tengah dengan partisipasi aktif Kelompok Tani Pasir Makmur mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pemeliharaan dan evaluasi.

Adanya cemara laut meningkatkan agregasi perkembangan struktur tanah karena memperbesar granulasi dan porositas tanah, memperbaiki unsur hara dan meningkatkan kadar air tanah di bawah tegakan.

Beny menambahkan, bahwa tegakan cemara laut mampu menciptakan iklim mikro lebih baik yang dapat menyebabkan lahan pantai berpasir pada zona setelah tegakan cemara laut dapat digunakan untuk budidaya tanaman semusim dan holtikultura.

Secara umum kondisi fisik lahan pantai berpasir tidak sesuai untuk budidaya. Hal ini disebabkan oleh perbedaan suhu yang ekstrim pada siang dan malam hari, udara yang sangat kering, kencangnya hembusan angin, kandungan unsur hara yang rendah dan uap air yang mengandung garam-garaman sehingga mengganggu pertumbuhan tanaman.

Tanaman cemara laut yang dikembangkan di lahan pantai berpasir berasal dari perbanyakan generatif. Bibit dari perbanyakan generatif menghasilkan penampilan cemara laut dewasa yang lebih kokoh dan tajuk yang indah dibandingkan bibit dari cangkok. Bibit cemara laut yang dipakai adalah bibit yang berasal dari induk yang sehat, dengan kriteria memiliki batang coklat, daun hijau gelap dan ukuran diameter batang ½ cm atau keliling batang sekitar 2 cm dengan umur bibit sekitar 6 bulan sampai 1 tahun
.
Beny juga mengatakan bahwa hasil kajiannya menemukan perbandingan hasil produksi tanaman semusim dan hortikultura di lahan pantai berpasir dengan budidaya tanah mineral. Hasil budidaya tanaman semusim dan holtikultura di lahan pantai berpasir bisa tiga kali lipat lebih besar dibandingkan dengan budidya tanah mineral.

Selain hasil produksi di atas, suasana pantai yang hijau rimbun dan sejuk juga telah dimanfaatkan sebagai obyek wisata alam. Tercatat selama 3 tahun telah terjadi peningkatan kunjungan wisata sebesar 39.02%. Tanaman cemara laut dapat berfungsi sebagai peneduh dari sinar matahari bagi wisatawan yang mengunjungi pantai
Laporkan Iklan
Laporkan Iklan

Bibit Cemara Laut | Bibit Tanaman Hias Cemara Laut Melayani Pembelian Ecer Dan Grosir

Rp 8.000
Up arrow
Kab. Purworejo, Jawa Tengah
Kondisi
Baru
Diperbaharui
28 hari lalu
Dilihat
370 kali
Verifikasi
Terverifikasi
Terakhir Aktif
28 hari lalu
Chat dibalas
Ic tips Tips Membeli Produk dari Penjual
Buuy safety illustration
Pastikan kamu telah memeriksa profil penjual dan ketersediaan barang sebelum melakukan transaksi atau segala jenis transfer pembayaran langsung ke rekening di luar Jualo.com.