Ini Lho Perbedaan Towing Mobil dengan Mobil Derek
towing mobil-4

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Anda pernah mendengar towing mobil atau mobil derek? Masih banyak pengemudi yang mengira keduanya hal serupa, padahal jelas-jelas sangat berbeda

Towing mobil atau mobil derek sebenarnya memiliki prinsip yang sama, yakni digunakan untuk mengangkut mobil. Namun, yang membuatnya berbeda proses pengangkutan. Nah, untuk lebih jelas berikut Jualo rangkumkan untuk Anda penjelasannya.

Mengenal Apa Itu Towing Mobil

Istilah towing artinya adalah proses pengangkutan kendaraan secara penuh menggunakan truk. Secara sederhana, towing adalah sebuah truk yang mengangkut satu jenis mobil di bagian belakangnya.

towing mobil

Biasanya, hal ini dilakukan untuk pengiriman jarak jauh maupun dekat sesuai permintaan pengirim. Dan mengenai biaya, umumnya mengangkut dengan towing ini cukup mahal, tapi sejalan dengan proses cepat dan lebih aman

Proses pengirimannya sendiri membutuhkan syarat mudah berupa STNK serta BPKB. Soal biaya biasanya menentukan jarak pengiriman, semakin jauh harganya akan lebih mahal.

Towing adalah solusi yang tepat untuk mengirimkan kendaraan ketika Anda berada dalam situasi yang terdesak seperti banjir. Mobil akan dinaikkan ke atas truk dengan dua macam cara sesuai dengan jenis truk.

Pertama adalah dengan cara teknik towing gendong, di mana mobil akan diangkut seperti biasa di bagian bak truk. Teknik kedua adalah towing hidrolik yaitu pengangkutan di mana bak belakang truk akan diturunkan sejajar dengan jalan. Towing hidrolik merupakan solusi untuk mobil yang memiliki ground clearence rendah, seperti mobil sport atau supercar.

Perbedaan Towing Mobil dengan Mobil Derek

Hal penting yang harus dipahami justru perbedaan antara towing dengan derek mobil. Keduanya tampak sama namun sebenarnya jauh berbeda. Berikut kami berikan beberapa perbedaan besar antara towing dan mobil derek.

1. Cara Mengangkut Mobil

Mobil derek memanfaatkan alat khusus yang dipasang pada bagian belakang truk yang nantinya berfungsi untuk menarik mobil. Alat untuk menderek ini nantinya akan dikaitkan pada bagian depan mobil, kemudian ban depan akan terangkat.

towing mobil-5

Mobil derek menggunakan truk dengan alat khusus seperti katrol di bagian belakang

Jadi hanya bagian roda belakang saja yang menyentuh tanah kemudian mobil akan diderek. Cara mengangkut ini tentu saja jauh berbeda dengan towing yang justru mengangkut mobil secara keseluruhan.

Pada saat penderekan rem tangan mobil harus aktif sehingga prosesnya harus lebih hati-hati. Sedangkan untuk towing, mobil dalam keadaan mati dan tidak perlu kondisi rem tangan aktif.

2. Penyedia Jasa

Jasa towing sendiri sebagian besar dibuka oleh swasta yang membantu masyarakat untuk mengangkut mobil sesuai kebutuhan. Baik itu karena mudik, masalah banjir atau ingin menjual mobil.

Sedangkan untuk derek, biasanya dilakukan oleh Dinas Perhubungan untuk menarik mobil-mobil yang melanggar peraturan. Misalnya seperti parkir di tempat sembarangan atau karena mengalami kecelakaan. Mobil yang sudah tidak bisa dikendarai karena kecelakaan biasanya akan diderek oleh mobil derek khusus.

3. Jenis Kendaraan yang Mengangkut

Proses derek atau towing mobil harus menggunakan kendaraan khusus yang ukurannya jauh lebih besar dari kendaraan yang diangkut atau ditarik. Khusus untuk kendaraan derek bisa berupa mini truck yang sudah dilengkapi dengan katrol.

Katrol inilah yang berfungsi untuk menaikkan kedua ban depan mobil kemudian mampu menariknya. Katrol akan mempermudah truk untuk menderek mobil yang mungkin saja lebih berat.

towing mobil-3

Towing hidrolik digunakan untuk mengangkut mobil ceper seperti sport car atau supercar

Sedangkan untuk towing, jenis kendaraan yang digunakan juga berupa truk. Bisa saja kontainer yang besar sehingga mobil bisa muat di belakangnya. Jenisnya pun disesuaikan dengan proses pengangkutan.

Ada truk dengan model biasa sehingga mobil harus dinaikkan secara manual. Ada juga truk yang sudah dilengkapi dengan sistem hidrolik di bagian belakangnya sehingga lebih mudah untuk menaikkan mobil.

4. Jenis Kendaraan yang Bisa Diangkut

Hadirnya komponen katrol pada truk derek membuat jenis kendaraan yang bisa ditarik pun berbeda dengan towing mobil. Proses derek memungkinkan kendaraan yang lebih besar seperti truk bahkan bus untuk ditarik.

towing mobil-2

Tidak hanya mobil, towing juga bisa digunakan untuk mengangkut motor

–> CARA AMAN HADAPI AQUAPLANING SAAT BERKENDARA DI MUSIM HUJAN

Kinerja katrol yang mempermudah penarikan ini sangat membantu ketika terjadi kecelakaan bus atau truk sehingga kendaraan harus diamankan. Truk derek yang akan berperan dalam hal ini. Sedangkan towing mobil memiliki jenis kendaraan yang berbeda yang bisa diangkut.

Mengenal ketiga perbedaan ini, tentu Anda tidak akan bingung lagi mengenai kendaraan mana saja yang termasuk mobil derek atau justru untuk towing mobil. Anda juga perlu tahu kendaraan apa saja yang bisa di towing pada saat posisi sedang genting.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles